Karakterisasi Bahan Baku dalam Industri Keramik: Analisis Proses dan Evaluasi Kinerja

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

30 April 2024, 09.57

Sumber: pixabay.com

Ceramics Manufacturing Process Optimisation

Karakterisasi bahan baku

Karakterisasi bahan baku merupakan cara yang sangat efektif untuk menganalisis perubahan bahan baku. Untuk sepenuhnya memanfaatkan metode pengujian ini, bahan baku diproses melalui pabrik percontohan kami untuk menduplikasi proses standar. Analisis material kemudian dimulai dengan evaluasi reologi, pembentukan melalui pengecoran tekanan/plester atau ekstrusi, diikuti dengan evaluasi tekstur potongan yang terbentuk. Setiap perbedaan dari formulasi bahan dasar akan disorot dan loop yang sama dapat diikuti lagi setelah formulasi ulang atau perubahan bahan.

Persiapan dan evaluasi tubuh

Karakterisasi benda yang siap diproses dapat menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan kinerja di seluruh proses selanjutnya. Langkah awal yang utama adalah karakterisasi reologi dari suspensi yang telah disiapkan untuk menetapkan karakteristik yang lebih mendalam, yang terkait dengan sejumlah sifat utama, yang sering tidak terlihat selama pengujian manufaktur standar. Hal ini untuk menghindari masalah pada akhir lini produksi.

Pembentukan kering

Pembentukan kering menggunakan bahan baku bubuk yang biasanya telah digranulasi untuk meningkatkan sifat-sifat penting seperti homogenitas dan aliran, juga dapat diselidiki oleh Lucideon, melalui pengepresan cetakan dan pengepresan isostatik.

Pengepresan cetakan sangat ideal untuk bentuk-bentuk sederhana seperti ubin. Kami memiliki sejumlah die press kecil yang dapat menghasilkan potongan referensi untuk evaluasi dari 10mm hingga 110mm dengan tekanan hingga 50tf.

Untuk pengepresan isostatik, bubuk dimasukkan ke dalam cetakan fleksibel yang kemudian disegel dan ditempatkan ke dalam ruang bertekanan berisi air. Tekanan pembentuk diterapkan untuk memadatkan bubuk ke dalam bentuk yang diinginkan. Mesin iso press di Lucideon dapat menghasilkan potongan dengan diameter 18 cm x kedalaman 45 cm dengan tekanan hingga 200 MPa.

Pembentukan basah

Ada sejumlah metode pembentukan yang tersedia di Lucideon mulai dari ekstrusi hingga pengecoran. Dengan memanfaatkan berbagai proses skala pilot kami, item yang lebih kecil dapat diproduksi untuk mewakili tantangan yang dihadapi dalam proses produksi penuh.

Benda yang terbentuk juga dapat diuji tekstur cor, di mana ketegasan benda yang terbentuk melalui ketebalan cor dievaluasi. Pada tahap ini, referensi untuk karakterisasi reologi sebelumnya dibuat, sehingga perbedaan tekstur cor dari permukaan ke bagian tengah benda dapat dievaluasi.

Pengeringan

Seringkali merupakan bagian terpenting dari proses, tahap pengeringan sangat penting dalam hal mengontrol penyusutan potongan saat melewati kadar air kritis. Kami dapat membantu memetakan karakteristik penyusutan potongan saat mengalir melalui proses produksi dan oleh karena itu menetapkan kondisi aman yang memungkinkan potongan menyusut dengan cara yang seragam untuk meminimalkan penyusutan diferensial. Sejumlah jenis sistem pengeringan telah diselidiki dan dievaluasi oleh Lucideon mulai dari pengering Oksigen Tereduksi (RO2) hingga sistem berbasis vakum.

Glazur

Para ahli teknologi kaca dan glasir kami yang berpengalaman secara teratur memproduksi berbagai macam frit dan glasir untuk diuji dalam berbagai kondisi/aplikasi, mulai dari farmasi hingga peralatan rumah tangga. Glasir yang siap diaplikasikan dapat diuji mulai dari karakteristik reologi hingga performa pembakaran, dengan serangkaian pengujian yang tersedia mulai dari ekspansi termal hingga warna pembakaran, yang membantu meringkas glasir dari sudut pandang teknis.

Performa glasir di pabrik mulai dari aplikasi hingga hasil akhir pembakaran dan kesalahan yang terkait sering kali menjadi area utama dalam investigasi, dengan kesalahan glasir yang berkaitan dengan masalah aplikasi dan pengaturan glasir menjadi area yang semakin diminati.

Pembakaran

Ada berbagai macam kiln di Lucideon dari gas (termasuk bertenaga hidrogen) hingga listrik, dari kiln frit dengan kemampuan untuk memuat atau mengosongkan pada suhu puncak hingga sistem berbasis pembakar gas suhu tinggi. Hal ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan langkah-langkah pemrosesan sebelumnya di dalam pabrik percontohan untuk mereproduksi proses dan jika diperlukan, menyelidiki variabel yang dihasilkan dengan mengubah proses standar.

Sebagian besar pekerjaan kami berkisar pada proses pembakaran baru untuk menawarkan peningkatan produktivitas.

Evaluasi dan pengujian produk

Mulai dari pelepasan logam hingga investigasi mikroskopis yang mendetail dan perbandingan/performa terhadap berbagai standar, kami memiliki berbagai kemampuan analisis yang dapat digunakan. Kami tidak hanya menyediakan data: para ahli kami menginterpretasikan data dan memberikan saran mengenai cara terbaik untuk menggunakannya dalam menyelesaikan tantangan produk dan proses.

Disadur dari: www.lucideon.com