Keselamatan dan Industri 4.0: Teknologi Baru Mendorong Peningkatan Visibilitas dan langkah-langkah Keselamatan yang Lebih Efisien

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 07.20

sumber: pexels.com

Ketika prinsip-prinsip Revolusi Industri Keempat, atau Industri 4.0, menjadi lazim, organisasi industri terkemuka mengadopsi generasi baru solusi Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan (EHS) dan keselamatan pabrik untuk mendorong inisiatif kesehatan dan keselamatan karyawan serta membantu memastikan operasi yang aman dan berkelanjutan.

Transformasi digital tenaga kerja industri juga mendorong efisiensi yang lebih besar dan pada akhirnya akan mengarah pada pendekatan yang lebih preskriptif terhadap keselamatan pabrik dan pekerja. Hal ini melibatkan peningkatan keselamatan dari berbagai aspek, mulai dari meningkatkan proses dan alur kerja hingga memperkuat budaya keselamatan.

Pertumbuhan digitalisasi

Dalam lingkungan operasi industri saat ini, terdapat peningkatan fokus pada teknologi mutakhir seperti perangkat yang terhubung, alat augmented reality dan virtual reality, analitik data, pembelajaran mesin dan aplikasi seluler yang merupakan bagian dari perangkat transformasi digital yang semuanya merupakan bagian dari perangkat transformasi digital.

Ada banyak alasan yang mendorong percepatan digitalisasi. Operator pabrik berurusan dengan berkurangnya tenaga kerja karena karyawan yang pensiun, dan lingkungan industri saat ini telah menciptakan tantangan seputar manajemen masuk dan jarak sosial di hampir semua fasilitas manufaktur. Ketika perusahaan beralih dari pendekatan berbasis kertas ke pendekatan keselamatan pekerja, yang membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya, kurang akurat, dan prosedur pelaporan yang rumit, ada transisi ke pendaftaran pra-masuk secara online. Pendekatan ini memungkinkan masuknya pekerja ke fasilitas secara terjadwal dan mengintegrasikan pelacakan lokasi secara real-time untuk membantu menjaga jarak dan melacak kontak ketika pekerja berada di lokasi.

Digitalisasi juga membantu tenaga kerja industri untuk tetap patuh dalam hal sertifikasi, manajemen kelelahan, dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang valid. Langkah-langkah ini lebih lanjut memungkinkan kompetensi pekerja melalui pelatihan yang memanfaatkan realitas virtual sehingga operator konsol, teknisi, dan personel lainnya dapat mengalami tugas tertentu sebelum memasuki lokasi.

Selain itu, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam penerapan solusi EHS di seluruh perusahaan. Tujuannya adalah untuk melindungi kesejahteraan pekerja dan lingkungan, memastikan kepatuhan global dalam menghadapi persyaratan yang berkembang pesat, serta memajukan keberlanjutan dan keunggulan operasional.

Dukungan untuk Industri 4.0

Industri 4.0 sangat relevan dan semakin penting bagi fasilitas industri modern. Ini merupakan gelombang teknologi berikutnya yang mendorong efisiensi di seluruh pabrik atau lantai pabrik. Namun, bisnis yang ingin meluncurkan alur kerja yang siap untuk Industri 4.0 juga harus meningkatkan praktik keselamatan pabrik dan tenaga kerja mereka.

Di era Industrial Internet of Things (IIoT), terdapat hubungan yang erat antara lingkungan, kesehatan dan keselamatan serta perangkat lapangan, perangkat keselamatan portabel, dan perangkat yang dapat dikenakan secara cerdas - yang pada dasarnya merupakan keseluruhan data biometrik yang dimasukkan ke dalam perangkat lunak EHS. Namun, terlepas dari kemajuan teknologi yang sedang berlangsung, proses yang mendasari di balik pelaporan dan pendokumentasian insiden dan risiko keselamatan masih didasarkan pada pendekatan historis yang bersifat top-down, di mana spreadsheet manual dan formulir kertas lainnya masih lazim digunakan.

Tingkat integrasi, skalabilitas, dan kolaborasi baru yang digerakkan oleh Industri 4.0 akan memungkinkan operator pabrik untuk mengotomatiskan sejumlah proses keselamatan manual, menghilangkan kesalahan manusia, dan secara otomatis memasok data penting untuk alur kerja guna menghasilkan respons yang tepat terhadap peristiwa secara instan.

