Inovasi Quantum Terbaru yang Bakal Mentransformasi Kehidupan Sosial

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

27 Maret 2024, 08.54

Sumber: freepik.com

Teknologi kuantum generasi baru, yang sering disebut sebagai Revolusi Kuantum Kedua, menghadirkan potensi yang luar biasa untuk mengubah dinamika kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Dari perangkat komunikasi kuantum hingga komputer kuantum yang dapat diakses oleh masyarakat, terobosan dalam teknologi ini semakin menjadi sorotan.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu pusat inovasi yang aktif dalam mengembangkan teknologi kuantum. Profesor Andriyan B Suksmono, seorang ahli di bidangnya, telah lama tertarik pada potensi teknologi kuantum. Bahkan, ketertarikannya ini sudah muncul sejak masa studi S3 di University of Tokyo, di mana ia ingin fokus pada penelitian informasi kuantum.

Pada tahun 2021, ITB mendirikan QLAB-STEI, sebuah laboratorium yang mengkhususkan diri dalam penelitian terkait teknologi kuantum generasi kedua. Meskipun masih dalam tahap awal, beberapa kegiatan riset telah dimulai, termasuk pengembangan algoritma kuantum untuk pemecahan masalah optimasi dan quantum machine learning.

Menyikapi perkembangan ini, Prof. Andriyan menyatakan bahwa meskipun studi teknologi kuantum telah mendesak, upaya-upaya di tanah air masih terbatas pada beberapa lembaga penelitian dan perguruan tinggi. Namun, ia optimis bahwa pemerintah akan segera memberikan perhatian lebih terhadap teknologi ini, mengingat dampak besar yang dapat dihasilkannya bagi masyarakat.

Komputasi kuantum menjanjikan kemampuan untuk memecahkan masalah optimasi dengan lebih efisien, merancang material baru, dan mempercepat penemuan obat. Dengan perkembangannya yang cepat, negara diharapkan untuk siap mengantisipasi dan mengambil inisiatif dalam penyebaran teknologi kuantum, sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

Revolusi kuantum kedua diprediksi akan membuka jendela menuju berbagai kemungkinan baru yang akan meningkatkan kualitas hidup manusia secara signifikan. Dengan demikian, penting bagi kita untuk terus mengikuti dan mendukung perkembangan teknologi ini demi masa depan yang lebih baik.

 

Disadur dari: www.itb.ac.id