Investasi di Sektor Hulu Migas Meningkat Pesat pada Tahun 2023

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

22 Februari 2024, 10.15

Sumber: ruangenergi.com

Investasi di sektor hulu migas mencapai US$5,7 miliar selama semester I tahun 2023, meningkat 21% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai US$4,7 miliar. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, menyatakan bahwa pertumbuhan ini sangat signifikan dibandingkan dengan pertumbuhan investasi global yang hanya mencapai 5,4%. Hal ini menunjukkan adanya tren positif dalam iklim investasi hulu migas di Indonesia.

Dwi juga menegaskan harapannya bahwa investasi hulu migas akan mencapai US$15,5 miliar pada akhir tahun 2023, meningkat 28% dari realisasi tahun sebelumnya. Ini akan menjadi pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir. Peningkatan investasi ini disebabkan oleh perbaikan sistem fiskal dan kemudahan investasi yang diberlakukan oleh pemerintah. Namun, investor juga menginginkan perbaikan dalam aspek legal dan kontraktual, terutama terkait dengan undang-undang migas.

Meskipun demikian, peningkatan investasi hulu migas masih dihambat oleh beberapa kendala teknis operasional, seperti pengeboran sumur, ketersediaan rig, dan tenaga kerja. Namun, pertumbuhan investasi global di sektor ini diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

Selama semester I tahun 2023, industri hulu migas berhasil mencapai tingkat Reserves Replacement Ratio (RRR) sebesar 52,9% dengan penambahan cadangan sebesar 340 MMBOE. Industri juga telah menyumbang penerimaan negara sebesar US$6,8 miliar. Selain itu, industri telah melakukan penemuan eksplorasi yang menghasilkan total sumber daya sebesar 216 MMBOE.

SKK Migas juga menargetkan 11 proyek hulu migas untuk mulai beroperasi di tahun 2023, yang diharapkan akan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 19.077 BOPD dan 454 MMSCFD. Industri juga telah melakukan langkah-langkah untuk mendukung penurunan emisi karbon, seperti pilot project teknologi Huff and Puff dan inisiasi teknologi CCS-CCUS.

Selain itu, industri juga telah melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam 446 ribu pohon hingga semester I 2023. SKK Migas juga akan melaksanakan kegiatan "one two trees", dimana setiap pekerja industri hulu migas akan menanam 2 pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Terakhir, SKK Migas juga merencanakan penyelenggaraan 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 pada bulan September dengan tema "Advancing Security Through Sustainable Oil and Gas Exploration and Development", yang diharapkan dapat menjadi ajang untuk memajukan kegiatan eksplorasi dan produksi serta mendorong pertumbuhan investasi.

Disadur dari: https://www.skkmigas.go.id/news/semester-i-2023--investasi-hulu-migas-naik-signifikan-XYbXu