Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Simak Perbedaannya!

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 21.41

www.its.ac.id

JAKARTA - Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi memang tak begitu jelas bagi orang-orang awam. Ketiganya berkaitan dengan komputer, tetapi mempunyai ranah yang berbeda.

Ketiganya memang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komputer. Tetapi, ilmu yang dipelajari tidaklah sama, satu sama lainnya.

Lantas, apa sajakah perbedaan Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi? Mari simak pembahasannya sebagai berikut:

 

  1. Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Di Jurusan Teknik Informatika, mahasiswa akan mendalami berbagai prinsip yang berkaitan dengan ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Mereka akan sering mengkaji pemrograman dan komputasi, dan tentu dibekali dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

  1. Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer adalah bidang studi yang identik dengan computer programming. Mahasiswa nantinya akan diberikan keterampilan menyusun algoritma dan programming guna mengembangkan suatu aplikasi ataupun sistem perangkat lunak.

Pada dasarnya, mahasiswa akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu menjalankan beragam hal yang diinginkan penggunanya.

  1. Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan bidang yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di jurusan ini, mahasiswa mempelajari bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dipunyai oleh perusahan, lalu merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Selain belajar teknik pemrograman, mahasiswa nantinya dituntut untuk mempelajari proses bisnis yang terdapat di perusahaan.

 


Disadur dari sumber edukasi.okezone.com

 

Artikel lainnya