Makna dan Sejarah Pekerja Pengetahuan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 14.29

Seorang arsitek adalah contoh tipikal "pekerja berpengetahuan" - Wikipedia

Pekerja yang modal utamanya adalah pengetahuan dikenal sebagai pekerja pengetahuan. Mereka yang tugasnya adalah “berpikir untuk mencari nafkah” termasuk para profesional TIK, dokter, apoteker, arsitek, insinyur, ilmuwan, pemikir desain, akuntan publik, pengacara, editor, dan akademisi. Pekerjaan pengetahuan dibedakan dari jenis pekerjaan lain berdasarkan fokusnya pada pemecahan masalah "non-rutin", yang memerlukan perpaduan proses berpikir divergen dan konvergen. Namun, tidak ada definisi yang jelas tentang tenaga kerja berpengetahuan, meskipun banyak penelitian dan literatur mengenai hal ini.

Mosco dan McKercher (2007) memberikan berbagai pendapat mengenai masalah ini. Secara khusus, Florida mendefinisikan pekerjaan pengetahuan sebagai "manipulasi langsung simbol-simbol untuk menciptakan produk pengetahuan asli, atau untuk menambah nilai nyata pada produk yang sudah ada." Definisi ini membatasi pekerjaan pengetahuan hanya pada pekerjaan kreatif, yang merupakan definisi pertama yang mereka sebut sebagai yang paling membatasi dan pasti. Kemudian, mereka membandingkan antara pemahaman tentang kerja pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas yang mencakup distribusi dan penanganan informasi. Mereka berpendapat bahwa, meskipun tidak selalu menghadirkan elemen kreatif, para pekerja yang terlibat dalam penanganan dan distribusi informasi memberikan nilai tambah pada bidang tersebut. Ketiga, definisi tenaga kerja berpengetahuan yang mencakup “semua pekerja yang terlibat dalam rantai produksi dan distribusi produk pengetahuan” harus dipertimbangkan. Definisi ini akan memungkinkan klasifikasi pekerja berpengetahuan yang sangat komprehensif dan luas. Penting juga untuk menyadari bahwa frasa "pekerja berpengetahuan" memiliki definisi yang luas dan tidak selalu menentukan secara pasti siapa yang termasuk dalam bidangnya. Salah satu contoh klasik dari "pekerja berpengetahuan" adalah seorang arsitek.

Pengambilan informasi memakan sebagian waktu pekerja pengetahuan. Mereka sering kali beroperasi secara jarak jauh dari kantor pusat dan ruang tunggu bandara, menangani banyak departemen dan zona waktu, serta terpisah dari atasan mereka. Pekerja berpengetahuan saat ini perlu bekerja di sektor yang lebih luas karena semakin besarnya ketergantungan perusahaan terhadap teknologi informasi.

Meskipun kadang-kadang disebut sebagai "kerah emas" karena gaji mereka yang tinggi dan otonomi relatif atas proses kerja mereka, penelitian terbaru menunjukkan bahwa, berbeda dengan pekerja tetap, mereka juga lebih rentan terhadap kelelahan dan kontrol normatif yang sangat ketat dari organisasi. mereka bekerja untuk.

Keharusan mengelola pekerja berpengetahuan mungkin merupakan sebuah tantangan. Mayoritas pekerja berpengetahuan tidak suka dikontrol atau diawasi dan sebaliknya menginginkan otonomi pada tingkat tertentu. Pekerja pengetahuan itu sendiri, atau mereka yang pernah bekerja di masa lalu, sering kali adalah mereka yang mengawasi pekerja pengetahuan. Sebelum mengalokasikan sebuah proyek kepada pekerja pengetahuan, penting untuk menganalisisnya secara menyeluruh karena tujuan dan bidang minat mereka akan mempengaruhi kualitas produk akhir. Pekerja berpengetahuan perlu diberi perhatian khusus.

Loo (2017) meneliti jenis pekerja pengetahuan tertentu, yaitu pekerja pengetahuan kreatif, dibandingkan dengan pekerja umum seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan temuan empiris dari pekerja pengetahuan di dua sektor, sektor periklanan dan perangkat lunak TI, dan dari tiga negara maju. Inggris, Jepang, dan Singapura. Hasil analisis data empiris memberikan gambaran yang kompleks mengenai jenis tenaga kerja dalam ekonomi informasi, dimana karyawan menggabungkan pengetahuan, keterampilan, bakat, dan kreativitasnya untuk menghasilkan barang dan jasa. Empat tanggung jawab berbeda yaitu copywriting, pengarahan kreatif, pemrograman perangkat lunak, dan manajemen program sistem dalam perangkat lunak TI dan periklanan digunakan dalam penyelidikan ini (Loo, 2017) untuk mendefinisikan pekerjaan pengetahuan kreatif. Peran atau peran yang dimainkan oleh para profesional kreatif menentukan bagaimana setiap aplikasi kreatif diimplementasikan. Perpaduan kompleks antara keahlian, atau “kapasitas kerja pengetahuan kreatif (CKW),” diperlukan untuk jenis pekerjaan ini. “Pekerja pengetahuan kreatif menggunakan kombinasi aplikasi kreatif untuk menjalankan fungsi/perannya dalam ekonomi pengetahuan termasuk imajinasi antisipatif, pemecahan masalah, pencarian masalah, dan menghasilkan ide serta kepekaan estetika” (Loo, 2017:138).

