Jawa dan Sumatera Wilayah Rawan Gempa Tektonik, Ini Penjelasan Pakar Unpad

Dipublikasikan oleh Wanda Adiati, S.E.

29 Juni 2022, 13.20

Ilustrasi Bencana/Wilayah Jawa dan Sumatera Rawan Gempa Tektonik. Foto: Istockphoto/Petrovich9

Pernah bertanya-tanya mengapa wilayah Selatan Jawa akhir-akhirnya terjadi gempa bumi? Salah satu penyebab terkuat tentu karena Indonesia berada pada kawasan lempeng yang terus bergerak. Pergerakan lempeng tektonik ini merupakan pemicu terjadinya gempa bumi.

Dosen Departemen Geologi Sains Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Dr. Iyan Haryanto, Ir., MT, menjelaskan, secara ilmu geologi, Indonesia berada pada batas-batas lempeng yang satu sama lain terus bergerak.

"Di sebelah barat, batas lempeng tersebut mulai dari sebelah barat Sumatera, lalu menerus ke selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku," ucapnya seperti dikutip laman resmi Unpad, Rabu (19/1/2022).

Berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang wilayah rawan gempa tektonik di Jawa dan Sumatera.

 

A. Penyebab Rawan Gempa Wilayah Jawa dan Sumatera

Beberapa daerah di wilayah batas lempeng tersebut, dekat dengan zona subduksi, atau batas lempeng tektonik yang sifatnya menunjam antara lempeng oseanik dengan lempeng kontinen.

Artinya, batas pertemuan dari dua lempeng ini merupakan kawasan yang aktif secara tektonik.

"Jadi jelas kalau Sumatera dan Jawa rawan terhadap peristiwa gempa tektonik, karena berada pada batas lempeng yang aktif," terang Iyan.
 

B. Pergerakan Sesar Aktif

Selain berada pada zona subduksi, pulau Sumatera dan Jawa banyak memiliki struktur sesar aktif. Pergerakan sesar aktif juga memicu terjadinya gempa tektonik atau gempa bumi yang terjadi karena aktivitas tektonik.

Oleh karena itu, menurut Iyan, peristiwa gempa tektonik di Sumatera dan Jawa pada khususnya diakibatkan oleh pergerakan aktivitas lempeng di zona subduksi atau berkaitan dengan aktivitas sesar aktif, atau pula kombinasi di antara keduanya.

"Sesar aktif di daratan juga berperan mempercepat perambatan getaran akibat gempa di lautan. Hal ini yang menjadi faktor mengapa suatu gempa bumi bisa terasa hingga wilayah yang cukup jauh dari titik gempanya," paparnya.
 

C. Berada di Kawasan Prisma Akresi

Dosen Geologi Unpad juga menjelaskan peristiwa gempa di kawasan Banten selatan beberapa hari lalu yang terjadi secara berturut-turut.

Menurutnya, jika dilihat dari pusat gempa, posisinya berada di kawasan yang disebut prisma akresi.

"Prisma akresi merupakan wilayah yang rawan terjadi gempa bumi karena berada di atas pusat-pusat gempa," ucapnya.

Wilayah ini merupakan kumpulan dari sesar-sesar naik, atau sesar yang mengangkat akibat proses penumbukan/penunjaman yang terjadi. Jika salah satu patahan menunjam ke bawah, maka di sisi satunya akan terangkat akibat proses penunjaman tersebut.

Salah satu wilayah Indonesia yang berada di kawasan sesar akresi adalah Pulau Nias di Sumatera Utara.

"Jika di Sumatera, prisma akresi ini muncul menjadi pulau, kalau di selatan Jawa belum membentuk pulau," katanya menambahkan.
 

D. Bagaimana Cara Mengatasi Wilayah Rawan Gempa?

Sementara itu, untuk wilayah yang berada pada kawasan rawan gempa tektonik, Iyan mengatakan bahwa pengetahuan masyarakat akan mitigasi kebencanaan harus diperkuat.

Karena jika minim pengetahuan mitigasi bencana akan berdampak fatal saat bencana terjadi.

"Masyarakat yang ada di Pulau Jawa, khususnya, tidak bisa terhindar dari banyaknya peristiwa gempa bumi," ungkapnya Iyan.

Sosialisasi mengenai pengetahuan sesar hingga tindakan perlindungan dasar ketika bencana terjadi harus terus digalakkan kepada masyarakat.

"Termasuk ketika gempa bumi yang diikuti tsunami, misalnya, masyarakat harus memahami tanda-tanda akan terjadinya tsunami itu," pungkasnya.


Sumber Artikel: detik.com