Diponegoro Legacy: Perjalanan Panjang Universitas Diponegoro dalam Meningkatkan Pendidikan Tinggi dan Intelektualitas Bangsa

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

24 April 2024, 09.53

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Diponegoro disingkat Undip, merupakan sebuah universitas negeri Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Saat ini Undeep memiliki 11 cabang dan dua sekolah. Kampus induk Undeep terletak di Kecamatan Tembalang, sedangkan kampus induk lainnya terletak di Kecamatan Pleburan. Undeep didirikan sebagai universitas swasta pada tanggal 9 Januari 1957 dan dipromosikan menjadi universitas nasional pada tanggal 9 Januari 1960. Foto oleh Pangeran Diponegoro. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Sekitar awal tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran tinggi. Tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menangani dan melaksanakan pembangunan di segala bidang khususnya bidang pendidikan. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gadjah Mada yang berstatus sebagai universitas negeri.

Sementara jumlah lulusan sekolah menengah atas di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di universitas makin meningkat, namun karena masih sangat terbatasnya universitas yang ada, maka tidak semua lulusan dapat tertampung. Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin mendesak, kemudian dibentuk Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah awal didirikannya universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang yang secara resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957, dengan Presiden Universitas (sekarang disebut rektor) yang pertama adalah Mr. Imam Bardjo.

Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan nama ini merupakan penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Keputusan Presiden ini kemudian dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No 101247/UU tanggal 3 Desember 1960.

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro di kampus Tembalang.
Keputusan tersebut berlaku surut mulai tanggal 15 Oktober 1957 dengan ketentuan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Dies Natalis Undip mengingat pada tanggal tersebut terjadi “Pertempuran Lima Hari” revolusi fisik di kota Semarang. UNDIP memilih hari ini untuk melanjutkan gagasan para pejuang kemerdekaan untuk mencapai kemerdekaan dengan melakukan nasionalisasi negara. UNDIP merupakan bentuk sumbangsih para penerus negeri atas amanah yang ditinggalkan para pejuang kemerdekaan.

Mengenai sejarah Universitas Semarang sebagai perguruan tinggi swasta, maka tahun 1957 dipilih sebagai tahun berdirinya Undip. Universitas Diponegoro lahir pada tahun 1957. Keputusan dipilihnya tanggal 15 Oktober 1957 sebagai hari jadi pengukuhan Undeep tertuang dalam laporan Presiden dalam rangka memperingati 13 tahun pengukuhan Undeep.

Perjalanan panjang Undeep, berharap dapat meningkatkan daya saing universitas di kancah persaingan. negara dengan menghasilkan siswa. dibesarkan di salah satu universitas di negara itu. Aktivitas intelektual lainnya dalam penelitian dan filsafat.

Sumber : id.wikipedia.org