Kapan Ilmu Arsitektur Pertama Kali Diterapkan?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

24 Mei 2024, 14.49

The Architect's Dream Oleh Thomas Cole, 1840 - Wikipedia

Melalui beragam adat, kawasan geografi, tren gaya umum, dan periode sejarah, sejarah arsitektur menggambarkan evolusi desain arsitektur. Semua tradisi ini bermula ketika manusia memenuhi kebutuhan dasar mereka akan keselamatan dan tempat tinggal. Meskipun istilah "arsitektur" biasanya merujuk pada bangunan, definisi yang sebenarnya jauh lebih luas dan meliputi profesi seperti perencanaan perkotaan, teknik sipil, arsitektur lanskap, serta militer dan angkatan laut.

Selain itu, inovasi teknologi memainkan peran penting dalam membentuk tren arsitektur, terutama selama abad ke-19, ke-20, dan ke-21. Sebagai contoh, peningkatan dan/atau penerapan baja, besi cor, ubin, beton bertulang, dan kaca berkontribusi pada munculnya Art Nouveau dan meningkatkan kemegahan Beaux Arts.

Sejarah

Kemajuan arsitektur merupakan bagian penting dari periode Neolitikum (10.000-2000 SM), di mana beberapa inovasi besar dalam sejarah manusia terjadi. Domestikasi tumbuhan dan hewan, misalnya, menghasilkan perekonomian baru dan hubungan baru antara manusia dan dunia, peningkatan ukuran dan kelanggengan komunitas, perkembangan besar-besaran budaya material serta solusi sosial dan ritual baru yang memungkinkan manusia untuk hidup. bersama dalam komunitas-komunitas ini. Gaya baru dari struktur individu dan kombinasinya menjadi pemukiman menyediakan bangunan yang dibutuhkan untuk gaya hidup dan ekonomi baru, dan juga merupakan elemen penting dari perubahan.

Salah satu gaya arsitektur paling signifikan dalam sejarah dipengaruhi oleh Roma kuno. Struktur Romawi masih digunakan dalam arsitektur Klasik Baru dan Postmodern hingga saat ini, yang menunjukkan pengaruh Roma sepanjang era abad pertengahan dan awal modern. Secara khusus, gaya Etruria dan Yunani mempunyai pengaruh. Selama era republik (509–27 SM), berbagai desain candi diciptakan, diadaptasi dari model Etruria dan Yunani.

Tentara Romawi memperluas kerajaan mereka dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang arsitektur dan teknik dengan mendirikan kota-kota di mana pun mereka menaklukkan. Meskipun Italia adalah rumah bagi spesimen arsitektur Romawi terbesar, provinsi-provinsi barat dan timur juga menghasilkan karya-karya inovatif; contoh terbaik yang masih ada dapat ditemukan di Afrika Utara, Turki, Suriah, dan Yordania. Konstruksi megah bermunculan, seperti Gapura Septimius Severus tahun 216 M di Leptis Magna (sekarang Libya), yang pedimennya retak di setiap sisinya, atau Gapura Caracalla tahun 214 M di Thebeste (sekarang Aljazair), yang berpasangan kolom di setiap sisi yang memproyeksikan entablatur dan medali yang menampilkan patung dewa. Beberapa bangunan merupakan hasil perpaduan adat setempat dengan gaya Romawi, karena kekaisaran didirikan dari berbagai kebangsaan dan peradaban. Salah satu contohnya adalah Gapura Palmyra, yang dibangun di tempat yang sekarang disebut Suriah antara tahun 212 dan 220 Masehi. Beberapa lengkungannya dihiasi dengan pola pita berulang yang terinspirasi dari Timur Tengah yang terdiri dari empat oval di sekeliling roset.

Arsitektur neoklasik dicirikan oleh keagungan skala, dinding putih bersih, dan hiasan yang mengingatkan pada Yunani Kuno dan Roma. Meski masih penuh hiasan, eksterior Neoklasik cenderung lebih minimalis, dengan garis lurus dan bersudut, dibandingkan pendahulunya dalam gaya Barok dan Rococo. Garis yang bersih, keseimbangan, dan proporsi adalah komponen kunci dari gaya ini, yang berhasil tidak hanya pada bangunan besar seperti Panthéon di Paris, tetapi juga pada bangunan kecil seperti Petit Trianon.

