Infrastruktur Baru Kolam Retensi Andir dan Polder: Langkah Tepat Pengendalian Banjir Bandung Selatan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

16 April 2024, 10.23

Sumber: kompas.com

Bandung, Kompas.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Cekungan Andir dan empat polder di Provinsi Bandung sebagai bagian dari upaya pengendalian banjir di selatan Provinsi Bandung. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pencegahan Pencemaran dan Pengendalian Pencemaran di Sungai Citarum.

Didesain oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, salah satu departemen tata air, Tambak Andir memiliki luas tangkapan 149 hektar dan tampungan 160.000 m3. Waduk ini digunakan untuk menampung dan memompa banjir yang terjadi di wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah.

Saat itu dibangun empat polder yaitu polder Ciparai, polder Bojongsoang, polder Silni dan juga polder Lanchaek untuk mencegah banjir di sekitar Sungai Citarum. Polder adalah sistem pengelolaan air yang terdiri dari bendungan, katup, dan pompa.

Diharapkan dengan adanya bangunan pendukung ini dapat mengurangi permasalahan banjir di Bandung Selatan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain Bendungan Andir dan empat polder di kawasan Bandung, Kementerian PUPR juga membangun empat polder di sekitar Sungai Citarum untuk mencegah banjir. Keempat polder tersebut adalah polder Cipalasari-1, polder Cipalasari-2, polder Cijambe, dan polder Cisangkuy.

Polder adalah sistem pengelolaan air yang terdiri dari bendungan, bendungan dan pompa. Polder Cipalasari-1 dan Polder Cipalasari-2 memiliki luas 22 dan 21 hektare serta memiliki kapasitas tampung yang sama yakni 1.250 meter kubik. Polder Cijambe memiliki daerah tangkapan air terluas yaitu 137 hektare dan memiliki kapasitas tampung yang sama dengan dua polder sebelumnya.

Lanskap yang dipulihkan ini akan mengurangi dampak banjir di sekitar Sungai Citarum, sumber air utama masyarakat Jawa Barat.

Proyek Citarum Harum yang bertujuan untuk mengendalikan banjir dan pencemaran di Sungai Citarum dilaksanakan melalui kolaborasi multipihak. Salah satu bangunan yang dibangun dalam proyek ini adalah polder Cisangkuy dan kolam retensi Cieunteung.

Polder Cisangkuy memiliki luas daerah tangkapan air 8 hektar dan kapasitas tampung 450 m3. Luas kolam Waduk Xientong adalah 4,75 hektar dan volume tampungan 190.000 m3. Bangunan-bangunan ini memiliki dua fungsi untuk menampung dan mengurangi banjir yang sering terjadi di wilayah selatan Bandung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memuji proyek tersebut sebagai contoh keberhasilan proyek Harum Citarum. Struktur ini diharapkan dapat membantu masyarakat terhindar dari dampak negatif banjir.

Disadur: kompas.com