Inilah 3 Negara Produsen Tekstil Terbesar di Dunia, China Urutan 1

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

04 Agustus 2022, 16.09

www.trenasia.com

JAKARTA - China sebagai negara industri dengan penduduk terbanyak di dunia sampai saat ini masih menjadi produsen tekstil terbesar di dunia. Meski ada pasang surutnya, industri tekstil menjadi industri yang tak lekang waktu dan tak pernah gagal total sebab bagaimanapun tekstil merupakan kebutuhan primer manusia. Laporan terbaru dari Grand View Research Inc menyebutkan, pasar tekstil global diperkirakan akan mencapai USD1.420,3 milyar pada tahun 2030.

Pertumbuhan pasar antara lain didorong oleh meningkatnya level awareness konsumen dan tren di industri fashion yang berubah dengan cepat. Pada tahun 2021, Asia Pasifik muncul sebagai pasar regional terbesar sebab kehadiran negara-negara penghasil bahan baku yang besar seperti China, India, Australia, dan Jepang.

Berkaitan industri tekstil di dunia, China semenjak lama sudah menjadi global leader dan menguasai lebih dari 50 persen produksi tekstil dunia pada tahun 2014.

 

Berikut inilah 3 negara yang menjadi produsen tekstil terbesar di dunia merujuk data tahun 2020, dirangkum SINDOnews dari laman BizVibe dan Statista:

  1. China

China merupakan produsen tekstil terbesar di dunia dengan output mencapai 52,2 persen dari produksi tekstil global tahun 2019. Dengan pertumbuhan pesat selama 2 dekade terakhir, industri tekstil China sudah menjadi salah satu pilar utama perekonomian Negeri Tirai Bambu. Skala bisnis tekstil membuat mereka ekonomis.

Biaya rendah dan ketersediaan tenaga kerja yang besar, berkurangnya hambatan perdagangan, serta pasokan bahan yang kuat, adalah sederet keunggulan kompetitif yang ditawarkan negara berpenduduk 1,4 milyar jiwa itu. Berkaitan pasokan bahan, pada tahun 2017 saja China memproduksi sekitar 79 milyar meter kain dan 5,99 juta metrik ton kapas pada 2017/2018. Bila dilihat secara bulanan, data Statista terbaru menyebutkan, pada April 2022 sekitar 3,23 milyar meter kain pakaian diproduksi di China.

  1. India

India merupakan produsen tekstil terbesar kedua di dunia dalam hal volume produksi, dengan pangsa 6,9 persen dari produksi tekstil global tahun 2019. Industri tekstil India nilainya diperkirakan mencapai USD 250 milyar pada 2019. Menurut laporan IBEF, industri tekstil Negara Bollywood menyumbang 7 persen dari output industri pada 2018/2019.

Ini berkontribusi 2 persen terhadap PDB India dan mempekerjakan lebih dari 45 juta orang pada 2018/2019. Sektor inipun berkontribusi 15 persen terhadap pendapatan ekspor India pada 2018/2019. Beberapa perusahaan manufaktur tekstil terbesar di Negara Anak Benua antara lain Arvind Ltd, Vardhman Textiles Ltd, Welspun India Ltd, Raymond Ltd dan Trident Ltd.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) menduduki peringkat ketiga dalam daftar negara produsen tekstil terbesar di dunia, dengan output 5,3 persen dari produksi tekstil global tahun 2019. Berkat produktivitas, fleksibilitas, dan inovasinya, AS terus menjadi salah satu produsen tekstil terbesar di dunia.

Negara adidaya ini adalah produsen dan pengekspor bahan baku tekstil yang kompetitif secara global, mulai dari kain, benang, pakaian, perabotan rumah tangga, dan produk tekstil lainnya. Mengutip data US National Council of Textile Organizations (NCTO), nilai total pengiriman serat dan filamen, tekstil, serta pakaian jadi buatan AS berjumlah sekitar USD 76,8 milyar pada tahun 2018, naik dari USD 73 milyar dalam output pada tahun 2017. Kekuatan tekstil AS terutama pada kain non-tenunan, kain khusus dan industri, tekstil medis dan baju pelindung.

 


Disadur dari sumber ekbis.sindonews.com

Artikel lainnya