Kembalinya akal sehat dan ketertiban dipicu oleh penggalian pada abad ke-18 di Pompeii dan Herculaneum, yang keduanya tertutup abu vulkanik setelah ledakan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M. Hal ini terutama disebabkan oleh karya Johann Joachim Winckelmann. Zaman kuno sekali lagi dijadikan tolok ukur arsitektur pada pertengahan abad kedelapan belas. Neoklasikisme adalah pemeriksaan kritis terhadap prinsip-prinsip dasar yang mendasari bentuk dan makna arsitektur. Hubungan antara filsafat arsitektur dan penyelidikan arkeologi dimulai pada tahun 1750-an dan berlangsung hingga abad ke-19. Pada tahun 1753, Marc-Antoine Laugier menyatakan, 'Arsitektur berutang segala sesuatu yang luar biasa kepada orang Yunani'.

Jenis bangunan baru bermunculan sebagai akibat dari Revolusi Industri dan teknologi baru yang dibawanya. Pada tahun 1850, besi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari di semua skala, mulai dari gudang kereta api hingga fitur arsitektur hias yang diproduksi secara massal dan barang-barang yang ditemukan di bangunan perumahan dan komersial. Crystal Palace di Hyde Park, London, adalah contoh terkenal dari struktur kaca dan besi abad ke-19. Dibangun pada tahun 1851 untuk menampung Pameran Besar, bangunan ini menyerupai rumah kaca. Besarnya sangat mengintimidasi.

Pasar memperkenalkan aplikasi baru untuk besi dan kaca, menghasilkan arsitektur konsumsi dan pameran yang mengubah pameran dunia yang bersifat sementara menjadi aspek kehidupan kota kontemporer yang abadi. Aristide Boucicaut mendirikan Le Bon Marché, yang dijuluki department store pertama oleh sejarawan konsumerisme massal, di Paris kurang lebih setahun setelah Crystal Palace dibongkar. Seiring berkembangnya bisnis, eksteriornya yang penuh ornamen—termasuk motif Kebangkitan Renaisans Prancis—berubah menjadi monumen publik. Pintu masuk bergerak perlahan ke depan ke trotoar dalam upaya untuk menarik calon klien. Bekerja sama dengan bisnis teknik Gustave Eiffel yang masih baru, Louis-Charles Boileau merombak interiornya antara tahun 1872 dan 1874. Struktur yang dibangun kembali dipusatkan pada tiga atrium jendela atap, bukan halaman terbuka yang diperlukan untuk membiarkan lebih banyak cahaya alami masuk ke interior.

Di seluruh dunia pada awal abad ke-20, arsitektur Modernis muncul, menolak ornamen dan menganut kesederhanaan dan material kontemporer. Hal ini dimungkinkan oleh Art Nouveau, yang mempopulerkan gagasan gaya non-historis. Ini dimulai di Eropa, dengan penekanan pada fungsionalisme dan menghindari ornamen. Bauhaus dan Gaya Internasional, yang keduanya ditandai dengan asimetri, atap datar, jendela pita besar, logam, kaca, rendering putih, dan interior terbuka, membantu modernisme mencapai puncaknya pada tahun 1930an dan 1940an.

Arsitektur kontemporer adalah arsitektur abad ke-21. Tidak ada satu gaya pun yang dominan. Arsitek kontemporer bekerja dalam beberapa gaya berbeda, mulai dari postmodernisme, arsitektur berteknologi tinggi, serta referensi dan interpretasi baru terhadap arsitektur tradisional hingga bentuk dan desain yang sangat konseptual, menyerupai patung dalam skala besar. Beberapa dari gaya dan pendekatan ini memanfaatkan teknologi yang sangat maju dan bahan bangunan modern, seperti struktur tabung yang memungkinkan konstruksi bangunan yang lebih tinggi, lebih ringan dan lebih kuat dibandingkan pada abad ke-20, sementara yang lain memprioritaskan penggunaan bahan-bahan alami dan ekologis. seperti batu, kayu dan kapur. Salah satu teknologi yang umum pada semua bentuk arsitektur kontemporer adalah penggunaan teknik baru desain berbantuan komputer, yang memungkinkan bangunan dirancang dan dimodelkan pada komputer dalam tiga dimensi, dan dibangun dengan lebih presisi dan cepat.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org