Industri Otomotif di Indonesia

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

25 April 2024, 09.02

Sumber: Wikipedia

Industri otomotif di Indonesia memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara, dengan kontribusi sebesar 10,16 persen dari PDB. Ekspor produk otomotif Indonesia saat ini lebih tinggi nilainya daripada impornya. Pada tahun 2017, Indonesia merupakan produsen kendaraan penumpang terbesar ke-17 di dunia dan produsen kendaraan penumpang terbesar ke-5 di Asia, dengan memproduksi 0,98 juta kendaraan.

Sebagian besar kendaraan yang dibuat di Indonesia berasal dari merek asing, terutama Jepang, dan diproduksi di dalam negeri melalui pabrik patungan dengan mitra lokal atau pabrik yang dimiliki sepenuhnya. Meskipun manufaktur penuh dengan persentase komponen lokal yang tinggi di dalam negeri biasanya lebih disukai oleh para produsen dan didorong oleh pemerintah, beberapa pabrik di dalam negeri juga melakukan perakitan CKD. Impor CBU mobil baru di negara ini juga diperbolehkan sejak tahun 1999 dengan tarif impor yang cukup ringan, meskipun tidak dianjurkan oleh pemerintah.

Indonesia sebagian besar memproduksi MPV mini atau kompak (52 persen dari total produksi), SUV, dan truk pikap ringan di bawah satu ton. Pada tahun 2019, sebanyak 26 persen dari hasil produksinya diekspor. Sekitar 7,2 persen dari total penjualan mobil di Indonesia terdiri dari kendaraan impor, terutama dari Thailand, Jepang, India, dan pada tingkat yang lebih rendah, Korea Selatan.

Sebagian besar produsen mobil di Indonesia (termasuk produsen mobil penumpang dan produsen truk komersial) adalah anggota dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Karakteristik

Secara tradisional, Indonesia adalah pasar yang sangat berorientasi pada mobil Jepang seperti kebanyakan negara tetangga di Asia Tenggara. Namun, ketika pasar Asia Tenggara lainnya lebih memilih sedan kompak, pasar mobil Indonesia memiliki preferensi yang kuat terhadap MPV tiga baris. Pada tahun 2019, 96,3 persen mobil dan truk yang dijual di Indonesia berasal dari merek Jepang. Persentase ini bahkan lebih tinggi dari proporsi merek Jepang di Jepang sendiri yang mencapai 90 persen. Pada tahun yang sama, sekitar 550.000 mobil atau 68 persen dari mobil penumpang yang terjual di Indonesia terdiri dari MPV, crossover, dan SUV yang dilengkapi dengan tiga baris kursi. Persentase tersebut merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Sebagai contoh, pada tahun 2006, model-model seperti Toyota Avanza (16,4%), Toyota Kijang Innova (14,6%), Daihatsu Xenia (7,4%), dan Suzuki Carry/Futura (7,3%) memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi. Sepuluh model terlaris terdiri dari hampir 73 persen dari penjualan domestik kendaraan pada tahun 2006.

Pabrikan Jepang, Toyota, telah memimpin pangsa pasar di Indonesia selama beberapa dekade sejak awal tahun 80-an. Meskipun demikian, pabrikan terbesar di Indonesia adalah Daihatsu karena beberapa model bermerek Toyota yang populer yang dijual di Indonesia dikembangkan dan diproduksi oleh Daihatsu, yang sepenuhnya dimiliki oleh Toyota sejak tahun 2016. Anak perusahaannya, Astra Daihatsu Motor (ADM) mengoperasikan beberapa pabrik yang mampu memproduksi total 530.000 mobil per tahun. Sekitar 2 dari 5 mobil yang dijual di Indonesia diproduksi oleh ADM.

