LGES dan GM Bersama Bangun Pabrik Baterai di AS

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

18 Maret 2024, 08.24

Sumber: republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - LG Energy Solutions (LGES) Korea (Korea Selatan) berencana menginvestasikan $2,1 miliar dengan General Motors (GM) untuk membangun pabrik kendaraan listrik (EV). LG Chem, selaku induk perusahaan, mengatakan, Selasa (25/1).

LGES dan GM diperkirakan akan ikut mendanai proyek ini melalui Ultium Cells, perusahaan patungan yang berbasis di AS. Namun, LGES menolak merinci lokasi dan kapasitas produksi pabrik baru tersebut.

Pada bulan Desember 2021, GM mengumumkan rencana untuk membangun pabrik baterai senilai $2,5 miliar di dekat Lansing, Michigan. LGES menguasai lebih dari 20% pasar global untuk baterai dan pasokan kendaraan listrik, termasuk Tesla Inc, Volkswagen AG, dan Hyundai Motor Co.

LGES bekerja sama dengan GM untuk membangun dua pabrik di Ohio dan Tennessee. memproduksi 70 unit. GWh baterai dapat memberi daya pada hampir 1 juta kendaraan listrik pada tahun 2024 Perusahaan memiliki fasilitas produksi di Amerika Serikat, Tiongkok, Korea, Polandia, dan Indonesia.

Pengumuman baru ini muncul menjelang debut pasar perusahaan minggu ini setelah meluncurkan IPO terbesar di negara tersebut. IPO tersebut bernilai $12,8 miliar dari investor institusi dan $96 miliar dari investor ritel.

IPO LGES bernilai 70,2 miliar won, atau sekitar $58,57 miliar, yang terbesar di Korea, akan menjadi perusahaan termahal. Setelah Samsung Electronics dan SK Hynix .

Disadur dari: https://www.republika.co.id/berita/r6bnnc380/lges-dan-gm-bersama-bangun-pabrik-baterai-di-as