Insinyur Kimia: Mendorong Kemajuan dalam Energi, Lingkungan, Kesehatan, dan Inovasi Material

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

24 April 2024, 18.45

Sumber: pixabay.com

Insinyur kimia telah meningkatkan kesejahteraan kita selama lebih dari satu abad. Mulai dari pengembangan chip komputer yang lebih kecil dan lebih cepat hingga inovasi dalam daur ulang, mengobati penyakit, membersihkan air, dan menghasilkan energi, proses dan produk yang telah diciptakan oleh para insinyur kimia telah menyentuh setiap aspek kehidupan kita. Jelajahi halaman-halaman di bawah ini untuk mempelajari banyak kemajuan signifikan yang telah dibuat oleh para insinyur kimia untuk dunia kita. Anda akan belajar tentang pencapaian besar teknik kimia, inovator-inovator yang berani, dan batas-batas baru di bidang energi, lingkungan, biomedis, elektronik, produksi makanan, dan material.

Teknik Kimia Menyentuh Segalanya

Akan memakan waktu terlalu lama untuk membuat daftar semua produk yang dipengaruhi oleh insinyur kimia, tetapi mengetahui industri apa saja yang mempekerjakan mereka dapat membantu Anda memahami ruang lingkup pekerjaan mereka. Insinyur kimia bekerja di bidang manufaktur, farmasi, perawatan kesehatan, desain dan konstruksi, pulp dan kertas, petrokimia, pengolahan makanan, bahan kimia khusus, mikroelektronika, bahan elektronik dan canggih, polimer, layanan bisnis, bioteknologi, serta industri kesehatan dan keselamatan lingkungan, dan masih banyak lagi.

Matematika dan Sains Itu Penting

Dalam industri ini, para insinyur kimia mengandalkan pengetahuan mereka tentang matematika dan sains - khususnya kimia - untuk mengatasi masalah teknis secara aman dan ekonomis. Dan, tentu saja, mereka memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan teknik mereka untuk menyelesaikan tantangan teknis yang mereka hadapi. Namun, jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa insinyur kimia hanya "membuat sesuatu". Keahlian mereka juga diterapkan di bidang hukum, pendidikan, penerbitan, keuangan, dan kedokteran, serta di banyak bidang lain yang membutuhkan pelatihan teknis.

Apa Saja Fungsi Pekerjaan Khusus Insinyur Kimia?

  • Secara khusus, insinyur kimia meningkatkan teknik pemrosesan makanan, dan metode produksi pupuk, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas makanan yang tersedia.
  • Mereka juga membuat serat sintetis yang membuat pakaian kita lebih nyaman dan tahan air; mereka mengembangkan metode untuk memproduksi obat-obatan secara massal, membuatnya lebih terjangkau; dan mereka menciptakan metode yang lebih aman dan lebih efisien untuk memurnikan produk minyak bumi, membuat sumber energi dan bahan kimia menjadi lebih produktif dan hemat biaya.
  • Insinyur kimia juga mengembangkan solusi untuk masalah lingkungan, seperti pengendalian polusi dan remediasi.
  • Dan ya, mereka memproses bahan kimia, yang digunakan untuk membuat atau meningkatkan hampir semua hal yang Anda lihat di sekitar Anda.

Insinyur kimia menghadapi banyak tantangan yang sama dengan yang dihadapi para profesional lainnya, dan mereka menghadapi tantangan ini dengan menerapkan pengetahuan teknis, komunikasi, dan keterampilan kerja sama tim; praktik paling mutakhir yang tersedia; dan kerja keras. Manfaatnya meliputi penghargaan finansial, pengakuan di dalam industri dan masyarakat, dan kepuasan yang didapat dari bekerja dengan proses alam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disadur dari: www.aiche.org