Ingin Kuliah Jurusan Teknik Elektro? Berikut 5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.29

jogjaasik.com

JAKARTA - Jurusan Teknik Elektro terbaik tersedia di beberapa perguruan tinggi negeri . Jurusan ini menjadi salah satu yang diminati masyarakat sebab mempunyai peluang kerja menarik dan terbuka luas di berbagai bidang.

Mahasiswa jurusan Teknik Elektro akan mempelajari sifat-sifat elektron (listrik) beserta aplikasi dan teknologi yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini berkaitan erat pula dengan konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

LulusanTeknik Elektro mempunyai prospek kerja menarik dan luas sebab hampir semua sektor membutuhkan keahliannya. Laman Fakultas Teknik Elektro UGM menjelaskan, mahasiswa dengan gelar insinyur Teknik Elektro dibutuhkan oleh industri dalam dan luar negeri.

Sementara laman ITB menyebutkan, lulusan Teknik Elektro ITB sudah banyak memperoleh pula pekerjaan di berbagai sektor perekonomian. Seperti, interactive & digital media, digital & wireless communications, embedded system, electronics industry, intelligent system, IC Design & manufacturing, manufacture, internet technology, multimedia, signal processing, control & automation, energy systems, oil & gas industry, dan biomedical engineering.

Bagi teman-teman yang tertarik ingin masuk jurusan Teknik Elektro, inilah 5 rekomendasi perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan tersebut dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT)

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Prodi Teknik Elektro merupakan salah satu prodi tertua di UGM bahkan di Indonesia. Ilmu Teknik Elektro yang mencakup Teknik Tenaga Listrik, Teknik Kendali dan Instumentasi, Robotika dan Automasi, Isyarat (signal) dan sistem, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan perangkat keras terus berkembang seiring peradaban manusia yang menjadi puncak-puncak teknologi di setiap masa.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Pendidikan tinggi Teknik Elektro (Elektro Teknik) di Indonesia diawali dengan Laboratorium Listrik di Technische Hooge-school te Bandoeng pada tahun 1942, berlanjut di tahun 1944 dengan pendidikan Denki Kikaika (bagian Listrik & Mesin) sebagai bagian dari Kogyo Daigaku. Program pendidikan Elektro Teknik di ITB dimulai tahun 1947. Program Studi Teknik Elektro di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB mempunyai staf pengajar yang terhormat dalam setiap bidang keahliannya baik dalam pendidikan maupun penelitian.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Jurusan Teknik Elektro yang telah terakreditasi A ini ialah salah satu Jurusan terbesar di ITS. Sejak berdiri tahun 1960, Teknik Elektro ITS telah menjalin kerjasama pengembangan staff, pendidikan dan riset dengan institusi internasional di antaranya dengan: - Eindhoven Univ - the Netherlands (1965-1970 dan 1990-1993) - Saga University - Japan (2003-2006) - Oulu Univ - Finlandia (2006) - Kumamoto Univ dan beberapa Univ di Japan (2006-2010) - Hochschule Darmstadt Univ - Germany (2006 - now) - Fontys Univ - the Netherlands (2007 - now)

  1. Universitas Brawijaya

Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya berdiri bulan Oktober tahun 1978. Pendirian Jurusan Teknik Elektro merupakan visi Prof. Ir. Suryono (Alm), yang saat itu menjabat Pemimpin Proyek Brantas, sekaligus Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, dan Prof. Ir. Sutami (Alm), selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL). Mereka melihat suatu peluang yang amat besar bagi pengembangan bidang kelistrikan. Program studi Teknik Elektro UB untuk jenjang S1 meraih akreditasi Unggul dan untuk jenjang S2nya akreditasi A yang tercatat di laman BAN-PT.

  1. Universitas Diponegoro

Teknik Elektro Undip untuk jenjang S1 kini meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT sementara jenjang S2 dan D3nya meraih akreditasi B. Program studi ini berdiri sejak 1982 dengan adanya SK No. 158/SK/PT09/1982, tanggal 6 Desember 1982, tentang Pembukaan Program Studi Strata 1 (S-1) Teknik Elektro dan Teknik Mesin.


Disadur dari sumber edukasi.sindonews.com