Inspirasi Bentuk Gasing Mewarnai Desain Baru Stadion Speed Skating di Beijing

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

04 Maret 2024, 10.42

Sumber: Stadion Ice Ribbon yang dibangun sebagai venue speed skating untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing(Populous Architech)

Populous, sebuah firma arsitek yang berasal dari Amerika Serikat, baru-baru ini menyelesaikan pembangunan stadion "Ice Ribbon" di Beijing, yang akan menjadi tempat untuk ajang Olimpiade Musim Dingin 2022. Stadion ini dijadwalkan akan dibuka untuk umum pada tanggal 4 Februari mendatang dan akan menjadi tempat untuk cabang olahraga speed skating. Populous memenangkan kontes global untuk merancang satu-satunya venue baru untuk Olimpiade Beijing. Sebelumnya, firma ini juga telah merancang stadion kandang untuk Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. Proyek konstruksi ini dipimpin langsung oleh staf dari kantor pusat Populous Asia Pasifik di Brisbane. Nama "Ice Ribbon" terinspirasi oleh bentuk fasad stadion yang menyerupai gulungan pita raksasa yang akan diterangi pada malam hari.

Tiric Chang, Kepala Kantor Perwakilan Populous China, mengungkapkan bahwa desain eksterior stadion ini terinspirasi oleh permainan es tradisional di Beijing yang melibatkan putaran gasing berkecepatan tinggi, serta seni buddhis dari dinasti Tang yang mengilhami tampilan pita cahaya yang mengelilingi bangunan berbentuk oval tersebut. Chang menekankan bahwa desain stadion tidak hanya mencerminkan permukaan es dan bentuk oval, tetapi juga menampilkan gerakan speed skater berkecepatan tinggi. Dalam proses desain, Chang mendorong para arsiteknya untuk berani mengeluarkan ide-ide baru dan menerjemahkannya ke dalam bentuk gambar. Setelah Olimpiade Musim Dingin 2022 selesai, stadion ini direncanakan dapat digunakan sebagai fasilitas publik untuk berbagai kegiatan seperti ice skating, hoki es, dan festival musim dingin.


Disadur darI: https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/01/143000121/stadion-speed-skating-baru-di-beijing-terinspirasi-gasing