Selain karena konsumen Indonesia menginginkan mobil yang besar untuk membawa seluruh anggota keluarga, popularitas MPV atau mobil tiga baris secara umum dapat dijelaskan oleh peraturan dan budaya mobil yang mengikutinya. Ketika larangan impor mobil secara menyeluruh pada 22 Januari 1974 melalui Keputusan No. 25/74 diberlakukan, pemerintah Indonesia juga memberlakukan skema pajak yang membuat truk pikap dan minibus dengan gaya bak terbuka bebas dari pajak barang mewah, sementara mobil sedan dikenakan pajak barang mewah 100%. Akibatnya, sedan dengan ukuran berapa pun menjadi kendaraan tipe mewah bagi sebagian besar konsumen, sementara minibus menjadi lebih populer, meskipun pada saat itu, terlepas dari kepraktisannya yang alami, cenderung kurang nyaman untuk dikendarai atau ditumpangi. Akibatnya, tidak seperti negara-negara tetangganya di Asia Tenggara yang lebih memilih sedan kompak, konsumen Indonesia lebih banyak membeli MPV tiga baris.

Menurut GAIKINDO, 82 persen dari penjualan mobil nasional pada tahun 2018 dikontribusikan oleh pulau Jawa. Pada tahun 2017, provinsi Jawa Barat menyumbang 19,6 persen dari penjualan mobil nasional dengan jumlah sekitar 207.000 kendaraan, DKI Jakarta 19,3 persen, dan Jawa Timur 13,1 persen.

Sejarah

Kendaraan bermotor pertama yang tiba di Indonesia dilaporkan adalah sepeda motor dua silinder Hildebrand & Wolfmüller dari Jerman, yang dibawa oleh warga Inggris, John C Potter, yang bekerja sebagai masinis di Pabrik Gula Oemboel di Probolinggo, Jawa Timur. Mobil pertama tiba tak lama kemudian, sebuah Benz Viktoria 1894 milik Pakubuwono X, Susuhunan Surakarta.

Produksi mobil lokal dimulai pada tahun 1964, awalnya dengan perakitan SKD untuk mobil impor dan kendaraan komersial.

Program pemerintah

Sejak tahun 1969, Rencana Pembangunan Industri Nasional ditujukan untuk menggantikan impor di semua bidang manufaktur. Serangkaian undang-undang diberlakukan pada tahun-tahun berikutnya untuk menciptakan situasi ini, yang memengaruhi mobil penumpang serta kendaraan komersial. Pembatasan impor kendaraan CBU secara bertahap diberlakukan, hingga akhirnya mencapai pelarangan total pada tahun 1974. Program pelokalan dimulai dengan Surat Keputusan No. 307 tahun 1976, yang kemudian diikuti oleh peraturan-peraturan lain yang dirancang untuk meminimalkan dampak buruknya. Mulai tahun 1980, peraturan baru juga diberlakukan untuk menghambat perluasan merek, dengan pemerintah membatasi perakitan lokal untuk 71 model dari 42 merek yang berbeda. Semua perakit dan agen dipaksa untuk masuk ke dalam delapan kelompok terpisah yang memproduksi segala sesuatu kecuali mesin. Mesin harus dipasok oleh perusahaan yang terpisah. GAAKINDO, yang sebagian besar terdiri dari perusahaan-perusahaan kecil milik pribumi, menentang program-program ini dan juga memiliki seorang pemimpin yang sangat anti-Cina dari tahun 1981 hingga 1984. Perusahaan-perusahaan yang paling mendukung lokalisasi adalah perusahaan-perusahaan besar Tionghoa seperti Grup Liem dan PT Astra Motor.

Pada tahun 1981, Pemerintah menyatakan bahwa tidak ada mesin yang dibuat di Indonesia yang memiliki kapasitas kurang dari satu liter pada tahun 1985. Akibatnya, produsen mikrovan dan truk lokal bergegas memasang mesin yang lebih besar. Daihatsu dan Suzuki telah memproduksi mesin yang sesuai untuk kendaraan lain, tetapi Mitsubishi tidak dan menggunakan mesin Daihatsu selama beberapa tahun, sementara Honda menarik diri dari segmen mini pick-up/mikrovan. Pada bulan Oktober 1982, PPN untuk kendaraan diesel tertentu dinaikkan secara dramatis. Sedan dan station wagon diesel, serta kendaraan off-road diesel, dikenakan PPN sebesar 40 persen, sementara kendaraan komersial ringan (Kategori 1) dalam bentuk truk kecil, pickup, dan van penumpang dikenakan PPN sebesar 20 persen. Beberapa pengamat memperkirakan hal ini akan menjadi akhir dari kendaraan diesel di Indonesia.

