Luncurkan Peta Digital Untuk Dukung SDGs di Indonesia Tim Mahasiswa Geografi FMIPA UI Raih Penghargaan Internasional Luncurkan Peta Digital Untuk Dukung SDGs di Indonesia Tim Mahasiswa Geografi FMIPA UI Raih Penghargaan Internasional

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

23 Juli 2022, 10.34

Sumber Artikel : sci.ui.ac.id

Tim “Hero of Sustainability” yang beranggotakan tujuh mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UI yakni Bella Hena Samira (2019), Devina Azalya Permata (2019), Najma Khofifah (2019), Farah Surviawati (2019), Yoga Dafa N. (2018), Ahmadea Ghafari (2019) dan Ariq Anggaraksa (2019) berhasil meraih penghargaan internasional sebagai 2nd Place People’s Choice Category pada ajang Esri User Conference Map Gallery 2021 yang diselenggarakan oleh Esri, California (USA). Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh Esri selaku penyelenggara pada tanggal 27 Juli 2021 melalui surel pribadi.

Project “Hero of Sustainability” bersinergi dengan prinsip SDGs yaitu “No One Left Behind” yang berarti tidak ada individu maupun kelompok masyarakat (daerah) yang tertinggal. Proyek ini mengusung konsep “Peringkat Prioritas” terhadap provinsi-provonsi di Indonesia berdasarkan indikator-indikator dari setiap tujuan SDGs. Melalui proyek ini tim FMIPA UI berupaya berkontribusi membantu pemerintah pusat, daerah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan daerahnya masing-masing.

Awal mula dicetuskannya ide tersebut berawal dari kegelisahan mereka, termasuk Bella sebagai ketua tim, yang menyadari bahwa masih kurangnya edukasi mengenai SDGs di kalangan masyarakat.

Hero of Sustainability itu sendiri merupakan peta digital yang ramah bagi semua pengguna, di mana kita menggunakan konsep peringkat prioritas di setiap tujuannya. Dengan adanya pemetaan 17 tujuan SDGs dari 34 provinsi di Indonesia, masyarakat dapat dengan cepat mendapatkan informasi mengenai provinsi yang paling maju ataupun tertinggal di setiap tujuannya. Sehingga, kami berharap kontribusi SDGs di tiap daerah bisa semakin merata.” ungkap Bella.

Proses pengolahan yang dilakukan meliputi pengumpulan data yang diperoleh dari sumber terpercaya seperti data BPS, kementerian, Google Maps, dan sebagainya. Data-data yang telah diperoleh kemudian diproses menggunakan software Microsoft Excel untuk menentukan peringkat serta ArcGIS pro untuk proses pemetaan hingga menjadi web map. Sedangkan, pembuatan dashboard dilakukan menggunakan ArcGIS Experience Builder.

Setelah proses pengerjaan selama kurang kurang lebih 2 bulan, akhirnya mereka mengikutsertakan karya peta digital tersebut ke sebuah kompetisi internasional yang diikuti oleh lebih dari 470 peserta dari berbagai negara.

“Awalnya project ini hanya diperuntukkan sebagai project akhir (sebagai intern di Esri Indonesia). Pas sesi presentasi, ternyata kita mendapat banyak apresiasi. Dari situ, kita jadi merasa semakin percaya diri berkat banyaknya dukungan dari orang-orang sekitar.” kata Devina sebagai salah satu anggota tim.

Dalam menyelesaikan project “Hero of Sustainability”, mereka juga kerap kali menghadapi tantangan seperti sulitnya mengerjakan project tersebut di tengah padatnya perkuliahan dan ujian. Namun, berbekal dari ilmu yang telah diajarkan oleh pembimbing mereka selama menjadi intern di Esri serta motivasi kuat untuk saling membantu satu sama lain, akhirnya tim tersebut berhasil memecahkan rekor untuk membawa nama baik Geografi UI di kancah internasional.

“Jadi sebenarnya (nama Hero of Sustainability) berawal dari niat kita sebagai anak Geografi untuk bisa menjadi pahlawan bagi SDGs. Pokoknya kita ingin mengharumkan nama baik Geografi dan memperkenalkan bidang ilmu ini ke masyarakat lebih luas.” ujar Bella.

Di akhir sesi wawancara, mereka juga menceritakan mengenai rasa bahagia mereka dari pengalaman tersebut. Salah satunya karena project yang mereka kerjakan bisa bermanfaat bagi banyak orang, termasuk sektor pemerintah ataupun swasta yang membutuhkan informasi mengenai wilayah Indonesia yang masih tertinggal.

“Awalnya, kita hanya ingin menambah pengalaman. Walaupun nggak mudah dan kita juga sempat pesimis, tapi pada akhirnya kita lega karena ternyata impact yang kita bawa bisa jauh lebih besar dari effort yang kita berikan.” ungkap Najma.

Esri User Conference Map Gallery 2021 yang diselenggarakan oleh Esri California USA membuka submisi karya berupa peta digital pada tanggal 4 Juli 2021, periode voting dimulai pada tanggal 12 – 16 Juli 2021, serta diakhiri dengan pengumuman pemenang melalui e-mail pada tanggal 27 Juli 2021.

Sumber Artikel : sci.ui.ac.id