Gunbuster Nickel Industry Catat Sejarah dengan Ekspor Perdana 13.650 Ton Produk Olahan Nikel

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

07 Maret 2024, 08.12

Sumber: kontan.co.id

KONTAN.CO.ID - Jakarta. PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) mengekspor produk pengolahan nikel. Perusahaan melakukan pelayaran melalui dermaga pelabuhan PT GNI di Morowali Utara yang menangani produk nikel berupa nikel ingot (NPI) atau feronikel.

Ekspor perdana dilakukan pada 20 Januari 2022. GNI mengekspor feronikel sebanyak 13.650 ton. Produk olahan dari ketiga reaktor tersebut akan dikirim ke China. Chief Operating Officer PT GNI Tony Zhou Yuan mengatakan nilai ekspor mencapai US$23 juta. “Kami berharap peluncuran perdana feronikel ini dapat meningkatkan nilai tukar negara di sektor fiskal, yang dapat berdampak pada kepentingan lokal,” kata Tony dalam keterangannya. Per Senin (24/1).
Tony mengatakan: Dua puluh tanur sembur lagi akan online dalam enam bulan ke depan, meningkatkan GRN produksi PT. PT GNI diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih besar di masa depan, baik dari segi pendapatan negara melalui pembayaran pajak dan penciptaan lapangan kerja tambahan.

PT GNI saat ini mempekerjakan 10.000 tenaga kerja lokal. Menurut Tony, lapangan kerja lokal diperkirakan akan terus bertambah hingga 25.000 orang di masa depan jika roda usaha berjalan lancar atau tidak ada kendala besar.

Seiring bertambahnya tenaga kerja PT GNI, maka dampak ekonomi terhadap warga Kabupaten Morowali Utara akan sangat meningkat. pada produk yang diolah dengan nikel.produk yang belum diubah menjadi nikel. “PT GNI berkomitmen untuk terus mendukung proyek-proyek tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara,” kata perseroan dalam rangka melaksanakan proyek-proyek tersebut. Saya mengucapkan terima kasih. Ini merupakan pengapalan feronikel pertama ke luar negeri.

"Pendapatan sebesar Rp206 miliar yang ditransfer ke Bea Cukai Morowali yang mengelola tiga kabupaten: Morowali, Poso, dan Morut melebihi target yakni mencapai Rp679 miliar atau setara dengan Rp679 miliar. peningkatan hingga 300% di antara keduanya,” catat Rubiyantara..

Disadur dari : https://industri.kontan.co.id/news/gunbuster-nickel-industry-lakukan-ekspor-perdana-13650-ton-hasil-olahan-nikel