Mobil Hemat Energi dan Harga Terjangkau (Low Cost Green Car)

Pada tahun 2007, Pemerintah Indonesia mengumumkan serangkaian insentif pajak yang dimaksudkan untuk membantu mengembangkan "Low Cost Green Car" (LCGC) sebagai mobil rakyat Indonesia. Aturan awal mensyaratkan harga yang rendah, ditetapkan lebih rendah untuk penduduk desa, efisiensi bahan bakar minimal 20 km/L (56 mpg-imp; 47 mpg-AS), dan setidaknya 60 persen kandungan dalam negeri. Beberapa proyek telah diperlihatkan namun tidak ada yang berhasil masuk ke pasar, dan pada bulan Mei 2013 seperangkat peraturan baru dikeluarkan, yang berarti pajak barang mewah 0% untuk mobil di bawah 1.200 cc (1.500 cc untuk mesin diesel) selama mereka dapat mencapai target jarak tempuh 20 km/L yang sama. Pajak barang mewah adalah antara 50 dan 75 persen untuk kendaraan yang lebih besar dan kurang hemat bahan bakar.

Mendorong produksi lokal

Indonesia memungut pajak impor sebesar 10% untuk mobil-mobil mewah yang diimpor dari luar negeri, sementara tarif impor untuk mobil-mobil yang diimpor dari luar kawasan perdagangan bebas saat ini sebesar 50%.

Asosiasi

Dari tahun 1969 hingga 1975, agen tunggal dan perakit diwakili oleh kelompok-kelompok yang terpisah, GAM (Gabungan Assembler Mobil) dan GAKINDO. Pada tahun 1972, pemerintah menetapkan bahwa para perakit dan agen dikonsolidasikan dan sejak tahun 1975, industri ini diwakili oleh kelompok perdagangan GAAKINDO (Gabungan Agen dan Perakit Kendaraan Bermotor Indonesia). Pada paruh pertama tahun 1980-an, GAAKINDO merupakan penentang keras program pelokalan pemerintah. Pada tahun 1985, kelompok ini dikonsolidasikan kembali ke dalam sebuah organisasi baru yang disebut GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Produsen

Pabrikan yang dominan di Indonesia adalah Astra International, yang secara tidak langsung dikendalikan oleh Jardine Matheson; produk mereka mewakili sekitar setengah dari penjualan kendaraan tahunan di Indonesia pada awal tahun 2010 - sebagian besar berkat kesuksesan Toyota Kijang.

Sebagian besar mobil yang dijual di Indonesia berasal dari Eropa; pada tahun 1950-an, mobil yang paling populer adalah Morris dan Austin. Impor Jepang dimulai dalam skala kecil pada tahun 1959 dengan truk Mitsubishi Jupiter, tetapi pada tahun 1970-an, hal ini telah berubah drastis karena Jepang mengambil pangsa pasar yang semakin besar. Mobil Jepang pertama kali diimpor oleh pemerintah pada tahun 1961 sebagai armada untuk koperasi di seluruh Indonesia. Mobil tersebut adalah Toyota Land Cruiser Canvastop. Alasan utama pemilihan Toyota adalah harganya yang murah dibandingkan dengan Land Rover yang dinominasikan. Pada tahun yang sama, A.H. Budi, pendiri jaringan dealer Nasmoco Toyota di Jawa Tengah membeli Toyopet Tiara dari seorang importir di Jakarta. Terkesan dengan kualitas mobil tersebut, Budi mendirikan PT Ratna Dewi Motor Coy untuk menjual mobil Toyota.

