Ilmu Data dalam Teknik Industri

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

30 Juni 2024, 07.21

sumber: iiot-world.com

Ilmu data dalam teknik industri

Teknik industri (IE) adalah bidang yang sudah ada sejak lama dan merupakan posisi yang sangat penting dalam setiap bentuk manufaktur yang berbeda.

Dalam istilah yang paling sederhana, IE adalah profesi yang berkaitan dengan pengoptimalan proses dan sistem yang kompleks yang terlibat dalam rekayasa dan manufaktur besar. Para insinyur ini harus mempertimbangkan berbagai faktor yang berbeda ketika mengatur sistem ini.

Mereka harus memanfaatkan karyawan, uang, informasi, material, peralatan, dan pengetahuan untuk memastikan bahwa setiap proses yang terlibat dalam area tertentu di mana mereka beroperasi dapat mencapai potensi penuhnya.

Seperti yang mungkin bisa Anda bayangkan, mencakup semua basis ini berarti berurusan dengan sejumlah besar data. Dan ini berarti bahwa dalam beberapa dekade terakhir, perubahan signifikan dalam ilmu data telah menyebabkan perubahan dalam IE juga.  Untuk memberikan sedikit lebih banyak konteks untuk IE.

Peran teknik industri dalam ilmu data

Seorang insinyur industri akan diminta untuk membantu dalam mengoptimalkan desain dan konstruksi bangunan dan proyek infrastruktur skala besar lainnya, serta pengembangan proyek yang sedang berlangsung lebih banyak di bidang anjungan minyak dan dermaga.

IE tidak berkaitan dengan pengembangan sesuatu yang spesifik seperti insinyur sipil atau listrik, tetapi mencakup cakupan yang sangat luas dan dapat diterapkan pada berbagai jenis proses.

Dengan demikian, para insinyur diharuskan untuk mengembangkan sejumlah besar jenis keterampilan yang berbeda, termasuk hal-hal seperti diplomasi, kepemimpinan, negosiasi, dan manajemen waktu. Dengan mengingat hal tersebut, mari kita pertimbangkan ilmu data dalam bentuknya yang sekarang.

Apa yang dimaksud dengan data science?

Data Science adalah ilmu yang, seperti halnya IE, sudah ada sejak lama. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1980-an, meskipun secara teknis sudah ada sebelum itu karena proses yang terlibat telah ada selama data ada. 

Ilmu data bertujuan untuk mengekstrak wawasan yang berharga dan dapat digunakan dari data terstruktur dan tidak terstruktur. Ini adalah bidang interdisipliner yang menggunakan statistik dan informatika untuk memahami berbagai hal yang berbeda.

Ilmu ini dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang tren bisnis, dapat digunakan untuk menganalisis fenomena astronomi, kemajuan dan keefektifan teknologi medis, serta mesin dan kecerdasan buatan.

Mungkin perkembangan terbesar dalam ilmu data baru-baru ini adalah munculnya big data. Mempertimbangkan seberapa banyak teknologi yang telah berkembang bahkan hanya dalam beberapa dekade terakhir, data besar adalah sebuah keniscayaan.

Yang dimaksud dengan big data adalah kumpulan data yang terlalu besar atau kompleks untuk ditangani oleh perangkat lunak pemrosesan data tradisional. Big data telah menjadi lebih menonjol sekarang karena kita memiliki kapasitas penyimpanan digital dalam jumlah besar.

Data besar mencakup hal-hal seperti audio, video, spreadsheet, teks, dan berbagai kumpulan data lainnya. Ketika Anda berpikir tentang berapa banyak data yang dapat Anda akses bahkan hanya dari komputer pribadi Anda, data besar mungkin terdengar seperti sesuatu yang mustahil untuk dikontrol dan dimanfaatkan.

Namun, hal ini sebenarnya merupakan aspek terpenting dari ilmu data yang ada di IE saat ini, karena banyaknya informasi yang relevan yang dapat diekstraksi melalui data tersebut. Mari kita lihat bagaimana penggunaannya. 

Penggunaan ilmu data dalam teknik industri

Untuk mengekstrak informasi dari data besar, ada proses umum yang dikenal sebagai 'penambangan'. Pada dasarnya, ini berarti memilah-milah data dalam jumlah besar, dan akhir-akhir ini sering kali membutuhkan penggunaan kecerdasan buatan

Insinyur industri dapat memperoleh wawasan yang sangat besar melalui data mining yang akan sangat berharga ketika menyempurnakan proses yang kompleks. Hal ini sangat berguna untuk menemukan cacat dan ketidakkonsistenan dalam manufaktur.

Masalah sering kali tidak terdeteksi karena pengembangan sistem yang sangat kompleks menghasilkan data yang sangat besar dan sistem yang sudah ketinggalan zaman tidak akan mampu memproses semuanya.

Jadi banyak hal yang akan terlewatkan. Ada juga transparansi yang perlu dipertimbangkan di sini, karena IE juga melibatkan pengaturan tenaga kerja serta memastikan bahwa setiap orang yang penting yang terlibat dalam proyek tertentu memiliki akses ke sebanyak mungkin informasi yang mereka butuhkan.

Mungkin sulit untuk mempertahankan tingkat transparansi dan memastikan bahwa semua orang dapat merasa puas dengan pengetahuan bahwa mereka dapat saling mempercayai. Jika Anda menjelaskan bahwa big data mining akan menjadi bagian dari proses Anda, maka para pemangku kepentingan dapat yakin bahwa akses mereka ke data tidak akan dibatasi.

Sebagai contoh, lihatlah pendekatan Vista Projects terhadap data di era transformasi digital, dengan fokus khusus pada apa yang mereka gambarkan sebagai 'sumber kebenaran tunggal'. Pada dasarnya, ini adalah database yang dapat diatur untuk proses tertentu, di mana Anda dapat memberikan akses untuk informasi yang relevan kepada mereka yang berhak mendapatkannya.

Ilmu data dan teknik industri

Data science di IE juga memastikan bahwa setiap detail proses manufaktur dapat dilacak dan ini membantu meminimalkan pemborosan dan memproyeksikan tren masa depan yang terkait dengan proyek tersebut. 

Disadur dari: iiot-world.com