Jalur Pendidikan Alternatif: 5 Manfaat Besar Mahasiswa yang Aktif Ikut Kursus

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

08 Maret 2024, 09.51

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Pelajar yang mendapat pelatihan voka
si harus siap memasuki dunia kerja karena keterampilan yang dimilikinya. Selain keterampilan dan kemampuan yang diperoleh dari perkuliahan, mahasiswa juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan dari bidang non-akademik. Sebagai lembaga pendidikan nonformal, Pusat Pembelajaran dan Pelatihan (LKP) telah lama menjadi rujukan bagi mereka yang membutuhkan keterampilan. Hard skill dan soft skill untuk memulai karir atau bisnis. Namun karena status LKP sebagai sekolah nonformal, kursus dan pelatihan seringkali mengabaikan soft skill yang tepat untuk Anda. Bakat dan minat. Selain itu, waktunya juga singkat.

Lima keuntungan mengikuti kursus tersebut terangkum dalam website Direktorat Kualifikasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (21/2 ). /21). 2022) tentang kursus Ada banyak manfaat dari partisipasi dan pendidikan. Ingin tahu apa saja manfaat mengikuti kursus? Silakan lihat informasi berikut:

1. Menambah keterampilan baru

Ada banyak jenis kursus di Indonesia. Terdapat lebih dari 17.000 LKP di Indonesia dengan berbagai keterampilan teknis dan terus berkembang. Keterampilan barista, desain grafis, pemasaran digital, dll. Jadi kamu bisa memilih skill mana yang kamu inginkan.

2. Berteman artinya dengan mengikuti kursus Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama. Maka hubungan Anda akan meningkat secara signifikan. Mungkin lokasi baru di masa depan. Bisa mengenai tawaran pekerjaan atau cara memulai hubungan baru dengan perusahaan.

3. Memiliki kepercayaan diri untuk bersaing di dunia profesional.

Hard skill dan soft skill yang diperoleh dari kursus akan membuat Anda lebih percaya diri saat bersaing di dunia profesional. Selain itu, kursus dan pelatihan yang Anda ikuti akan membantu Anda memasukkan cerita Anda ke dalam resume Anda, yang akan menjadi keuntungan saat melamar pekerjaan.

4. Informasi lebih lanjut

Saat Anda mengikuti kursus, Anda akan mendapatkan pelatihan dari para ahli di bidangnya. Ini akan membuat hatimu lebih kuat. Anda dapat berbicara dan mengeksplorasi keterampilan Anda lebih dalam. Selain itu, Anda akan menemukan berbagai adat dan tradisi yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Pengetahuan dan keterampilan Anda akan tumbuh seiring Anda belajar.

5. Karena pekerjaan di kursus dan pusat pelatihan menjadi lebih praktis, kemampuan pemecahan masalah Anda akan diuji. Jenis pekerjaan apa pun yang perlu dilakukan, baik secara individu atau kelompok, akan meningkatkan kemampuan Anda di berbagai bidang. Butuh modal besar untuk masuk dunia kerja.

Inilah 5 manfaat belajar bagi pelajar. Mengikuti kelas akan membantu Anda menjadi lebih terampil dan dewasa. Oleh karena itu, peluang Anda untuk beradaptasi dengan dunia kerja akan semakin besar.

Disadur dari Artikel : kompas.com