Kongres Persatuan Insinyur Indonesia

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

26 Februari 2022, 20.39

Bali kembali menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan kegiatan nasional. Kali ini Kongres Persatuan Insinyur Indonesia - PII ke 22 tahun 2021, digelar di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat  (17/12) pagi.

Dengan mengusung tema "Penguatan Insinyur Profesional menuju kepemimpinan Indonesia di Panggung Dunia",  sekitar 701 anggota PII yang mewakili 223 perwakilan cabang, dan 28 perwakilan badan kejuruan hadir dalam kegiatan ini.

Selain pemilihan Ketua PII baru, dalam kongres kali ini juga dibahas terkait dukungan menuju Konferensi Tingkat Tinggi (KT) G-20 yang akan dilaksanakan di Bali tahun 2022 mendatang. Ketua Umum PII 2021, Heru Dewanto mengaku akan mendukung keberhasilan KTT G-20, dengan melakukan penguatan insinyur profesional Indonesia hingga mencapai bonus insinyur, atau jumlah insinyur yang surplus atau melampaui kebutuhan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin yang berkesempatan membuka Kongres PIIi ke-22. Wapres mengatakan, jumlah insinyur Indonesia masih kalah jauh dengan negara yang lebih kecil dari Indonesia seperti Vietnam dan Korea Selatan. Pihaknya berharap Indonesia dapat menambah jumlah insinyur berkompeten, yang dapat merumuskan rencana rekomendasi kebijakan dan rencana aksi berkaitan pembangunan nasional, termasuk KTT G-20.

Dalam Kongres Persatuan Insinyur Indonesia - PII ke 22 tahun 2021, juga dilaksanakan penyerahan Outstanding Lifetime Achievment kepada insinyur Indonesia yang menjadi bapak bangsa. Diantaranya Insinyur Soekarno, yang diwakili oleh Gubernur Bali, Wayan Koster , Insinyur Baharudin Jusuf Habibie yang diwakili oleh Ilham Habibi, dan Insinyur Raden Djuanda Karta Wijaya yang diwakili oleh Nurwati Djuanda. Kongres PII 2021 dilaksanakan pada 16 hingga 18 Desember 2021, dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sumber Artikel: kompas.tv

Artikel lainnya