Lulusan Teknik Fisika ITB Mengulas Signifikansi Komputasi Awan dalam Kemajuan Teknologi dan Bisnis

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Maret 2024, 08.41

Sumber: https://www.itb.ac.id/files/dokumentasi/1645836027-cloud-computing.jpg

Eryan Ariobowo, seorang Customer Engineer Google Cloud Indonesia yang juga merupakan alumni Teknik Fisika ITB angkatan 1996, baru-baru ini memberikan wawasan tentang peran penting Cloud Computing dalam inovasi teknologi dan bisnis. Sebagai pembicara pada acara Knowledge Sharing yang diselenggarakan oleh BK Teknik Fisika, Persatuan Insinyur Indonesia pada 16 Februari 2022, Eryan menjelaskan konsep dasar dan dampak besar dari komputasi awan.

Cloud computing, yang merupakan gabungan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet, telah menjadi fondasi bagi berbagai industri dan perusahaan, termasuk startup dan pemerintahan. Dalam era di mana inovasi dan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna menjadi kunci, komputasi awan memberikan solusi yang dapat diandalkan.

Proyeksi menunjukkan bahwa pada tahun 2022, sebanyak 70 persen perusahaan akan mengintegrasikan manajemen cloud menggunakan private dan public clouds. Tidak hanya itu, Eryan memperkirakan bahwa lebih dari 50 persen perusahaan IT akan mengalokasikan anggaran untuk transformasi digital pada tahun 2024, sementara pada tahun 2025, sekitar 90 persen aplikasi perusahaan baru akan memanfaatkan kecerdasan buatan.

Tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, penggunaan public cloud juga memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Sebelum pandemi COVID-19, adopsi public cloud diperkirakan memberikan dampak ekonomi sebesar $36 miliar dan menciptakan sekitar 345 ribu lapangan kerja baru di Indonesia.

Karakteristik unik komputasi awan, seperti aksesibilitas yang luas, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan, menjadikannya solusi yang sangat diandalkan dalam lingkup digital. Selain itu, banyaknya alasan bisnis yang mulai beralih dan memanfaatkan Cloud Computing, seperti pengurangan biaya infrastruktur, peningkatan keandalan sistem, akses lebih banyak data, dan peningkatan produktivitas, menunjukkan relevansinya yang terus berkembang dalam dunia bisnis modern.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan manfaat Cloud Computing, Eryan memberikan wawasan yang berharga bagi para profesional dan pelaku bisnis dalam memahami peran penting teknologi ini dalam mendukung inovasi dan pertumbuhan bisnis di era digital.


Disadur dari: itb.ac.id