Etika Kuliah Online: Tips untuk Mahasiswa agar Tetap Sopan dan Berkualitas

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 16.06

Sumber: kompas.com

KOMPAS.com - Beberapa perguruan tinggi menerapkan perkuliahan tatap muka dalam jumlah terbatas. Namun ada juga yang menerapkan blended learning dan hybrid learning. Meskipun perkuliahan tatap muka dapat menciptakan suasana akademis bagi mahasiswa, teknologi tetap digunakan di masa pandemi Covid-19 saat ini. Selain perkuliahan, seminar kini juga banyak diselenggarakan secara online. Meski hanya bertemu melalui layar digital, namun mahasiswa tetap harus menjaga etika dalam perkuliahan daring. Tata krama yang harus diikuti oleh mahasiswa sama seperti saat mengikuti perkuliahan tatap muka. Mahasiswa tetap menunjukkan rasa hormat kepada dosen atau tutor selama perkuliahan daring.

Hal yang paling sering dilakukan mahasiswa dalam perkuliahan daring adalah mematikan kamera. Meski terdengar sederhana, menyalakan kamera saat dosen sedang menyampaikan materi merupakan bentuk keseriusan dalam perkuliahan daring. Dengan menyalakan kamera dan memperhatikan, para siswa mengungkapkan apresiasinya kepada dosen pengajar. Rangkuman Instagram Institut Teknologi Telkom Purwokerto (@join_ittp), Sabtu (16 Oktober 2021) Ada lima etika perkuliahan online yang harus selalu dipatuhi mahasiswa.

Etika Penyelenggaraan Perkuliahan Daring

Mau tahu apa itu Etika Perkuliahan Daring? Mari kita simak bersama informasi berikut ini.

  1. Masuk dengan nama Anda dan gunakan headphone.
  2. Berpakaianlah yang sopan.
  3. Matikan mikrofon dan klik simbol tangan untuk berhenti.
  4. Dalam chat, berikan izin kepada guru atau supervisor jika meninggalkan chat saat pelajaran berlangsung.
  5. Menggunakan ruang atau fungsi secara bertanggung jawab.

Selalu bersikap sopan dan rajin dalam perkuliahan online pasti akan membantu kamu mendapat nilai bagus dari gurumu. Dalam perkuliahan daring, mahasiswa tetap seaktif mungkin bertanya dan ngobrol dengan dosen. Diskusi ini penting agar dosen juga mengetahui apakah mahasiswa memahami materi yang disampaikan atau tidak.

Ini 5 tag website yang bisa Anda request. Meski belum pernah mengikuti perkuliahan, Anda bisa menjadi mahasiswa yang rajin dan berakhlak baik.

Sumber: kompas.com