Ini Perlunya Sertifikat Kompetensi Bagi Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Admin

12 April 2024, 04.35

Sumber: lsp.umy.ac.id

Biasanya lulusan sarjana hanya menerima ijazah dan transkrip nilai. Bahkan, mahasiswa juga harus mendapat Surat Keterangan Ijazah (SKPI). Cara yang paling tepat untuk memasuki dunia kerja SKPI adalah dengan sertifikat kualifikasi. Bukan sembarang sertifikat, ini adalah sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Contohnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki LSP yang memegang sertifikat tersebut. mahasiswa UMY dan mengembangkan serta mengevaluasi sistem kualifikasi melalui SKKNI.

Berikut fakta-fakta menarik untuk memahami sertifikat kompetensi.

1. Menyelenggarakan ujian sertifikasi yang terlisensi BNSP.

Sertifikasi kualifikasi kerja merupakan pengakuan terhadap pegawai yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang memenuhi kualifikasi kerja yang dipersyaratkan. Dengan demikian, sertifikat kualifikasi menjamin kehandalan tenaga kerja (pemegang sertifikat) dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaannya.

2. Ada tujuh skema ujian yang terus akan bertambah.

LSP UMY menguji tujuh ujian. Sistem ini berasal dari beberapa program pembelajaran yang terus berkembang. Harapannya semua kurikulum mempunyai sistem sertifikasi.

3. Lulus kuliah dapat sertifikat kompetensi.

selanjutnya para lulusan juga akan mendapatkan ijazah, dengan bantuan LSP UMY mahasiswa dapat memperoleh sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP. Dengan bantuan sertifikat kompeteni kerja, para mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam dunia kerja.

Disadur dari: lsp.umy.ac.id