Memahami Pengertian dan Sejarah Peternakan

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

30 April 2024, 10.32

Sumber: en.wikipedia.org

Peternakan adalah cabang pertanian yang berkaitan dengan hewan yang dibesarkan untuk diambil dagingnya, seratnya, susunya, atau produk lainnya. Hal ini mencakup perawatan sehari-hari, manajemen, produksi, nutrisi, pembiakan selektif, dan pemeliharaan ternak. Peternakan memiliki sejarah yang panjang, dimulai dengan Revolusi Neolitikum ketika hewan pertama kali dijinakkan, dari sekitar 13.000 SM dan seterusnya, mendahului pertanian tanaman pertama. Pada masa peradaban awal seperti Mesir kuno, sapi, domba, kambing, dan babi dipelihara di peternakan.

Perubahan besar terjadi pada pertukaran Kolumbus, ketika ternak Dunia Lama dibawa ke Dunia Baru, dan kemudian pada Revolusi Pertanian Inggris pada abad ke-18, ketika ras ternak seperti sapi Dishley Longhorn dan domba Lincoln Longwool dengan cepat ditingkatkan oleh para ahli pertanian, seperti Robert Bakewell, untuk menghasilkan lebih banyak daging, susu, dan wol. Berbagai spesies lain, seperti kuda, kerbau, llama, kelinci, dan marmut, digunakan sebagai hewan ternak di beberapa bagian dunia. Peternakan serangga, serta akuakultur ikan, moluska, dan krustasea, tersebar luas.

Peternakan modern bergantung pada sistem produksi yang disesuaikan dengan jenis lahan yang tersedia. Peternakan subsisten digantikan oleh peternakan intensif di belahan dunia yang lebih maju, di mana, misalnya, sapi potong dipelihara di tempat penggemukan dengan kepadatan tinggi, dan ribuan ayam dapat dibesarkan di kandang ayam pedaging atau baterai. Di tanah yang lebih miskin, seperti di dataran tinggi, hewan sering kali dipelihara secara ekstensif dan dibiarkan berkeliaran secara luas, mencari makan sendiri. Peternakan hewan dalam skala modern mendorong perubahan iklim, pengasaman laut, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Sebagian besar hewan ternak adalah herbivora, kecuali babi dan ayam yang merupakan omnivora. Ternak ruminansia seperti sapi dan domba beradaptasi untuk memakan rumput; mereka dapat mencari makan di luar ruangan atau dapat diberi makan seluruhnya atau sebagian dari ransum yang lebih kaya energi dan protein, seperti sereal pelet. Babi dan unggas tidak dapat mencerna selulosa dalam hijauan dan membutuhkan makanan berprotein tinggi lainnya.

Kata kerja to husband, yang berarti "mengelola dengan hati-hati", berasal dari makna suami yang lebih tua, yang pada abad ke-14 mengacu pada kepemilikan dan perawatan rumah tangga atau pertanian, tetapi saat ini berarti "kontrol atau penggunaan sumber daya secara bijaksana", dan dalam pertanian, budidaya tanaman atau hewan. Petani dan peternak yang memelihara ternak dianggap mempraktikkan peternakan.

Kelahiran Peternakan

 
Domestikasi hewan ruminansia, seperti domba ekor gemuk di Afghanistan ini, menyediakan sumber makanan yang dapat diandalkan bagi para pengembara di Timur Tengah dan Asia Tengah.

Domestikasi ternak didorong oleh kebutuhan untuk memiliki makanan saat berburu tidak produktif. Karakteristik yang diinginkan dari hewan peliharaan adalah hewan tersebut harus berguna bagi pemeliharanya, dapat berkembang biak dengan baik, dapat berkembang biak dengan bebas, dan mudah dirawat. Domestikasi bukanlah sebuah peristiwa tunggal, melainkan sebuah proses yang diulang-ulang di berbagai periode di tempat yang berbeda. Domba dan kambing adalah hewan yang menemani para pengembara di Timur Tengah, sementara sapi dan babi diasosiasikan dengan komunitas yang lebih menetap. Hewan liar pertama yang dijinakkan adalah anjing. Anjing yang setengah liar, mungkin dimulai dari individu yang masih muda, mungkin telah ditoleransi sebagai pemulung dan pembunuh hama, dan secara alamiah merupakan pemburu kawanan, cenderung menjadi bagian dari kawanan manusia dan ikut berburu.

