Dinamika Sistem Ekonomi: Antara Pasar dan Perencanaan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

20 Maret 2024, 10.12

Sumber: id.wikipedia.org

Sistem perekonomian atau perekonomian adalah suatu sistem produksi, distribusi sumber daya, distribusi barang dan jasa dalam masyarakat. Ini mencakup kombinasi berbagai institusi, institusi, perusahaan, proses pengambilan keputusan, dan pola konsumsi yang membentuk struktur ekonomi suatu masyarakat.

Studi tentang sistem ekonomi adalah studi tentang hubungan institusi dan entitas tersebut. satu sama lain Termasuk apakah itu ada atau tidak. Hal lainnya adalah aliran informasi antara mereka dan hubungan sosial dalam sistem (termasuk hak milik dan struktur organisasi). Analisis sistem ekonomi berfokus pada perbedaan dan perbandingan antara perekonomian pasar dan perekonomian terencana serta perbedaan antara kapitalisme dan sosialisme. Sejak saat itu, klasifikasi sistem ekonomi telah diperluas hingga mencakup konsep dan model lain yang tidak sesuai dengan sistem klasifikasi tradisional.

Saat ini, bentuk manajemen ekonomi yang dominan secara global didasarkan pada ekonomi berorientasi pasar yang terintegrasi. Sistem ekonomi dianggap sebagai bagian dari sistem sosial, begitu pula sistem hukum, sistem politik, budaya, dll. Ada banyak hubungan kuat antara ideologi, sistem politik, dan sistem ekonomi tertentu. Banyak sistem ekonomi yang tumpang tindih di banyak bidang. Ada juga banyak klasifikasi independen.

Kapitalisme mengacu pada kemandirian alat produksi (modal) dan ekonomi pasar untuk koordinasi. Kapitalisme korporasi mengacu pada pasar modal yang dicirikan oleh tata kelola dan kontrol perusahaan.

Merkantilisme adalah pola dominan di Eropa Barat antara abad ke-16 dan ke-18. Hal ini mendorong terjadinya imperialisme dan kolonialisme hingga terjadi perubahan ekonomi dan politik yang berujung pada kehancuran dunia. Kapitalisme modern lebih menyukai perdagangan bebas untuk memanfaatkan keunggulan komparatif negara-negara di pasar global yang lebih besar dan meningkatkan produktivitas dari skala ekonomi. Beberapa kritikus menggunakan istilah neokolonialisme untuk menggambarkan ketidakseimbangan kekuasaan antara perusahaan yang beroperasi di pasar bebas dan masyarakat yang relatif miskin di negara-negara berkembang.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org