Dengan menggunakan kepekaan estetika sebagai contoh, seorang pemrogram perangkat lunak dapat mendefinisikan kepekaan estetika sebagai kompetensi teknis kreatif yang digunakan untuk menulis perangkat lunak, sementara direktur kreatif dapat mendefinisikannya sebagai citra visual yang ditangkap melalui lensa kamera, baik statis maupun bergerak.

Kegunaan kreatif tambahan yang terkait dengan sektor ini mencakup hubungan emosional industri periklanan dan kemampuan industri perangkat lunak TI untuk mengekspresikan diri secara sensitif dan kuat. Pekerja pengetahuan kreatif menggunakan istilah-istilah seperti "spons umum", "bunglon sosial", dan "selaras dengan zeitgeist" untuk terhubung secara emosional dengan audiens target mereka saat membuat iklan. Menurut Loo (2017), pekerja pengetahuan kreatif menggunakan aplikasi kreatif "sensitivitas" untuk menilai informasi yang mungkin mereka peroleh dari berbagai sumber dan untuk menentukan intelijen bisnis.

Profesional kreatif juga membutuhkan keterampilan dan bakat tertentu. Gairah terhadap pekerjaan seseorang bersifat universal terhadap peran yang diperiksa di kedua industri tersebut, dan bagi copywriter, hal ini dikaitkan dengan kegembiraan, kepuasan, dan kesenangan dalam menjalankan peran tersebut selain kualitas seperti integritas (berkenaan dengan produk), rasa percaya diri. jaminan, dan ketekunan dalam menemukan salinan yang benar. Seperti profesi lainnya, pekerja kreatif di bidang pengembangan perangkat lunak harus mampu bekerja dengan baik dalam tim dan memiliki keterampilan interpersonal yang kuat agar dapat berinteraksi dengan orang lain yang memiliki pelatihan dan pengalaman berbeda. Dalam hal posisi manajerial pengarahan kreatif dan pengelolaan program sistem, penting untuk memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membayangkan tugas yang ada, membujuk, merencanakan, mengatur, dan melaksanakan tugas agar pada akhirnya dapat menyelesaikannya (seperti: perangkat lunak atau kampanye) (Loo, 2017).

Hasil penelitian ini mengungkapkan metode kerja kolaboratif sebagai penghubung antara bakat dan kemampuan tersebut. Tergantung pada tugas tertentu yang dihadapi, seorang pekerja mungkin terlibat dalam salah satu atau kedua gaya kerja: kolaboratif atau mandiri. Kerumitan gaya kerja ini mencakup kemampuan untuk beralih di antara dua mode kerja ini dan penerapan kreatif yang sesuai.

Selain itu, informasi dalam berbagai format diperlukan bagi para profesional kreatif (Loo, 2017). Hal ini mencakup koneksi ke bidang-bidang seperti humaniora (sastra, misalnya) dan seni kreatif (musik, baik genre klasik maupun populer). Meskipun terdapat perbedaan antara kedua bidang tersebut, keahlian teknis yang berkaitan dengan matematika, ilmu komputer (seperti rekayasa perangkat lunak), dan ilmu fisika (seperti fisika) juga diperlukan bagi pekerja pengetahuan kreatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pemrogram perlu memiliki pemahaman teknis tentang bahasa perangkat lunak di industri perangkat lunak TI. Namun, seorang manajer proyek mungkin memiliki pengalaman teknis yang lebih sedikit karena memahami kesulitan berkomunikasi dengan tim pengembangan dan pengujian hanya memerlukan pemahaman terhadap bahasa perangkat lunak yang relevan. Seorang direktur kreatif membutuhkan keahlian teknis semata-mata dalam arti mengetahui bagaimana menggunakan inovasi teknologi (seperti tipografi dan grafik) untuk keuntungan mereka. Konsep direktur kreatif kemudian harus dijalankan oleh ahli teknisnya.

