Kapan Ilmu Arsitektur Pertama Kali Diterapkan?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

15 Februari 2024, 19.59

The Architect's Dream Oleh Thomas Cole, 1840 - Wikipedia

Melalui beragam adat, kawasan geografi, tren gaya umum, dan periode sejarah, sejarah arsitektur menggambarkan evolusi desain arsitektur. Semua tradisi ini bermula ketika manusia memenuhi kebutuhan dasar mereka akan keselamatan dan tempat tinggal. Meskipun istilah "arsitektur" biasanya merujuk pada bangunan, definisi yang sebenarnya jauh lebih luas dan meliputi profesi seperti perencanaan perkotaan, teknik sipil, arsitektur lanskap, serta militer dan angkatan laut.

Selain itu, inovasi teknologi memainkan peran penting dalam membentuk tren arsitektur, terutama selama abad ke-19, ke-20, dan ke-21. Sebagai contoh, peningkatan dan/atau penerapan baja, besi cor, ubin, beton bertulang, dan kaca berkontribusi pada munculnya Art Nouveau dan meningkatkan kemegahan Beaux Arts.

Kemajuan arsitektur merupakan bagian penting dari periode Neolitikum (10.000-2000 SM), di mana beberapa inovasi besar dalam sejarah manusia terjadi. Domestikasi tumbuhan dan hewan, misalnya, menghasilkan perekonomian baru dan hubungan baru antara manusia dan dunia, peningkatan ukuran dan kelanggengan komunitas, perkembangan besar-besaran budaya material serta solusi sosial dan ritual baru yang memungkinkan manusia untuk hidup. bersama dalam komunitas-komunitas ini. Gaya baru dari struktur individu dan kombinasinya menjadi pemukiman menyediakan bangunan yang dibutuhkan untuk gaya hidup dan ekonomi baru, dan juga merupakan elemen penting dari perubahan.

Arsitektur kontemporer adalah arsitektur abad ke-21. Tidak ada satu gaya pun yang dominan. Arsitek kontemporer bekerja dalam beberapa gaya berbeda, mulai dari postmodernisme, arsitektur berteknologi tinggi, serta referensi dan interpretasi baru terhadap arsitektur tradisional hingga bentuk dan desain yang sangat konseptual, menyerupai patung dalam skala besar. Beberapa dari gaya dan pendekatan ini memanfaatkan teknologi yang sangat maju dan bahan bangunan modern, seperti struktur tabung yang memungkinkan konstruksi bangunan yang lebih tinggi, lebih ringan dan lebih kuat dibandingkan pada abad ke-20, sementara yang lain memprioritaskan penggunaan bahan-bahan alami dan ekologis. seperti batu, kayu dan kapur. Salah satu teknologi yang umum pada semua bentuk arsitektur kontemporer adalah penggunaan teknik baru desain berbantuan komputer, yang memungkinkan bangunan dirancang dan dimodelkan pada komputer dalam tiga dimensi, dan dibangun dengan lebih presisi dan cepat.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_architecture