Peristiwa Malari pada Januari 1974 dimulai sebagai protes terhadap praktik perdagangan Jepang dan termasuk pembakaran sebuah dealer Toyota, namun penjualan mobil Jepang mencapai titik tertinggi setelahnya. Pada tahun 1980, dari 181.100 pendaftaran baru, 88,5 persen berasal dari Jepang.

Distribusi dan manufaktur

Di Indonesia, hak impor, pemasaran, distribusi, dan layanan purna jual dari merek-merek asing biasanya dipegang oleh perusahaan-perusahaan yang disebut ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). ATPM dapat dimiliki oleh perusahaan asing atau lokal, dengan beberapa perbedaan dalam hal persyaratan dan ruang lingkup perizinan. Perusahaan asing, misalnya, tidak boleh menjual langsung ke konsumen Indonesia (keagenan), meskipun distribusinya dapat dikendalikan oleh pihak asing. ATPM dapat melakukan produksi di bawah lisensi, atau mengontrakkan produksi kepada pihak ketiga (dengan persetujuan prinsipal), atau hanya bertindak sebagai distributor dan pengecer. Dalam kasus kendaraan berbadan khusus, seperti angkot yang ditawarkan oleh banyak karoseri (karoseri, dari bahasa Belanda carrosserie), ATPM juga memiliki hubungan dengan perusahaan tertentu dan sering kali menjual desain mereka melalui ruang pamer mereka sendiri.

Produsen aktif

BMW

NV Spemotri adalah importir utama sepeda motor BMW selama tahun 1950-an; mereka terutama mendatangkan R25, R26, dan R27 satu silinder 250cc. Beberapa BMW 700 diimpor ke Indonesia oleh NV Spemotri pada awal 1960-an; Grup Salim memegang hak impor hingga mereka menjual konsesi kecil tersebut kepada Grup Astra pada akhir 1970-an. Astra menjual BMW melalui anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PT Tjahja Sakti Motor. BMW pertama yang dirakit secara lokal adalah 520/4, yang dikirim secara CKD dan dibangun di Jakarta oleh PT Indonesia Service Coy. 780 E12 dirakit dari tahun 1976 hingga 1981, dengan 520/6 menggantikan mesin empat silinder pada tahun 1978. Indonesia Service Coy kemudian membangun model E28, E30, E36, dan E34, hingga perakitan diambil alih oleh perusahaan PT Gaya Motor pada tahun 1993.

Pada April 2001, BMW memiliki perusahaan grosir mereka sendiri di Indonesia, PT BMW Indonesia, meskipun Astra terus merakit mobil BMW melalui PT Gaya Motor. Perakitan saat ini hanya terbatas pada mobil-mobil semi-kompleks, sementara sisanya tersedia dalam bentuk CBU.

Daihatsu

Pada tahun 1970-an dan 1980-an, PT Daihatsu Indonesia mendistribusikan Daihatsu, sementara perakitan dilakukan oleh Gaya Motor - kedua perusahaan berlokasi di Jakarta Utara. PT Daihatsu Indonesia adalah perusahaan patungan antara perusahaan induk Jepang (30%) dan PT Astra International (70%), sedangkan PT Gaya Motor adalah perusahaan patungan antara pemerintah Indonesia, PT Astra International, PT Multi France, dan PT Multi Astra. Gaya Motor adalah perakit umum dan juga membuat mobil Peugeot dan Renault di awal tahun 1980-an. Hijet dari Daihatsu sangat populer di Indonesia, terutama setelah mesin satu liter yang lebih besar dari Charade diperkenalkan - satu dari delapan kendaraan roda empat yang dibuat di Indonesia pada tahun 1983 adalah Hijet.

Pada tahun 2003, Daihatsu melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan proyek bersama dengan Toyota yang melahirkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kedua mobil ini dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Sebagai MPV entry-level, mobil ini melengkapi peran Toyota Kijang, menawarkan kemampuan yang sama dalam paket yang lebih kecil dan lebih murah. Kedua mobil ini kemudian mengantarkan Astra Daihatsu Motor sebagai produsen mobil terbesar di Indonesia, melampaui Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan menjadikan Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia sejak tahun 2007 hingga saat ini. 40,8% dari total produksi kendaraan di Indonesia (roda empat atau lebih) pada tahun 2019 disumbangkan oleh ADM.

