Dubes Bosnia dan Herzegovina Kunjungi UI untuk Jajaki Kerja Sama Pembelajaran Jarak Jauh

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

01 Mei 2024, 19.42

Sumber: akupintar.id

UI menerima kunjungan Duta Besar Bosnia-Herzegovina, Armin Limo, untuk menjajaki potensi kerja sama internasional khususnya di bidang pendidikan. UI dan Duta Besar Bosnia-Herzegovina berupaya menjalin kembali hubungan kerjasama dengan universitas lain di Bosnia-Herzegovina setelah sebelumnya UI berhasil menjalin kerjasama peningkatan mutu akademik dengan dua universitas di Bosnia-Herzegovina: University of East Sarajevo dan University of East Sarajevo. Universitas Tuzla. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tahun 2019.

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyambut kedatangan Duta Besar Bosnia-Herzegovina. Beliau berkata, “Selamat datang di Universitas Indonesia. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk memiliki Pak Armin Limo di sini. Pertemuan hari ini penting dalam menjaga dan memperluas potensi kerjasama Indonesia dan Bosnia-Herzegovina.

Kami berharap pertemuan ini dapat mengembangkan peluang kerjasama dengan universitas lain dan memperluas jaringan dengan kedutaan saudara. Hadir pula Direktur Kerja Sama, Dr. Toto Pranoto. SE, MM; Kepala Kantor Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D.; Koordinator Kantor Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Rintis Dosie Swastika.

Sementara itu, Armin Limo menyampaikan kunjungan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kerjasama dengan beberapa universitas di Bosnia-Herzegovina. Dengan memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi, UI dan universitas di Bosnia-Herzegovina dapat memulai proses pembelajaran jarak jauh. Jarak yang jauh bukan lagi menjadi penghalang namun untuk mengembangkan kerjasama melalui kursus online dengan menggunakan teknologi yang ada.

Saat ini, pertemuan online memungkinkan siswa menikmati pengajaran yang efektif. “Saya yakin kita bisa menciptakan kegiatan yang bermakna dimana mahasiswa UI bisa mengambil mata kuliah dari universitas Anda dan sebaliknya,” kata Dr. Augustine.

Armin Limo mengatakan di Bosnia-Herzegovina, lebih dari 500 kursus online disampaikan dalam bahasa Inggris. Ia melihat potensi besar dalam kolaborasi dengan menjajaki kursus online. Pengembangan kemahasiswaan dapat dimulai melalui kesepakatan kedua belah pihak dengan menawarkan kursus kepada mahasiswa. Memperluas akses terhadap pendidikan dan memanfaatkan beragam sumber daya pendidikan merupakan hal yang menarik.

UI berupaya membuka kesempatan bagi mahasiswa dan akademisi untuk menggali potensi pendidikan bersama universitas-universitas di Bosnia-Herzegovina dan memperkaya pengalaman global. Kedua belah pihak berharap dapat menciptakan hubungan yang kuat dalam kolaborasi tanpa akhir dengan pengetahuan dan keragaman budaya.

Disadur dari: ui.ac.id