Hewan-hewan mangsa, domba, kambing, babi, dan sapi, secara progresif didomestikasi pada awal sejarah pertanian. Babi didomestikasi di Timur Dekat antara 8.500 dan 8000 SM, domba dan kambing di atau dekat Bulan Sabit Subur sekitar 8.500 SM, dan sapi dari aurora liar di daerah Turki dan Pakistan modern sekitar 8.500 SM. Seekor sapi merupakan keuntungan besar bagi penduduk desa karena ia menghasilkan lebih banyak susu daripada yang dibutuhkan anaknya, dan tenaganya dapat digunakan sebagai hewan pekerja, menarik bajak untuk meningkatkan produksi tanaman, dan menarik kereta luncur, dan kemudian kereta dorong, untuk membawa hasil panen dari ladang. Hewan penarik pertama kali digunakan sekitar 4.000 SM di Timur Tengah, dan meningkatkan produksi pertanian secara signifikan.

Di Asia selatan, gajah telah didomestikasi pada tahun 6.000 SM. Fosil tulang ayam yang berasal dari tahun 5040 SM telah ditemukan di timur laut Tiongkok, jauh dari tempat nenek moyang mereka yang masih hidup di hutan tropis Asia, tetapi para arkeolog percaya bahwa tujuan awal domestikasi adalah untuk olahraga sabung ayam. Sementara itu, di Amerika Selatan, llama dan alpaka telah didomestikasi, mungkin sebelum tahun 3.000 SM, sebagai hewan pembawa beban dan diambil bulunya. Keduanya tidak cukup kuat untuk menarik bajak sehingga membatasi perkembangan pertanian di Dunia Baru.

Kuda muncul secara alami di padang rumput Asia Tengah dan domestikasi mereka dimulai sekitar 3.000 SM di wilayah Laut Hitam dan Laut Kaspia. Meskipun kuda pada awalnya dipandang sebagai sumber daging, penggunaannya sebagai hewan tunggangan dan untuk berkuda kemudian menyusul. Sekitar waktu yang sama, keledai liar dijinakkan di Mesir. Unta dijinakkan segera setelah itu, dengan unta Baktria di Mongolia dan unta Arab menjadi hewan pengangkut barang. Pada tahun 1000 SM, kafilah-kafilah unta Arab menghubungkan India dengan Mesopotamia dan Mediterania.

Peradaban Kuno


Memerah susu sapi di Mesir kuno.

Di Mesir kuno, sapi adalah ternak yang paling penting, dan domba, kambing, dan babi juga dipelihara; unggas termasuk bebek, angsa, dan merpati ditangkap dengan jaring dan dikembangbiakkan di peternakan, di mana mereka diberi makan paksa dengan adonan untuk menggemukkan mereka. Sungai Nil menyediakan sumber ikan yang berlimpah. Lebah madu telah didomestikasi setidaknya sejak Kerajaan Lama, menyediakan madu dan lilin. Di Roma kuno, semua ternak yang dikenal di Mesir kuno tersedia. Selain itu, kelinci telah dijinakkan untuk dimakan pada abad pertama sebelum masehi. Untuk membantu mengeluarkan mereka dari liang mereka, polecat dijinakkan sebagai musang, yang penggunaannya dijelaskan oleh Pliny the Elder.

Peternakan Abad Pertengahan


Penggembala dengan domba di kandang rintangan anyaman. Prancis Abad Pertengahan. Abad ke-15, Perpustakaan Bodleian, MS Douce 195.