Honda

Honda pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an melalui PT Imora Motor sebagai distributor tunggal nasional, dengan model pertamanya Honda T360 pickup. Pada tahun 1972, Honda juga memperkenalkan Civic dua pintu ke Indonesia. Sebagai respon terhadap larangan impor kendaraan, PT Prospect Motor memulai perakitan lokal mobil Honda di Sunter, Jakarta Utara. Merek ini kemudian mendapatkan reputasi sebagai mobil penumpang, berbeda dengan beberapa merek Jepang lainnya yang mengandalkan mobil pikap dan minivan komersial. Produk terlaris Honda pada saat itu adalah Civic dan Accord.

Pada tahun 1999, Honda mendirikan perusahaan patungan baru, PT Honda Prospect Motor (HPM), yang mengambil alih hak distribusi nasional Imora Motor pada tahun yang sama. HPM mengintegrasikan bisnis mobil Honda di Indonesia, yang sebelumnya dilakukan oleh empat perusahaan terpisah yang mencakup perakitan kendaraan, manufaktur mesin dan komponen, serta distribusi grosir. Pabrik baru di Karawang dibuka pada tahun 2003.

Hyundai

Mobil Hyundai telah hadir di pasar Indonesia sejak tahun 1990-an. Hal ini ditangani oleh "PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI)" sebagai perusahaan penjualan dengan perusahaan perakitan resmi yang berhak atas "PT Hyundai Indonesia Motor", yang merakit mobil Hyundai di Indonesia sejak tahun 1996.

Pada tahun 2019, Hyundai Motor Company menandatangani MoU dengan Pemerintah Indonesia untuk menjalankan bisnis mobil Hyundai secara langsung di Indonesia, terutama untuk mendorong produksi kendaraan listrik, Hyundai Ioniq 5 di Indonesia. Sejak tahun 2019, perusahaan penjualan Hyundai ditangani langsung oleh Hyundai Motor Indonesia (HMID) yang berkantor pusat di Jakarta Selatan, dan pabrik manufaktur canggih yang baru saja dibangun, Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang merupakan anak perusahaan Hyundai Motor Company.

Untuk menyambut dan meningkatkan hubungan dengan masyarakat, Hyundai Indonesia berinisiatif untuk mengundang masyarakat umum untuk mengunjungi dan berkeliling pabriknya di Cikarang, untuk menyaksikan proses manufaktur otomotif secara langsung. Inisiatif pertama dari sektor industri otomotif di Indonesia.

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz secara resmi memasuki pasar Indonesia pada tahun 1970, ketika PT Star Motors Indonesia (sekarang PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia/MBDI) didirikan bersama dengan PT German Motor Manufacturing (sekarang PT Mercedes-Benz Indonesia) yang berkolaborasi dengan Volkswagen di Tanjung Priok. Sejak saat itu, mereka telah menjadi pemimpin pasar yang dominan untuk kendaraan premium di Indonesia. Saat ini, model-model yang dirakit secara lokal antara lain A-Class, GLA, C-Class, GLC, E-Class, GLE, S-Class, GLS, truk Axor, dan beberapa bus Mercedes-Benz. Pada pertengahan 1990-an, Mercedes-Benz Indonesia mencoba mematahkan dominasi Mitsubishi di pasar truk kelas menengah dengan truk MB700/MB800 yang dikembangkan dan dirakit secara lokal, namun tidak berhasil.

Mitsubishi

Mitsubishi melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah lama hadir di Indonesia, namun produk pertama mereka yang benar-benar sukses adalah Colt T120. Ini adalah versi rakitan lokal dari Mitsubishi Delica generasi pertama, dan sejak diperkenalkan pada awal tahun 1970-an, Colt T120 menjadi kendaraan yang sangat populer. Kendaraan ini menjadi satu-satunya di kelasnya dan bagi generasi Indonesia, "Colt" menjadi identik dengan minibus. T120 akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1982 dan digantikan oleh L300 (juga berbasis Delica); namun penjualannya tidak pernah mencapai titik tertinggi. Mitsubishi akhirnya menghidupkan kembali nama T120 dengan versi Suzuki Carry Futura bermesin Mitsubishi yang disebut Mitsubishi Colt T120SS. Aliansi dengan Suzuki ini merupakan upaya untuk menantang dominasi Toyota, Daihatsu, dan Isuzu dari Grup Astra.