Pengetahuan disiplin yang disebutkan di atas dapat diperoleh dalam bentuk tertentu melalui program formal di lembaga pendidikan seperti lembaga pendidikan profesional dan tinggi, di samping kompetensi lain seperti keterampilan kerja tim, komunikasi, dan presentasi. Terdapat informasi tambahan non-disiplin, sebagaimana ditentukan oleh data, yang bersifat implisit dan bukan eksplisit. Orang-orang yang diwawancarai mendiskusikan pengalaman implisit dari pekerjaan mereka sebelumnya dan peristiwa kehidupan, yang mereka gunakan untuk melaksanakan pekerjaan pengetahuan kreatif mereka. Informasi semacam ini digunakan secara kolaboratif sebagai sebuah tim (dalam aplikasi perangkat lunak atau kampanye periklanan). Gaya kerja kolaboratif ini memerlukan pengetahuan diam-diam tentang persyaratan dan keinginan anggota tim terkait serta kekuatan dan keterbatasan mereka (pengetahuan psikologi), khususnya dalam tugas-tugas seperti pengarahan kreatif dan manajemen program perangkat lunak. Pekerjaan semacam ini dapat dilakukan sebagai tim subkontrak di luar organisasi, sebagai kelompok yang berdiri sendiri di dalam organisasi untuk suatu proyek tertentu, atau di dalam organisasi itu sendiri. Sebagai bagian dari kontribusi mereka terhadap proyek, pekerja pengetahuan kreatif dalam pekerjaan ini dapat melaksanakan tugas mereka secara terpisah atau kolaboratif. Hasilnya juga menyoroti beberapa aspek kerja kolaboratif, termasuk berbagai pemangku kepentingan—termasuk kelompok subkontrak—dan hubungan tidak langsung antara klien, karyawan biro iklan, dan konsumen (Loo, 2017).

Sejarah

Ungkapan 'pekerjaan pengetahuan' pertama kali muncul dalam buku The Landmarks of Tomorrow karya Peter Drucker tahun 1959. Ungkapan 'pekerja berpengetahuan' kemudian diperkenalkan oleh Drucker dalam The Effective Executive pada tahun 1966. Pada tahun 1999, ia menambahkan bahwa "aset paling berharga dari sebuah institusi abad ke-21, baik bisnis maupun non-bisnis, adalah pekerja pengetahuan dan sumber daya manusia mereka. produktifitas."

Menurut Paul Alfred Weiss (1960), "data berfungsi sebagai makanan untuk diasimilasi, bukan sekadar disimpan, dan pengetahuan tumbuh seperti organisme." Popper (1963) mengatakan bahwa pengetahuan, baik eksplisit maupun tacit (Polanyi, 1976), harus selalu berkembang dan maju.

Di era ekonomi pengetahuan, Toffler (1990) mencatat bahwa sebagian besar pekerja pengetahuan, khususnya insinyur dan ilmuwan penelitian dan pengembangan, perlu memiliki semacam sistem untuk memproduksi, memproses, dan meningkatkan pengetahuan mereka sendiri. Dalam beberapa situasi, mereka juga harus mengontrol pengetahuan rekan-rekannya.

Meskipun Nonaka (1991) melihat pengetahuan sebagai katalis untuk inovasi, ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa banyak manajer tidak menyadari potensi penerapan pengetahuan. Ia menyatakan bahwa bisnis lebih mirip makhluk hidup dibandingkan mesin dan sebagian besar dari mereka memandang informasi sebagai masukan statis ke dalam mesin perusahaan. Nonaka mempromosikan gagasan bahwa pengetahuan adalah sumber daya yang dinamis dan terbarukan, dan bahwa pekerja pengetahuan adalah agen perubahan. Ia berpendapat bahwa tujuan utama bisnis yang menciptakan pengetahuan adalah inovasi. Hal ini menjadi landasan bagi munculnya bidang manajemen pengetahuan, atau “KM,” yang dikembangkan pada tahun 1990an untuk menyediakan prosedur dan alat standar untuk membantu pekerja pengetahuan.

Fokus pengetahuan disebut mewakili gelombang ketiga pembangunan sosio-ekonomi manusia oleh Savage (1995). Kepemilikan tanah merupakan definisi kekayaan sepanjang Era Pertanian yang merupakan gelombang pertama. Selama gelombang kedua, atau Era Industri, keberadaan pabrik merupakan landasan kekayaan. Di Era Pengetahuan, kapasitas seseorang untuk mengembangkan atau meningkatkan komoditas dan jasa melalui penerapan pengetahuan adalah landasan kekayaan. Biaya, kesesuaian, ketepatan waktu pengiriman, daya tahan, dan keamanan merupakan area dimana produk dapat ditingkatkan. Menurut data, 2% penduduk usia kerja akan bekerja di sektor pertanian, 10% di industri, dan 4% lainnya akan menjadi pekerja berpengetahuan di Era Pengetahuan.

