Giroskop, Alat Canggih Sejak Zaman Romawi

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Maret 2024, 03.16

Ilustrasi giroskop - Wikipedia

Sebuah giroskop, berasal dari Bahasa Yunani kuno yang berarti "bulat" dan "melihat," merupakan perangkat canggih yang digunakan untuk mengukur dan mempertahankan orientasi serta kecepatan sudut. Bayangkan sebuah roda atau piring yang berputar, di mana sumbu rotasinya dapat mengambil orientasi apa pun tanpa dipengaruhi oleh kemiringan atau rotasi penempatannya.

Giroskop modern hadir dalam berbagai bentuk, termasuk yang ditemukan di perangkat elektronik dengan sebutan girometer, serta teknologi canggih seperti laser cincin padat, giroskop serat optik, dan giroskop kuantum yang sangat sensitif.

Penerapan giroskop sangat luas, mulai dari sistem navigasi inersial di Teleskop Luar Angkasa Hubble hingga penggunaan di dalam lambung baja kapal selam yang tenggelam. Keunggulan presisinya membuat giroskop menjadi andalan dalam giroteodolit untuk menjaga arah dalam pertambangan terowongan. Giroskop juga digunakan dalam pembuatan gyrokompa, yang dapat melengkapi atau bahkan menggantikan kompas magnetik, terutama di kapal, pesawat, dan wahana antariksa.

Giroskop MEMS yang terkemas dalam mikrochip menjadi favorit dalam produk konsumen, seperti smartphone, karena ukurannya yang kecil dan keakuratannya.

Jika dibayangkan sebagai instrumen, giroskop terdiri dari roda yang dipasang di dalam dua atau tiga gimbal, memberikan dukungan pivot. Hal ini memungkinkan roda untuk berputar sekitar satu sumbu dengan bebas. Konsepnya semakin menarik dengan adanya tiga gimbal yang saling berkaitan, memungkinkan roda pada gimbal terdalam untuk tetap memiliki orientasi independen dari orientasi gimbal luar, di ruang angkasa.

Detil teknisnya semakin menarik; gimbal luar berputar sekitar sumbu dalam bidangnya sendiri, sementara gimbal dalam berputar sekitar sumbu dalam bidangnya yang selalu tegak lurus dengan sumbu gimbal luar. Sementara itu, sumbu roda berputar (rotor) menentukan arah putar, memberikan kemampuan rotasional yang fleksibel sesuai dengan prinsip kekekalan momentum sudut.

Giroskop memainkan peran krusial dalam berbagai konteks, seperti dalam kendali sikap pesawat atau wahana antariksa, dan memberikan kontribusi besar dalam stabilitas sepeda, sepeda motor, dan kapal. Semua ini terungkap melalui penelitian dan penerapan yang terus berkembang dalam dunia giroskop modern.

Disadur dari https://en.wikipedia.org/wiki/Gyroscope