Pada tahun 2014, Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan untuk membangun pabrik milik MMC di Indonesia. Pada tanggal 24 Maret 2015, pembangunan pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat dimulai. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas produksi maksimum 160.000 kendaraan per tahun. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, yang dimiliki 51% oleh MMC didirikan untuk mengoperasikan pabrik tersebut. Pabrik ini mulai beroperasi pada bulan April 2017 dengan memproduksi Mitsubishi Pajero Sport. Pada saat yang sama, operasional mobil penumpang dan LCV dialihkan dari PT KTB ke PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mitsubishi Xpander diluncurkan pada bulan Agustus 2017 dan meningkatkan penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia hampir dua kali lipat antara tahun 2017 dan 2018 dari 79.807 unit menjadi 142.861 unit, menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar bagi MMC. Pada tahun 2019, MMKI melampaui Toyota Motor Manufacturing Indonesia sebagai produsen mobil terbesar kedua di Indonesia dengan hasil produksi 193.954 unit.

Suzuki

PT Suzuki Indomobil Motor adalah perusahaan patungan antara Suzuki Motor Corporation dan Grup Indomobil. Sampai saat ini, perusahaan ini dikenal sebagai PT Indomobil Suzuki International. Perusahaan ini berlokasi di Jakarta, Indonesia dan mengkhususkan diri dalam memproduksi kendaraan Suzuki untuk pasar lokal. Produk pertama mereka adalah ST10 Carry dan Fronte LC20 pada tahun 1976. Carry (yang kemudian digantikan oleh ST20) banyak digunakan sebagai Angkot. Kegiatan pertama Suzuki di Indonesia adalah pada tahun 1970 melalui perusahaan impor PT Indohero Steel & Engineering Company. Enam tahun kemudian, mereka membangun fasilitas manufaktur di Jakarta, yang merupakan bagian tertua dari Grup Indomobil. Penjualan Suzuki meningkat secara eksponensial pada pertengahan tahun 1980-an seiring dengan meningkatnya penjualan minitruck dan diperkenalkannya Forsa/Swift: Suzuki Indonesia menjual 13.434 kendaraan pada tahun 1984, diikuti oleh 58.032 pada tahun 1985.

Sejak tahun 2004, APV (All Purpose Vehicle), MPV murah Suzuki Indonesia telah dirakit secara eksklusif di Indonesia. Dirancang di Jepang, mobil ini diekspor ke berbagai negara sejak tahun 2005, ke ASEAN dan sekitarnya. Mobil ini juga tersedia dengan lambang Mitsubishi (sebagai "Maven").

Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) didirikan pada bulan April 1971. Produksi kendaraan dimulai pada September 1974 di anak perusahaan manufaktur PT Multi-Astra. Produk Toyota Indonesia yang paling terkenal adalah seri truk ringan dan van Kijang. Kijang, yang dikembangkan dari Tamaraw Revo untuk pasar Filipina pada tahun 1976, telah melahirkan berbagai macam kendaraan dan sekarang dibuat di sejumlah negara Asia termasuk India. Kijang merupakan salah satu dari serangkaian BUV, atau Basic Utility Vehicle, yang dikembangkan untuk pasar negara berkembang oleh beberapa produsen global pada tahun 1960-an dan 1970-an. Kijang sangat sukses bagi Toyota Astra Motor, dengan contoh ke-100.000 yang keluar dari pabrik pada bulan Februari 1985. Produksi hampir seluruhnya dilokalkan pada pertengahan tahun delapan puluhan, dengan suku cadang mesin mulai diproduksi di Indonesia pada Januari 1985. Kijang juga menyebabkan gejolak besar di antara sejumlah karoseri kecil di Indonesia, karena karoseri ini dibuat dengan standar kualitas yang sama sekali baru dan ditawarkan langsung oleh Toyota dalam beberapa varian yang sebelumnya merupakan ruang lingkup karoseri. Keberhasilan Kijang sangat membantu TAM karena Crown, Mark II, Land Cruiser, dan Corona GL sedang berjuang di pasar pada paruh pertama tahun 1980-an.

