Inovasi di Bidang Energi dan Manufaktur Mendorong Kekuatan Ekonomi dan Daya Saing Internasional

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

12 Maret 2024, 10.48

Sumber: minio.brin.go.id

BRIN Dorong Inovasi Energi dan Manufaktur untuk Mendukung Indonesia Emas 2045.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, khususnya dalam sektor energi dan manufaktur. Langkah ini merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk mengoptimalkan potensi riset dan inovasi guna mencapai ketahanan ekonomi dan daya saing global. Melalui berbagai program penelitian yang didukung BRIN, para peneliti dan inovator Indonesia didorong untuk mengembangkan solusi inovatif di bidang energi dan manufaktur. Tujuan utamanya adalah memberikan kontribusi signifikan terhadap terciptanya industri yang berkelanjutan dan efisien, sejalan dengan pembangunan berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Seri Webinar ENMA dengan tema "Energi". Acara ini diselenggarakan oleh Organization for Research in Energy and Manufacturing (OREM), yang bergerak dalam berbagai penelitian dan inovasi di bidang energi dan manufaktur. Webinar tersebut merupakan wadah untuk akuntabilitas, menerima masukan dari masyarakat, dan membina kolaborasi antara lembaga penelitian energi dan manufaktur dengan pemangku kepentingan terkait.

Dalam webinar tersebut, Direktur Pusat Penelitian Industri Proses dan Teknologi Manufaktur (PR TIPM), Heng Saputra, menjelaskan bahwa PRTIPM telah membentuk 16 kelompok penelitian yang mencakup berbagai aspek seperti bahan bakar, petrokimia, rantai pasok, dan teknologi manufaktur. Komitmen PRTIPM adalah menjadi pionir dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju.

Selanjutnya, Direktur Pusat Penelitian Konversi dan Konservasi Energi (PR KKE), Chuk Supriyadi, menyoroti penelitiannya tentang optimalisasi sistem energi, energi terbarukan, dan konservasi energi. PR KKE berupaya menciptakan solusi efektif melalui kerja sama yang berkelanjutan.

Di sisi lain, Direktur Pusat Penelitian Teknologi Pengujian dan Standar (PR TPS), Teguh Muttaqie, menghadapi tantangan terkait tren, transisi, dan krisis energi. PR TPS menekankan pentingnya mengembangkan sistem manajemen energi yang responsif terhadap standar teknis dan kebutuhan energi yang terus berkembang. Dalam semangat "Indonesia Emas 2045", BRIN berkomitmen untuk menjadi katalis utama dalam terbentuknya ekosistem inovasi yang inklusif. BRIN berperan sentral dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara maju dan berdaya saing global.


Disadur dari: www.brin.go.id