Pengetahuan bekerja di abad ke-21

Menurut Davenport (2005), telah ada perkiraan jangka panjang mengenai peningkatan kerja pengetahuan. Dia menarik perhatian pada Fritz Machlup, yang melakukan banyak penelitian awal mengenai pengetahuan dan peran kerja pengetahuan. Machlup mengklaim pada tahun 1958 bahwa pekerja berpengetahuan mencakup hampir sepertiga dari angkatan kerja AS dan sektor ini tumbuh jauh lebih cepat dibandingkan sektor perekonomian lainnya. Menurut Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (1981), pada awal tahun 1970an, sekitar 40 persen populasi pekerja di AS dan Kanada diklasifikasikan pada sektor informasi, sedangkan di sebagian besar negara OECD lainnya, angka tersebut hanya berada di sektor informasi. masih jauh lebih rendah."

Jumlah peran pekerja berpengetahuan lebih banyak dibandingkan jenis pekerjaan lainnya yang ditambahkan rata-rata setiap tahun sejak tahun 1980, dengan 1,9 juta tambahan pada tahun 2016. Menurut Tapscott (2006), masih ada hubungan yang signifikan dan berkelanjutan antara pekerja pengetahuan dan inovasi, namun volume dan gaya komunikasi telah meningkat. Ia berbicara tentang bagaimana platform media sosial internet memungkinkan kerja sama yang lebih kuat. Melalui pertukaran informasi peer-to-peer melintasi batas-batas perusahaan dan organisasi, pekerja pengetahuan menciptakan jaringan ahli. Ada beberapa di antaranya yang bersifat publik. Meskipun ia memiliki kekhawatiran yang sama mengenai undang-undang hak cipta dan kekayaan intelektual yang diperebutkan di pasar, ia yakin bahwa perusahaan perlu bekerja sama agar dapat berkembang. Ia memandang kolaborasi yang sedang berlangsung antara tim publik (pemerintah) dan swasta (komersial) untuk mengatasi masalah, mengutip Proyek Genom Manusia dan sistem operasi Linux open source sebagai contoh berbagi pengetahuan yang menghasilkan realisasi nilai ekonomi.

Palmer (2014) mempelajari kebiasaan kerja dan produktivitas pekerja berpengetahuan. Menganalisis kehidupan sehari-hari seorang pekerja pengetahuan telah menjadi bagian dari penelitian ini. Ia menyatakan bahwa pengembangan metode yang terspesialisasi dan hanya sekali dilakukan serta dengan mahir menavigasi proses yang kacau sangat diperlukan agar pekerjaan pengetahuan menjadi produktif dan efisien. “Saat kita beralih ke model bisnis abad ke-21, fokusnya harus pada membekali pekerja berpengetahuan dengan alat dan infrastruktur yang memungkinkan komunikasi dan berbagi informasi, seperti jaringan, email, manajemen konten, dan media sosial.” Palmer mengutip munculnya Manajemen Kasus Adaptif (juga disebut Manajemen Kasus Dinamis atau Tingkat Lanjut) sebagai contoh perubahan paradigma yang disebabkan oleh peralihan dari perancangan sistem TI agar sesuai dengan kebutuhan praktik bisnis dan menuju penciptaan sistem yang benar-benar mencerminkan cara kerja. dilakukan.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang mampu melaksanakan tugas-tugas ini semakin meningkat karena cepatnya penyebaran transaksi dan interaksi berbasis informasi melalui Internet dalam konteks dunia. Menurut perkiraan saat ini, jumlah pekerja pengetahuan di Amerika Utara setidaknya empat kali lebih banyak dibandingkan pekerjaan lain.

Meskipun terdapat banyak kesamaan antara pekerjaan yang membutuhkan gelar sarjana dan posisi pekerja berpengetahuan, hampir semua pekerja di tempat kerja berjejaring saat ini harus memperoleh kemampuan ini sampai batas tertentu karena sifat komprehensif dari tenaga kerja berpengetahuan. Oleh karena itu, penekanan pada pembelajaran seumur hidup telah berkembang di sistem sekolah umum dan perguruan tinggi, yang menjamin bahwa siswa memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pekerja pengetahuan yang sukses di abad kedua puluh satu.

Kelompok generasi X terdiri dari sebagian besar pekerja berpengetahuan yang kini memasuki dunia kerja. [Tidak jelas] Pembelajaran seumur hidup lebih penting bagi para pekerja berpengetahuan baru ini dibandingkan pekerjaan seumur hidup. "Mereka memprioritaskan karir dibandingkan kemandirian dan mencari kelayakan kerja dibandingkan pekerjaan" (Elsdon dan Iyer, 1999)[Referensi diperlukan secara lengkap]. Meskipun generasi baby boomer adalah ahli dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan satu bisnis, pekerja pengetahuan generasi X belajar dari beberapa perusahaan dan mentransfer keahlian tersebut dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya (2002).

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org