Land Cruiser mendominasi kategori "Jeep" hingga awal 1980-an, ketika pesaing yang lebih ringan dan lebih ekonomis mulai mengambil pangsa pasarnya. Karena tidak dapat bersaing dengan penawaran yang lebih kecil dari Suzuki dan Daihatsu, Toyota memilih untuk tidak meningkatkan tingkat kandungan lokal Land Cruiser dan menariknya dari pasar Indonesia pada tahun 1986. Saat ini produksi Toyota Astra Motor dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang terdiri dari PT Multi-Astra dan PT Toyota Mobilindo (yang didirikan pada bulan Desember 1976 dan mulai berproduksi pada bulan Mei 1977).

Toyota dan Grup Astra tetap dominan di Indonesia, dengan pangsa pasar mereka secara historis berkisar antara 35 hingga 50 persen. Pangsa pasar mereka lebih besar dari gabungan dua merek terbesar kedua.

Volkswagen

Volkswagen dan mitra lokalnya, PT Garuda Mataram, merupakan pemain utama hingga pertengahan 1970-an, namun penjualannya menurun drastis pada paruh kedua dekade tersebut. Pada tahun 1970, Volkswagen berkolaborasi dengan Mercedes-Benz Distribution Indonesia untuk mendirikan pabrik di Tanjung Priok, Jakarta. Perusahaan yang dihasilkan bernama PT German Motor Manufacturing, dengan Garuda Mataram mempertahankan hak distribusi Volkswagen. Kemitraan ini dibubarkan pada tahun 1979 dan Volkswagen berjalan sendiri-sendiri. Pada tahun 1971, Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) mengambil alih operasi Volkswagen lokal sebagai bagian dari tren keterlibatan pemerintah secara langsung dalam pembuatan kendaraan (dan industri secara umum). Kostrad memiliki agen Volkswagen melalui kelompok bisnis Yayasan Dharma Putra, dalam kemitraan dengan dua pengusaha Cina.

Seperti halnya Volkswagen di Filipina, penjualan menurun drastis ketika merek-merek Jepang menguasai pasar. Pada tahun 1980, proyek Mitra yang dikembangkan secara lokal telah berakhir, begitu pula perakitan Beetle dan Typ 181 (Camat). Perakitan Kombis dan Transporter buatan Jerman berakhir pada tahun 1978. Volkswagen menggantinya di jalur perakitan Indonesia dengan Volkswagen Combi Clipper buatan Brasil. Ini tetap menjadi model tunggal Volkswagen yang ditawarkan di Indonesia hingga pertengahan tahun 1980-an. Pada tahun 1986, Volkswagen tidak lagi tersedia di Indonesia, setelah 13.162 Volkswagen dirakit antara tahun 1976 dan 1985.

Pada tahun 1998, sebuah perusahaan distributor baru bernama PT Garuda Mataram Motor didirikan sebagai perusahaan patungan antara Volkswagen Group dan Indomobil Group. Saat ini, perusahaan ini merakit dan mendistribusikan mobil penumpang Volkswagen di Indonesia.

Wuling

Wuling Motors (Indonesia) didirikan pada Agustus 2015 sebagai anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW) dengan komposisi saham 50,1 persen SAIC (Shanghai Automotive International Corporation), 44 persen GM China, dan 5,9 persen Guangxi Automobile Group. Perusahaan ini memiliki lahan seluas 60 hektar di Cikarang, 30 hektar untuk pabrik dan 30 hektar untuk supplier park untuk aksesibilitas suku cadang.

Disadur dari: en.wikipedia.org