Di Eropa utara, pertanian termasuk peternakan mengalami kemunduran ketika kekaisaran Romawi runtuh. Beberapa aspek seperti penggembalaan hewan terus berlanjut selama periode tersebut. Pada abad ke-11, ekonomi telah pulih dan pedesaan kembali produktif. Buku Domesday mencatat setiap bidang tanah dan setiap hewan di Inggris: "tidak ada satu kulit pun, atau satu halaman tanah, bahkan seekor lembu, sapi, atau babi pun tidak ada yang tersisa, yang tidak tercantum dalam surat perintah (raja)."Sebagai contoh, rumah kerajaan Earley di Berkshire, salah satu dari ribuan desa yang tercatat dalam buku tersebut, pada tahun 1086 memiliki "2 perikanan yang bernilai (membayar pajak) 7s dan 6d [setiap tahun] dan 20 hektar padang rumput (untuk ternak). Hutan untuk (memberi makan) 70 ekor babi."

Perbaikan peternakan pada periode abad pertengahan di Eropa berjalan seiring dengan perkembangan lainnya. Perbaikan pada bajak memungkinkan tanah untuk digarap lebih dalam. Kuda mengambil alih peran sapi sebagai penyedia daya tarik utama, ide-ide baru tentang rotasi tanaman dikembangkan, dan penanaman tanaman untuk pakan ternak musim dingin mulai berkembang. Kacang polong, kacang-kacangan, dan vetsin menjadi hal yang umum; tanaman-tanaman tersebut meningkatkan kesuburan tanah melalui fiksasi nitrogen, sehingga lebih banyak hewan ternak yang dapat dipelihara.

Pertukaran Kolumbus

Eksplorasi dan kolonisasi Amerika Utara dan Selatan menghasilkan pengenalan tanaman seperti jagung, kentang, ubi jalar, dan ubi kayu ke Eropa, sementara ternak utama Dunia Lama - sapi, kuda, domba, dan kambing - diperkenalkan ke Dunia Baru untuk pertama kalinya bersama dengan gandum, jelai, beras, dan lobak.

Revolusi Pertanian


Trah Lincoln Longwool diperbaiki oleh Robert Bakewell pada abad ke-18.

Pemuliaan selektif untuk sifat-sifat yang diinginkan ditetapkan sebagai praktik ilmiah oleh Robert Bakewell selama Revolusi Pertanian Inggris pada abad ke-18. Salah satu program pemuliaan terpentingnya adalah dengan domba. Dengan menggunakan ternak asli, ia dapat dengan cepat memilih domba yang besar, bertulang halus, dan memiliki bulu yang panjang dan berkilau.

Lincoln Longwool diperbaiki oleh Bakewell dan pada gilirannya Lincoln digunakan untuk mengembangkan jenis berikutnya, yang dinamai New (atau Dishley) Leicester. Domba ini tidak bertanduk dan memiliki tubuh yang persegi dan gemuk dengan garis atas yang lurus. Domba-domba ini diekspor secara luas dan telah berkontribusi pada berbagai jenis domba modern. Di bawah pengaruhnya, para peternak Inggris mulai mengembangbiakkan sapi untuk digunakan sebagai daging sapi. Sapi dara bertanduk panjang disilangkan dengan sapi jantan Westmoreland untuk menciptakan sapi Dishley Longhorn.

Padang rumput semi-alami dan tidak subur yang dibentuk oleh metode pertanian tradisional di Eropa dikelola dengan merumput dan memotong. Karena dampak ekologis dari strategi pengelolaan lahan ini mirip dengan dampak gangguan alam seperti kebakaran hutan, sistem pertanian ini memiliki banyak karakteristik yang menguntungkan dengan habitat alami, termasuk mempromosikan keanekaragaman hayati. Strategi ini menurun di Eropa saat ini karena intensifikasi pertanian. Metode mekanis dan kimiawi yang digunakan menyebabkan keanekaragaman hayati menurun.


Diasdur dari: en.wikipedia.org