Insiden British Airways 009: Kecelakaan Mesin yang Nyaris Fatal di Udara

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

26 Maret 2024, 15.22

Sumber: id.wikipedia.org

Penerbangan British Airways 009, kadang-kadang disebut dengan panggilan Speedbird 9 atau sebagai insiden Jakarta, adalah penerbangan terjadwal British Airways dari London Heathrow ke Auckland, dengan pemberhentian di Bombay, Kuala Lumpur, Perth, dan Melbourne.

Pada 24 Juni 1982, rute tersebut dioperasikan oleh City of Edinburgh, sebuah Boeing 747-236B yang terdaftar sebagai G-BDXH. Pesawat tersebut terbang ke dalam awan abu vulkanik yang dihasilkan oleh letusan Gunung Galunggung sekitar 110 mil (180 km) di sebelah tenggara Jakarta, Indonesia, yang menyebabkan kegagalan keempat mesinnya. Karena kejadian terjadi pada malam hari, menyembunyikan awan, penyebab kegagalan tidak langsung terlihat oleh awak pesawat atau pengendali lalu lintas udara. Pesawat tersebut dialihkan ke Jakarta dengan harapan bahwa cukup banyak mesin yang dapat dihidupkan kembali untuk memungkinkannya mendarat di sana. Pesawat tersebut keluar dari awan abu dengan melayang, dan semua mesin berhasil dihidupkan kembali (meskipun satu mesin gagal lagi tidak lama setelahnya), sehingga memungkinkan pesawat untuk mendarat dengan aman di Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Anggota awak penerbangan segmen kecelakaan telah naik ke pesawat di Kuala Lumpur, sementara banyak penumpang telah berada di dalam pesawat sejak penerbangan dimulai di London.

Insiden

Pada saat kejadian, awak penerbangan BA009 terdiri dari Senior First Officer Roger Greaves yang berusia 32 tahun, Senior Engineer Officer Barry Townley-Freeman yang berusia 40 tahun, dan Kapten Eric Henry Moody yang berusia 41 tahun. Awak penerbangan naik ke pesawat di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah di Kuala Lumpur dan seharusnya menerbangkan 747-200 untuk rute dari Malaysia ke Bandara Perth.

Tak lama setelah pukul 13:40 UTC (20:40 waktu Jakarta) di atas Samudra Hindia, di selatan Jawa, awak pertama kali melihat efek yang tidak biasa pada kaca depan yang mirip dengan api St. Elmo, saat Moody menuju ke toilet. Meskipun radar cuaca menunjukkan langit cerah, awak mengaktifkan anti-icing mesin dan lampu sabuk pengaman penumpang sebagai tindakan pencegahan.

Saat penerbangan berlangsung, asap mulai mengumpul di kabin penumpang pesawat; awalnya diasumsikan sebagai asap rokok. Namun, segera asap itu mulai menjadi lebih tebal dan memiliki bau belerang. Penumpang yang memiliki pandangan mesin pesawat melalui jendela mencatat bahwa mesin-mesin tersebut berwarna biru terang yang tidak biasa, dengan cahaya bersinar ke depan melalui baling-baling dan menghasilkan efek stroboskopik.

Sekitar pukul 13:42 UTC (20:42 waktu Jakarta), mesin nomor empat Rolls-Royce RB211 mulai mengalami surging dan segera padam. Awak penerbangan segera melakukan prosedur pemadaman mesin, dengan cepat memotong pasokan bahan bakar dan mengaktifkan pemadam kebakaran. Kurang dari satu menit kemudian, pada 13:43 UTC (20:43 waktu Jakarta), mesin kedua kembali melonjak. Dalam hitungan detik, mesin 1 dan 3 mati hampir bersamaan, dan teknisi penerbangan berkata, "Saya tidak percaya, keempat mesin mati!" Tanpa daya dorong mesin, 747-200 memiliki rasio roda gigi sekitar 15:1. Artinya setiap kilometer jatuh, Anda bisa melompat ke depan sejauh 15 kilometer. Pilot dengan cepat menentukan bahwa pesawat tersebut dapat terbang selama 23 menit di ketinggian 37.000 kaki (11.000 meter) dan menempuh jarak 91 mil laut (169 km). Pada 13:44 UTC (20:44 waktu Jakarta), Greaves mengumumkan keadaan darurat kepada otoritas pengatur lalu lintas udara setempat dan mengatakan empat mesin rusak. Namun pihak Pemda DKI salah memahami pernyataan tersebut dan menafsirkan hanya mesin nomor 4 yang mati. Pengumuman darurat tersebut langsung diketahui otoritas penerbangan setelah maskapai Garuda Indonesia mengirimkan pesan tersebut. Meskipun awak pesawat "mengatur" kontrol darurat pada 7700, kontrol lalu lintas udara tidak menemukan 747 di layar radar mereka.

Banyak penumpang menulis catatan kepada anggota keluarga karena takut mati.

gunung tinggi dekat Indonesia atau pantai selatan pulau jawa, harus setinggi 3.500 meter untuk melintasi pantai. Pilot memutuskan bahwa jika pesawat tidak dapat mempertahankan ketinggian hingga 3.700 meter (12.000 kaki), mereka akan kembali ke laut dan mencoba mendarat dari Samudera Hindia. Para kru memulai prosedur menghidupkan ulang mesin pada ketinggian 8.500 m (28.000 kaki), meskipun di luar kisaran ketinggian menghidupkan ulang mesin yang direkomendasikan. Upaya untuk memulai kembali penerbangan tidak berhasil.

Meskipun waktu terbatas, Moody mengirimkan pesan berikut kepada penumpang, yang ia gambarkan sebagai "pernyataan yang sangat meremehkan". Saat tekanan kabin turun, masker oksigen turun dari langit-langit. Ganti penyedot debu. Namun dalam perkelahian tersebut, topeng Greaves rusak. Pipa pengiriman terpisah dari bagian lainnya.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com