Insinyur Indonesia DiperiksaTerkait Upaya Pencurian Data Jet Tempur KF-21

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

15 Mei 2024, 07.24

Sumber: pexels.com

Dua insinyur Indonesia sedang diselidiki atas kecurigaan bahwa mereka mencoba mencuri teknologi yang terkait dengan jet tempur multirole canggih KF-21, demikian ungkap badan pengadaan senjata negara Korea Selatan pada hari Jumat.

Menurut Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Seoul, para insinyur tersebut ditugaskan untuk bekerja pada proyek KF-21 di Korea Aerospace Industries (KAI), produsen pesawat terbang tunggal di negara itu.

DAPA mengatakan bahwa para insinyur tersebut dicurigai mencoba menyimpan data rahasia dari proyek KF-21 di sebuah perangkat USB. Mereka saat ini dilarang meninggalkan Korea.

“Penyelidikan bersama oleh lembaga-lembaga terkait, termasuk Badan Intelijen Nasional, saat ini sedang berlangsung untuk mengklarifikasi rincian tentang dugaan pencurian teknologi oleh orang Indonesia,” kata seorang pejabat DAPA kepada wartawan.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa penyelidikan difokuskan untuk mengidentifikasi dokumen-dokumen spesifik yang dicuri oleh para insinyur Indonesia.

Dia mencatat bahwa drive USB tersebut sebagian besar berisi dokumen umum yang tidak terkait dengan teknologi strategis yang mungkin melanggar undang-undang tentang rahasia militer atau teknologi pertahanan.

Sumber lain yang mengetahui kasus ini mengatakan bahwa penyelidikan difokuskan pada apakah data yang tersimpan di perangkat USB tersebut termasuk teknologi strategis yang terkait dengan pengembangan KF-21, yang juga dikenal sebagai Boramae.

Para penyelidik juga mencari tahu kemungkinan bahwa para insinyur tersebut memiliki kaki tangan internal, karena akses mereka ke zona-zona tertentu di dalam kompleks KAI dibatasi.

Meskipun Jakarta pada awalnya berjanji untuk membayar 20 persen dari harga proyek KF-21 sebesar 8,8 triliun won ($6,5 miliar), namun saat ini negara tersebut menunggak lebih dari 1 triliun won, dan hanya membayar sekitar 278,3 miliar won sejauh ini.

Seoul berencana untuk memulai produksi jet tempur KF-21 akhir tahun ini dengan tujuan untuk mengerahkan 120 jet tempur KF-21 pada tahun 2032.

Indonesia berencana untuk memproduksi 48 jet tempur KF-21 secara lokal setelah menerima satu prototipe dan data teknis.

Bertujuan untuk menggantikan pesawat tempur supersonik McDonnell Douglas F-4 Phantom II dan Northrop F-5 yang sudah tua, KF-21 dibayangkan sebagai pesawat generasi ke-4,5 yang setara dengan F-16 terbaru namun tidak se-siluman F-35 Lightning II yang dikembangkan oleh Lockheed Martin.

Selama proses pengembangan KF-21, para insinyur Korea melokalkan empat teknologi utama yang diperlukan untuk pesawat tempur siluman asli, tetapi transfernya telah diblokir oleh Amerika Serikat: sistem radar array pemindaian elektronik aktif (AESA), sistem pencarian dan pelacakan inframerah, pod penargetan elektrooptik, dan pengacau frekuensi radio.

Enam prototipe KF-21 hingga saat ini telah berhasil menyelesaikan penerbangan uji coba, dengan prototipe pertama telah mengudara pada Juli 2022. Prototipe keenam dan terakhir menjalani pengujian pada bulan Juni lalu.

Disadur dari: koreajoongangdaily.joins.com