Kendaraan: Jenis, Produksi Terbanyak, dan Peran dalam Pergerakan Global

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

01 April 2024, 10.13

Sumber: id.wikipedia.org

Kendaraan (dari bahasa Latin vehiculum ) adalah mesin yang dirancang untuk bergerak sendiri, biasanya untuk mengangkut orang, kargo, atau keduanya. Kendaraan meliputi gerobak, sepeda, kendaraan bermotor (misalnya sepeda motor, mobil, truk, bus, kursi roda dan skuter), kendaraan bergerak (kereta api, trem), kendaraan air (perahu, perahu, perahu) serta kendaraan amfibi (misalnya rotifera). penunjuk arah cuaca , pesawat terbang), pesawat terbang (pesawat terbang, helikopter, pesawat amfibi) dan kendaraan luar angkasa.

Kendaraan darat adalah kendaraan beroda, ditarik, kendaraan bermotor atau dalam bentuk yang digunakan untuk mengemudikan dan mendorong di darat . umumnya diklasifikasikan sebagai posisi. ISO 3833-1977 adalah standar yang digunakan secara internasional dalam peraturan, istilah, dan definisi kendaraan jalan raya.

Jenis kendaraan

Saat ini terdapat lebih dari satu miliar sepeda yang digunakan di seluruh dunia saja. Pada tahun 2002, terdapat sekitar 590 juta mobil dan 205 juta sepeda motor yang beroperasi di seluruh dunia. Lebih dari 500 juta sepeda Flying Pigeon telah diproduksi di Tiongkok, lebih banyak dibandingkan model kendaraan mana pun lainnya. Model mobil terlaris adalah sepeda motor Honda Super Cub dengan penjualan lebih dari 60 juta unit pada tahun 2008. Model mobil terlaris adalah Toyota Corolla dengan penjualan lebih dari 35 juta unit pada tahun 2008. Diproduksi sejak tahun 2010. Yang paling umum . adalah Cessna 172, dengan sekitar 44.000 unit diproduksi pada tahun 2017. Helikopter terbesar adalah Soviet Mil Mi-8, dengan 17.000 unit diproduksi. Pesawat terpopuler adalah Boeing 737, dengan hampir 10.000 unit terjual pada tahun 2018. Keduanya memiliki sekitar 14.000 unit, dengan lokomotif yang paling umum adalah KTM-5 dan Tatra T3. Kebanyakan bus penggerak adalah ZiU-9.

Pergerakan

Pergerakan adalah metode penggerak dengan gaya hambat rendah, sumber tenaga yang menyediakan energi kinetik yang diperlukan, dan mekanisme untuk mengendalikan pergerakan (misalnya sistem kemudi. Sebagian besar kendaraan gunakan roda yang menggunakan prinsip rotasi untuk memungkinkan gerakan dengan gesekan rotasi rendah.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com