Jejak Kampus Unggulan di Indonesia dengan Program Studi Teknik Metalurgi Terbaik: Temukan Pilihannya!

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Juni 2024, 09.16

Sumber: pexels.com

Salah satu jurusan yang tersedia di beberapa kampus di Indonesia adalah Teknik Metalurgi, yang berfokus pada pembelajaran teknik mendalam tentang proses ekstraksi dan produksi logam serta sifatnya. Mahasiswa Teknik Metalurgi juga akan mempelajari proses pengolahan mineral, ekstraksi, pembuatan paduan, penguatan, dan hubungan antara sifat mekanik dan struktur logam.

Jurusan ini juga memiliki banyak peluang pekerjaan. Setelah lulus, Anda akan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) dan dapat memulai pekerjaan di perusahaan, pabrik, atau tempat lain yang membutuhkan lulusan Teknik Metalurgi. Beberapa pekerjaan ini termasuk bekerja di pertambangan, batu bara, ekstraksi logam, pabrik semen, migas, manufaktur, minyak dan gas, atau bahkan dapat bekerja untuk pemerintah atau lembaga penelitian.

Jika Anda ingin menjadi mahasiswa jurusan Teknik Metalurgi, ini adalah daftar kampus terbaik di Indonesia.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah perguruan tinggi pertama yang memiliki jurusan terbaik dalam teknik metalurgi. Jurusan ini termasuk dalam Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. ITB menawarkan kursus S1 dan kursus S2.

2. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Selain itu, ITS memiliki jurusan Teknik Metalurgi atau Teknik Material dan Metalurgi yang digabungkan. Program studi ini menawarkan jenjang Sarjana (S1) dan Magister (S2), masing-masing dengan berbagai bidang keahlian.

3. University of General Achmad Yani (Unjani

Universitas di Bandung ini memiliki jurusan Teknik Metalurgi yang telah terakreditasi untuk memenuhi kebutuhan industri dengan menerapkan proses pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

4. University of Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menawarkan program studi yang menggabungkan jurusan Teknik Metalurgi dan Material. Hampir 2000 alumni dari tingkat sarjana dari jurusan tersebut telah bekerja di berbagai industri otomotif, manufaktur, dan lainnya di pemerintahan dan perusahaan swasta pada tahun 2011.

5. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, juga dikenal sebagai Untirta

Fakultas Teknik Untirta sekarang memiliki Program Studi Teknik Metalurgi. PT Karakatau Steel mendirikan Sekolah Tinggi Teknologi pada tahun 1982, yang mendorong pembentukan Jurusan Teknik Metalurgi. Jurusan Teknik Metalurgi Untirta saat ini menerima akreditasi A dari BAN-PT.

Sumber: edukasi.okezone.com