Kontribusi Perkebunan Rakyat pada Sektor Sawit di Indonesia

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Februari 2024, 11.29

Sumber: https://images.bisnis.com/posts/2021/10/06/1450950/kebun-sawit.jpg

Perkebunan kelapa sawit rakyat memberikan sumbangan penting bagi industri kelapa sawit nasional, khususnya dalam penciptaan lapangan kerja dan kegiatan ekspor. Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, perkebunan kelapa sawit secara keseluruhan membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 16 juta tenaga kerja. Industri ini juga menjadi penyumbang ekspor nonmigas terbesar, menyumbang sekitar 15,6 persen dari total ekspor nonmigas pada tahun 2020. Selain itu, kelapa sawit memainkan peran penting dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) secara global, terutama dalam mendukung ketahanan energi nasional, menyediakan bahan makanan, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi.

Data dari Kementerian Koordinator Perekonomian menunjukkan bahwa pada tahun 2019, luas perkebunan kelapa sawit nasional mencapai 16,38 juta hektar, yang terbagi menjadi beberapa wilayah, termasuk perkebunan rakyat, perkebunan besar nasional, dan perkebunan swasta besar. Para ahli memperkirakan bahwa pada tahun 2030, perkebunan kecil akan mendominasi cakupan kelapa sawit, diikuti oleh perkebunan swasta besar dan perkebunan besar pemerintah.

Indonesia, sebagai produsen terbesar, memiliki pangsa pasar minyak sawit dunia sekitar 55 persen. Produktivitas minyak sawit yang tinggi membuatnya menjadi bahan baku minyak nabati yang paling efisien. Pemerintah berkomitmen untuk melakukan penanaman kembali 540.000 hektar perkebunan kelapa sawit milik petani pada tahun 2024. Namun, tantangan dalam perdagangan minyak nabati global semakin kompleks, sehingga diperlukan upaya untuk memperkuat sistem sertifikasi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan (ISPO) Indonesia dan mengembangkan model kemitraan yang efektif. Asosiasi petani kelapa sawit dan pengusaha kelapa sawit diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk menciptakan lingkungan usaha yang sehat dan berkelanjutan di masa depan.


DIsadur dari: https://ekonomi.bisnis.com/read/20211006/9/1450950/peran-perkebunan-rakyat-terhadap-industri-sawit-nasional