Hak Guna Yasan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dalam Hukum Properti

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Februari 2024, 15.06

Sumber: disway.id

Kepemilikan properti adalah hak yang tidak sah untuk menggunakan atau memasuki properti orang lain tanpa memilikinya. Ini adalah “bentuk yang baik” dalam hak yang mungkin dimiliki oleh pemilik A atas tanah Bandquot; lainnya. Kemudahan ini berlaku untuk properti legal di sebagian besar yurisdiksi dan untuk semua jenis properti tidak berwujud.

Definisi berguna untuk memfasilitasi akses antara dua atau lebih bagian properti, memungkinkan orang mengakses properti atau sumber daya lainnya (seperti memancing di kolam pribadi atau mengakses pantai umum).

Hak milik positif adalah hak untuk menggunakan milik orang lain untuk tujuan tertentu, sedangkan hak milik negatif adalah hak untuk mencegah orang lain melakukan aktivitas ilegal di atas propertinya. Misalnya, pemilik tanah A dapat membawa hewannya ke tanah B.
Nilainya, sebagaimana dijelaskan dalam MR Evershed di Re Ellenborough Park, harus mencakup dua bidang tanah. Tanah-tanah yang memperoleh hak pakai atas tempat itu adalah tanah pemilik atau pemilik yang menyewakan tempat itu, dan tanah-tanah yang mempunyai hak pakai adalah tanah-tanah yang dimiliki oleh pemberi jasa atau penerima izin. Misalnya pemilik tanah A lebih memilih menggunakan jalan di tanah B untuk mengakses gedung A. Di sini, tanah A adalah bagian utama dari tanah yang menerima manfaat B yang diberikan oleh penyedia jasa: Anda mendapat manfaat atau menopang beban

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org