Eksplorasi yang Belum Anda Ketahui, Manfaat Kanopi untuk Pintu Rumah

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

03 Maret 2022, 23.13

Kompas.com

Kanopi merupakan bagian tambahan pada area depan rumah, yang fungsi utamanya untuk memberikan perlindungan. Berbeda dengan teras yang membutuhkan banyak ruang, kanopi bisa dibangun pada lahan yang terbatas. Membangun kanopi bisa dapat membantu memberikan perlindungan matahari untuk pintu depan rumah Anda serta perlindungan dari serangan angin dan hujan. Bila kanopi sudah dibangun dan pintu depan rumah terlindungi, maka secara otomatis akan mengurangi anggaran perawatan rutin.

Apapun jenis pintu yang Anda miliki termasuk pintu logam, pintu baja atau pintu kayu yang dilapisi cat, lama kelamaan bisa rusak jika terkena hujan atau matahari. Namun, jika pintu berada di bawa naungan kanopi maka intervensi langsung hujan dan matahari ke bagian bawah pintu bisa lebih terkendali.

Kemudian kanopi diperlukan bila rumah Anda memiliki pintu berjenis pivot atau pintu dengan bukaan rata, di mana daun pintunya berada rata sejajar dengan bingkai rumah. Pintu jenis ini membutuhkan kanopi yang dapat menutupi seluruh pintu secara keseluruhan sehingga mencegah masuknya air ke dalam rumah.

Selain itu, kanopi juga bisa menjadi bagian desain dari sebuah hunian. Terdapat banyak ide desain kanopi yang bisa diadopsi. Ini bisa menjadi inspirasi bila pemilik rumah ingin membuat kanopi yang unik juga memiliki karakter tersendiri.  Mendesain kanopi tidak hanya dilakukan sebagai bagian fungsional tetapi juga sebagai tambahan yang indah untuk bagia depan  hunian Anda.

Jika tidak dapat memiliki kanopi untuk melindungi pintu depan rumah Anda, maka sangat penting untuk memilih bahan pintu yang berkualitas. Misalnya kayu cedar yang cocok digunakan pada lokasi terbuka karena warna aslinya bisa tertap bertahan meski terkena paparan sinar UV.

 

Sumber Artikel: Kompas.com