Industri Elektronik: Tren, Karier, dan Peluang dalam Desain dan Produksi Teknologi Masa Depan

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

03 Mei 2024, 11.17

Sumber:Ā targetjobs.co.uk

Industri elektronik bertanggung jawab atas penciptaan teknologi baru yang digunakan atau akan digunakan oleh semua konsumen di masa depan. Ada banyak sub-set yang berbeda dari industri elektronik.

Perusahaan semikonduktor mendesain chip atau sirkuit terpadu, yang merupakan satu set sirkuit elektronik pada bahan semikonduktor, biasanya silikon. Jenis perusahaan elektronik lainnya mendesain komponen pasif seperti resistor dan kapasitor atau memproduksi silikon itu sendiri.

Perusahaan elektronik konsumen kemudian mengambil chip dan komponen lain dan menggunakannya untuk merancang produk seperti ponsel cerdas dan tablet, mesin cuci dan microwave, dll., yang digunakan semua orang.

Para insinyur dapat bekerja di berbagai bidang: desain chip, tata letak (mengubah desain menjadi lapisan fisik silikon), manufaktur, pengemasan, pengujian, dan rekayasa aplikasi lapangan (mendukung pelanggan pada tahap produksi berikutnya secara teknis saat mereka menggunakan produk).

Tren dan perkembangan dalam industri elektronik

Saat ini fokus utama industri ini adalah pengisian daya nirkabel, Internet of Things, dan pembayaran nirsentuh, tetapi fokusnya dapat berubah setiap tahun. Para calon insinyur harus menyadari bahwa telah terjadi sejumlah merger dalam industri ini dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana rasanya bekerja di bidang elektronik

Bekerja di sektor elektronik umumnya sangat cepat karena evolusi teknologi yang konstan. Ukuran tim dapat berkisar dari sekitar 5-10 orang hingga tim yang jauh lebih besar yang terdiri dari 50 orang atau lebih. Ukuran tim sangat bergantung pada produk atau pelanggan dan seberapa cepat produk tersebut harus diselesaikan.

Insinyur biasanya akan mengerjakan satu produk dalam satu waktu, tetapi ini juga dapat berubah tergantung pada lokasi dan departemen tempat mereka bekerja.

Mendapatkan pekerjaan teknik lulusan di industri elektronik

Mahasiswa biasanya telah mempelajari teknik elektronik di universitas, tetapi terkadang mereka yang memiliki latar belakang fisika dan perangkat lunak juga direkrut. Biasanya akan lebih mudah untuk mendapatkan posisi permanen setelah menyelesaikan magang di sebuah perusahaan.

Perkembangan karier yang umum dimulai dari seorang insinyur lulusan dan bergerak melalui jabatan insinyur untuk menjadi insinyur senior. Setelah Anda memperoleh pengalaman senior, jalur karier cenderung berbeda. Beberapa ingin tetap bekerja di bidang teknis, sementara yang lain mungkin pindah ke peran yang berfokus pada manajemen.

Ada banyak peluang untuk memajukan karier Anda, apa pun jalur yang Anda ambil. Kualifikasi profesional seperti CEng atau IEng tidak penting.

Perusahaan elektronik cenderung memiliki kantor di seluruh dunia, yang memberikan peluang bagus untuk perjalanan internasional.

Hal-hal menarik dari karier di bidang elektronik

  • Mengerjakan teknologi baru yang digunakan semua orang.
  • Mendapatkan wawasan tentang teknologi masa depan.
  • Ada banyak peluang untuk melakukan perjalanan internasional jika Anda memilihnya...

Industri elektronik mencari lulusan dari disiplin ilmu berikut:

  • kelistrikan
  • elektronik
  • fisika
  • perangkat lunak

Disadur dari: targetjobs.co.uk