Memahami Terminal Bus: Peran dan Keberagaman di Sistem Transportasi Publik

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

04 April 2024, 13.25

Sumber: id.wikipedia.com

Terminal bus, juga dikenal sebagai halte bus, adalah bangunan atau struktur tempat bus kota atau perkotaan berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Terdapat lebih banyak halte bus daripada halte bus, bangunan-bangunan kecil di sepanjang jalan utama tempat bus dapat berhenti. Terminal bus dapat berupa terminal bus multi-rute atau terminal transit antar-rute. Halte bus mungkin ditujukan untuk rute bus tertentu atau memiliki sistem informasi penumpang.

Halte Bus yang Dapat Diakses

Halte bus yang dapat diakses adalah tempat yang nyaman bagi penyandang disabilitas karena dapat menampung pengguna kursi roda. terminal bus.

Terminal bus terbesar dan tersibuk

Tersebar seluas 37 hektar di Chennai, India, Terminal Bus Chennai Mofussil adalah terminal bus terbesar di Asia. Persimpangan Bus Jangka Pendek Woodlands di Singapura adalah salah satu terminal persimpangan bus tersibuk di dunia, dengan sekitar 400.000 penumpang dan 42 layanan bus per hari. Bedok dan Tampines di Singapura juga memiliki jumlah penumpang yang serupa.

Terminal bus bawah tanah terbesar di Eropa adalah Kamppi Center di Helsinki, Finlandia, yang selesai dibangun pada tahun 2006. Pembangunan dan perancangan serta pembangunannya memakan biaya 100 juta euro selama tiga tahun. Saat ini, terminal bus seluas 25.000 meter persegi ini adalah terminal bus tersibuk di Finlandia. 700 bus yang membawa 170.000 penumpang meninggalkan terminal ini setiap hari.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com