Kemensos Gandeng Kementerian PUPR Bangun Rusun bagi PPKS di Solo

Dipublikasikan oleh Wanda Adiati, S.E.

14 Juli 2022, 16.36

Peninjauan lokasi yang akan dibangun rumah susun untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (3/1/2022) (ANTARA/HO-Kemensos)

Bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Sosial (Kemensos) mematangkan pembangunan rumah susun (rusun) di Surakarta.

Sinkronisasi pembangunan rusun yang diperuntukkan oleh Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) ini dilakukan Kemensos melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Rehsos).

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehsos Idit Supriadi Priatna, pembangunan rusun ini dilaksanakan untuk meningkatkan harkat dan martabat PPKS melalui penyediaan sarana tempat tinggal layak dan sehat.

"Dengan tempat tinggal layak, mereka (PPKS) bisa fokus meningkatkan taraf kesejahteraannya,” ujar Idit dikutip dari Antara, Senin (3/1/2022).

Idit mengungkapkan, pihaknya segera menindaklanjuti pembangunan rusun tersebut dengan menggandeng Kementerian PUPR mengingat PPKS di Indonesia angkanya cukup besar.

Menurutnya, kebijakan Mensos Tri Rismaharini pada awal tahun 2021 yaitu PPKS yang telantar harus cepat direspons dan diberi layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), baik di keluarga, komunitas, maupun residensial.

Untuk selanjutnya, program Kemensos lainnya akan dibuka untuk PPKS seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Kewirausahaan (Prokus) sesuai dengan hasil asesmen.

“Untuk itu, perlu adanya konsolidasi serta kerja sama semua pihak termasuk pemerintah daerah (Pemda) setempat berkaitan dengan program rumah susun bagi PPKS di Surakarta, serta bisa menjadikan rusun sebagai ikon Kota Surakarta,” kata Idit.

Kasubdit Perancangan Teknis Kementerian PUPR Yuri Hermawan menjelaskan pemanfaatan rusun PPKS diperuntukkan bagi pemulung, gelandangan, pengemis, manusia gerobak, lanjut usia, serta warga telantar lainnya.

Kemensos sendiri telah mengusulkan pembangunan rusun kepada Kementerian PUPR sebanyak 16 tower (menara) di 11 lokasi balai.

Adapun pada Tahun Anggaran (TA) 2021, telah dilaksanakan pembangunan rusun bagi PPKS di Jakarta dan Bekasi.

Hingga 24 Desember 2021, progres konstruksi rusun di Jakarta sudah mencapai 50,48 persen dan Bekasi sudah mencapai 77,48 persen dan target tuntasnya pada awal tahun 2022.


Sumber Artikel: kompas.com

Artikel lainnya