Menerapkan teknologi untuk bekerja

Penyedia teknologi terkemuka telah mengembangkan solusi keselamatan pabrik dan tenaga kerja yang dirancang untuk dipasangkan dengan inisiatif Industri 4.0, termasuk perangkat yang dapat dikenakan cerdas yang memungkinkan pekerja industri menyelesaikan tugas mereka dengan lebih aman, andal, dan efisien. Demikian juga, solusi alur kerja insiden otomatis memungkinkan operator pabrik membuat keputusan keselamatan dengan cara yang dapat diprediksi dan dilacak.

Misalnya, perangkat gas portabel dapat mendeteksi pelepasan gas di awal shift pekerja. Jika pelepasannya cukup kecil, kemungkinan pekerja tersebut akan melanjutkan tugas normal untuk sisa hari itu. Dengan menggunakan proses manual, pekerja harus meluangkan waktu untuk menuliskan catatan dan pengamatan tentang pelepasan gas di akhir shift. Informasi ini mungkin tidak selengkap dan seakurat yang dibutuhkan. Dengan solusi keselamatan yang terintegrasi dan otomatis, informasi tentang pelepasan gas akan langsung dikirimkan ke operator ruang kontrol untuk dibandingkan dengan pembacaan dari detektor gas tetap. Informasi ini juga akan diberikan ke perangkat lunak EHS untuk mencatat jenis gas yang terlibat dalam pelepasan, tingkat paparan pekerja, dan waktu kejadian. Proses ini, pada gilirannya, secara otomatis memicu alur kerja higiene industri yang melaporkan insiden tersebut dan memberikan rekomendasi apakah pekerja tersebut harus mendapatkan evaluasi medis.

Secara paralel, prosedur seputar EHS akan mengharuskan pelepasan gas didokumentasikan sebagai bagian dari pelaporan peraturan. Proses ini melibatkan perbandingan informasi yang serupa dari perangkat keselamatan tetap dan portabel, termasuk rincian tentang asal mula kejadian, volume gas yang dilepaskan dan waktu kejadian. Dengan perangkat keselamatan yang otomatis dan kolaboratif, alur kerja lingkungan secara otomatis dipicu dengan semua informasi terkait yang disertakan dalam laporan ke EHS dan manajemen pabrik dan perusahaan.

Dengan memasukkan berbagai sumber data ke dalam mesin analitik data, operator pabrik dapat mengidentifikasi tren dari aset IIoT proses untuk menerapkan pendekatan yang lebih prediktif yang mengurangi kemungkinan kejadian yang sama terjadi di masa depan.

Kemajuan serupa dalam otomatisasi dan integrasi juga terjadi di bidang kepatuhan dan manajemen kompetensi. Teknologi canggih membantu organisasi industri memastikan pekerja mereka memiliki pelatihan dan kepatuhan yang tepat untuk mendapatkan izin elektronik untuk bekerja dan menjalankan fungsinya di lantai pabrik.

Misalnya, karyawan dengan izin kerja panas mungkin berada di unit tertentu ketika terjadi kebocoran gas. Teknologi keselamatan terintegrasi akan memungkinkan deteksi dini kebocoran sekaligus secara otomatis memulai alarm umum alamat publik (PAGA) dan mengirimkan pemberitahuan ke sistem izin elektronik untuk bekerja-memastikan penangguhan semua izin kerja panas hingga pelepasan dibersihkan. Kemampuan ini membantu manajemen pabrik membuat keputusan yang tepat tentang kemungkinan evakuasi unit, dan dengan demikian meminimalkan konsekuensi dari ledakan atau peristiwa bencana lainnya.

Dalam hal kompetensi tenaga kerja, alat digital baru mendukung solusi seperti bantuan pekerja atau pakar yang siap dipanggil di mana panduan jarak jauh dapat diberikan secara real-time melalui headset dan umpan video, oleh pekerja yang berpengalaman di lokasi di luar lokasi atau diisolasi di rumah, kepada karyawan yang kurang berpengalaman di lapangan.

Kesimpulan

Saat ini terdapat bukti yang jelas bahwa integrasi solusi pabrik dan lingkungan, kesehatan, dan keselamatan merupakan aspek yang berharga dari Industri 4.0 dan inisiatif yang terkait dengan kebersihan industri. Tujuannya adalah untuk mendorong efisiensi tenaga kerja dan bukannya pengurangan. Perkembangan teknologi baru menciptakan tenaga kerja yang cerdas dan terhubung sekaligus mendorong produktivitas dan meningkatkan keselamatan di seluruh lantai pabrik.

Digitalisasi juga membangun tingkat kepercayaan yang lebih besar di dalam organisasi industri dan prosesnya, dan di antara karyawan di lokasi. Hal ini juga mencakup untuk memenuhi tujuan kepatuhan dan kompetensi di semua tingkat tenaga kerja pabrik.

Disadur dari: ishn.com