ITS Melangkah ke Era Perkuliahan Hybrid: Uji Coba Tahap Awal Dimulai dengan Mahasiswa Angkatan 2020

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 April 2024, 09.33

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melanjutkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemdikbud Ristek). berlatih Tahap awal rencana perkuliahan tatap muka ditandai dengan dimulainya masa uji coba yang berlangsung pada minggu pembelajaran kesepuluh. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS I Wakil Rektor Prof. Adi Supriyanto mengatakan, proses uji coba ini dilakukan sebagai bahan evaluasi sebelum memperkenalkan kombinasi sistem perkuliahan offline dan online atau biasa disebut hybrid. ITS mengikuti beberapa prinsip dalam menyelenggarakan ujian kuliah hybrid ini.

Ujian kuliah tatap muka

ITS mempertimbangkan beberapa aspek dalam menyelenggarakan ujian kuliah hybrid ini, antara lain:

1. Khusus angkatan 2020, Subarayas

Prof. Adi, pendaftar masa uji coba ini adalah seluruh mahasiswa ITS 2020 yang berdomisili di Surabaya. Mahasiswa angkatan 2020 tersebut terpilih agar bisa menjelajah kampus ITS. “Setelah semester pertama kuliah, mereka belum pernah merasakan suasana belajar di kampus,” kata Prof. Adi mengutip laman ITS, Selasa (18 Mei 2021). Selain dengan menyeleksi mahasiswa asal Surabaya pada masa uji coba, diharapkan dapat meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 dan memudahkan pekerjaan mahasiswa karena tidak perlu mencari asrama.
\ n2. Mengingat jadwal perkuliahan tatap muka dan daring

Untuk sistem tes ini, Prof. Adi, Seluruh pelamar akan diberikan jadwal kuliah tatap muka dan kuliah online di kampus secara bergantian.

3. Konfirmasi kepada orang tua tentang kesehatan mahasiswa, selain itu pihak kampus akan menanyakan kepada orang tua dan wali tentang kesehatan mahasiswa. “Secara undang-undang, siswa tidak terlalu membutuhkan izin orang tua. “Tetapi kami terus menghubungi orang tua dan wali untuk menanyakan statusnya,” tegas Profesor Adi.

4. Terapkan Prokes Ketat

Pada pemeriksaan tatap muka kali ini, ITS menerapkan protokol kesehatan yang ketat. . Salah satunya, pelajar harus menjaga jarak aman antar dirinya

5. Evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan perkuliahan hybrid

Jika masa uji coba yang diberikan dinilai efektif dan lolos sesuai standar terkait kesehatan, maka pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, ITS akan menerapkan perkuliahan hybrid bagi seluruh mahasiswanya. . dari semua departemen. “Tidak ada pengecualian, mulai saat ini mahasiswa dari luar Pulau Jawa juga harus berangkat ke Surabaya”, tambah Prof. Adi Dengan kebijakan tersebut, Prof. Adi berharap semua pihak bisa bekerja sama dengan baik. “Setiap orang harus mampu beradaptasi, dosen harus terus memperbaiki metodologi pengajaran dan mahasiswa harus serius mengikuti perkuliahan”, tegas Prof. Adi.

Sumber: kompas.com