Langkah Mudah Memahami dan Mengaplikasikan Marketing Intelligence

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

24 Februari 2024, 19.58

Marketing intelligence, atau kecerdasan pemasaran, menjadi kunci dalam menentukan, mengumpulkan, dan menyampaikan informasi yang krusial bagi manajer pemasaran. Sistem-sistem seperti Contify, Uptime, dan Hubspot menjelma sebagai sarana integratif yang mampu menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti analitik web, pusat panggilan, dan data penjualan, ke dalam satu lingkungan yang terpadu. Hal ini memungkinkan manajer pemasaran untuk melihat kinerja kunci saat ini secara real-time dan menganalisis tren, tanpa harus menunggu laporan berkala dari analis.

Manajer pemasaran, sebagai "pemburu informasi" bagi perusahaan, perlu menjalin hubungan konstan dengan berbagai sumber informasi, termasuk buku, surat kabar, dan media sosial. Selain itu, mereka harus berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti pelanggan, distributor, dan pemasok. Proses ini tidak hanya terbatas pada dunia fisik, melainkan juga melibatkan pemantauan media sosial dan partisipasi dalam diskusi online.

Sistem kecerdasan pemasaran dirancang untuk digunakan oleh manajer pemasaran dan seringkali dapat diakses oleh karyawan di seluruh organisasi. Beberapa sistem yang cukup mencuat di pasaran antara lain Contify, Uptime, Leadtime, Pardot, Marketo, dan Hubspot. Antarmuka pengguna yang dimiliki oleh sistem-sistem ini seringkali lebih mirip dengan perangkat lunak konsumen daripada perangkat lunak di sektor data yang dirancang untuk digunakan oleh analis.

Namun, kecerdasan pemasaran bukan hanya soal teknologi. Di sisi lain, manusia juga tetap menjadi elemen kunci. Pelatihan dan motivasi untuk tim penjualan dapat memberikan informasi berharga tentang tren pasar saat ini dan peluang produk baru. Komunikasi dengan distributor, pengecer, dan pemangku kepentingan lainnya juga menjadi kunci dalam strategi kecerdasan pemasaran.

Pemantauan pesaing dan analisis kompetitif dapat membantu perusahaan tetap relevan dan inovatif. Menetapkan panel penasihat pelanggan, memanfaatkan data pemerintah, dan menggunakan informasi dari pemasok eksternal adalah langkah-langkah tambahan untuk memperoleh wawasan yang komprehensif.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, sistem kecerdasan pemasaran perusahaan akan menjadi alat yang efektif untuk mendukung keputusan pemasaran dan pertumbuhan bisnis. Semua ini memberikan dasar yang kuat untuk strategi pemasaran yang lebih cerdas dan responsif terhadap dinamika pasar.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_intelligence