FITB ITB Siap Buka Program Internasional Melalui Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 19.26

fitb.itb.ac.id

BANDUNG, itb.ac.id – Pada tahun ajaran 2022/2023 yang akan datang, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB mempunyai program International Undergraduate Track. Program ini memungkinkan mahasiswa memiliki pengalaman internasional. Sejalan dengan program baru ini, FITB-ITB mengadakan acara Open House FITB pada Sabtu(16/4/2022). Acara ini diadakan di Eidelweis Ballroom Courtyard by Marriott, Dago, Coblong. Acara ini menghadirkan orang tua, calon mahasiswa, sampai guru.

“Kita mempunyai sejarah panjang dalam pendidikan ilmu kebumian di Indonesia dan fakultas kita merupakan satu-satunya fakultas di Indonesia yang memfokuskan pendidikan multi disiplin dalam bidang kebumian, kita mempunyai 4 program studi, Geodesi dan Geomatika, Geologi, Oseanografi, dan Meteorologi,” ungkap Dekan FITB ITB, Dr. Irwan Meilano, S.T., M.T., mengawali kata sambutannya.

Teknik Geodesi dan Geomatika merupakan keilmuan yang sangat tua, telah ada semenjak zaman perpajakan di Mesir kuno dipergunakan dalam eksplorasi belahan dunia baru, tetap dipergunakan dan mampu bertahan hingga kini dan jauh ke depan.       

Dalam program internasional, mahasiswa akan memperoleh International Exposure, dimana mahasiswa akan mengalami pertukaran pelajar selama 1 atau 2 semester di mitra universitas luar negeri, pertukaran pelajar ini akan dilakukan pada tingkat ketiga, semester 6 dan 7, mahasiswa diberikan kebebasan untuk menentukan ke mana mereka akan pergi ke luar negeri tetapi sebelum tingkat ketiga, Prodi Geodesi dan Geomatika akan selalu menghadirkan visiting professor sehingga akan ada guest lector dari profesor di seluruh dunia yang mempunyai kesepakatan dengan kami.

Mahasiswa juga akan memperoleh program internship, dimana setidaknya 1 bulan mahasiswa akan diberikan kesempatan magang di perusahaan dengan jejaring internasional yang telah mempunyai kesepakatan kerja sama seperti SuperMap dan ESRI. Mahasiswa juga akan merasakan field work selama 2-4 minggu di lapangan untuk berkesempatan mencoba peralatan pengukuran, prodi juga sedang menginisasi program double degree dengan universitas di luar negeri, harapannya dalam waktu 2 sampai 3 tahun kedepan dapat memperoleh partner internasional yang lebih baik lagi untuk keperluan mahasiswa.

Partner universitas untuk Teknik Geodesi dan Geomatika meliputi University of New South Wales, University Technology of Malaysia, Chulalongkorn University Thailand, University of the Philippines, Kagawa University, Kiel University, Technical University of Darmstadt, Vienna University of Technology, dan University of British Columbia.

Teknik Geologi ITB adalah Higher Education Geology yang tertua dan terbaik di Indonesia, menekankan dasar yang kuat dari keilmuan geologi, mempunyai studio dan laboratorium dengan standar tinggi, staf yang berdedikasi dan berpengalaman sehingga menciptakan lulusan yang mempunyai kemampuan dengan akreditasi ASIIN dan Unggul dari BAN-PT.

Struktur kurikulum menentukan bahwa tahun pertama tetap akan tergabung ke dalam Tahap Persiapan Bersama, semester 3 dan 4 para mahasiswa akan mengikuti mata kuliah dari geologi, pada semester lima dan enam hampir semua mata kuliah akan diikuti dari geologi, dengan beberapa berasal dari jurusan pertambangan, dengan international exposure beberapa mata kuliah termasuk ekskursi.

Pada semester tujuh dan delapan, seluruh mahasiswa geologi wajib mengambil mata kuliah sesuai dengan jalurnya. Tetapi untuk international track akan dimasukkan ke dalam Geosciences karena international track akan difokuskan dalam menjawab isu global seperti lingkungan, bencana alam, keberlanjutan, dan data science untuk pemodelan dan prediksi. Ada juga outbound semester yang wajib diambil. Beberapa mitra universitas dalam program ini mencakup University of Birmingham, University of Tasmania, University Brunei Darussalam, University of Oxford, dan Ehime University.

 


Disadur dari sumber fitb.itb.ac.id

Artikel lainnya