GPS Sebagai Navigasi Dunia

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 06.58

Kesan seniman terhadap satelit GPS Blok IIR di orbit Bumi - Wikipedia

Sistem Penentuan Posisi Global (GPS), awalnya dikenal sebagai Navstar GPS, merupakan seperti "detektif satelit" yang membantu kita menavigasi dan melacak posisi di seluruh dunia. Digagas oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1973, GPS terdiri dari 24 satelit yang berputar di luar angkasa dan memberikan informasi posisi dan waktu kepada penerima GPS di Bumi.

Meski dimiliki dan dioperasikan oleh United States Space Force, GPS dapat diakses secara bebas oleh siapa pun yang memiliki penerima GPS. Seiring berjalannya waktu, GPS telah menjadi sahabat setia bagi militer, sipil, dan pengguna komersial di seluruh dunia.

Pada awalnya, GPS hanya untuk kepentingan militer Amerika Serikat. Namun, sejak dekade 1980-an, pemakaian sipil diizinkan, membuka peluang besar bagi teknologi ini. Bahkan, smartphone kita pun dapat memanfaatkan GPS untuk menentukan posisi dengan akurasi yang memukau.

Tentu, perjalanan GPS tidak selalu mulus. Pada tahun 1990-an, pemerintah AS menggunakan teknologi Selective Availability untuk merendahkan akurasi GPS secara selektif. Keputusan ini berdampak luas, bahkan memengaruhi militer India selama Perang Kargil tahun 1999. Teknologi ini akhirnya dihentikan pada tahun 2000, membuka jalan bagi akurasi GPS yang lebih baik.

Sejak saat itu, GPS terus berkembang. Saat ini, akurasi GPS mencapai tingkat yang mengesankan. Penerima GPS dengan teknologi terkini dapat memberikan akurasi hingga beberapa sentimeter saja. Bahkan, ponsel pintar kita dapat memberikan informasi lokasi dengan akurasi sekitar 4.9-meter atau lebih baik, terutama dengan bantuan layanan seperti penentuan posisi Wi-Fi.

Ketahui bahwa cerita GPS belum berakhir. Saat ini, ada upaya untuk memodernisasi GPS dengan meluncurkan generasi berikutnya dari satelit GPS dan sistem kontrol operasional terkini. Sejak Juli 2023, 18 satelit GPS sudah siap mengirimkan sinyal L5, dan kita menantikan kehadiran penuhnya dengan 24 satelit pada tahun 2027. Sebuah petualangan global yang terus berkembang, menjadikan kita lebih terhubung dan terarah di muka bumi ini.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org/wiki/Global_Positioning_System