Dinamika Perencanaan Kota: Tantangan, Kontroversi, dan Estetika dalam Pengembangan Urbanisme

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 14.42

Sumber: id.wikipedia.org

Di negara-negara maju, telah terjadi reaksi keras terhadap kekacauan visual yang berlebihan di kota-kota, seperti rambu-rambu dan penimbunan. Para perancang kota memperdebatkan ketegangan antara pertumbuhan pinggiran kota, kepadatan perumahan dan permukiman baru, serta pencampuran penggunaan lahan versus zonasi. Terlepas dari itu, perencanaan yang sukses mempertimbangkan karakter, identitas, warisan budaya, pejalan kaki, lalu lintas, utilitas, dan bahaya alam sebuah kota.

Para perencana menggunakan zonasi dan manajemen pertumbuhan untuk mengelola penggunaan lahan. Secara historis, banyak kota yang indah dihasilkan dari peraturan yang ketat tentang ukuran, penggunaan dan fitur bangunan. Hal ini memberikan kebebasan namun tetap mengedepankan gaya, keamanan dan material. Banyak teknik perencanaan tradisional yang sekarang disebut "pertumbuhan cerdas".

Beberapa kota direncanakan sejak awal, dan bukti-bukti dari rencana awal tersebut sering kali masih ada. Tren abad ke-20 dan ke-21 untuk Arsitektur Klasik Baru berusaha untuk mengembangkan daerah perkotaan yang estetis dan melanjutkan tradisi arsitektur.
Perencana kota harus mempertimbangkan ancaman seperti banjir dan badai. Daerah yang rentan dapat diubah menjadi taman atau sabuk hijau. Peristiwa cuaca ekstrem dapat dimitigasi dengan rute evakuasi dan pusat-pusat darurat. Banyak kota juga telah membangun fitur keamanan seperti tanggul dan tempat penampungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, para perencana berfokus pada aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, merancang untuk mengurangi kejahatan, dan membuat kehidupan kota lebih menyenangkan melalui penenangan lalu lintas atau pedestrianisasi.

Beberapa perencana menggunakan teori seperti sosio-arsitektur untuk mengendalikan kejahatan. Teori-teori ini menunjukkan bahwa lingkungan perkotaan dapat mempengaruhi perilaku. Daerah yang lebih padat dikatakan dapat menyebabkan stres dan kejahatan. Penangkalnya diyakini adalah ruang yang lebih individual dan desain yang indah.

Teori ruang yang dapat dipertahankan dari Oscar Newman mengutip proyek perumahan modernis sebagai contoh. Blok-blok besar rumah susun yang dikelilingi oleh area publik yang tidak terawat menyebabkan rasa keterasingan dan kekacauan sosial.

Jane Jacobs adalah seorang penentu lingkungan lain yang berpendapat untuk "mata di jalan". Dengan meningkatkan jumlah orang yang dapat melihat ruang publik, perilaku yang tidak diinginkan dapat lebih mudah dideteksi. Jacobs juga menekankan penggunaan campuran di jalan-jalan kota untuk menciptakan animasi aksi sosial yang berkelanjutan sepanjang hari.

Teori "jendela rusak" menyatakan bahwa tanda-tanda kecil yang tidak terurus, seperti jendela yang rusak, meningkatkan perasaan rusak dan menyebabkan lebih banyak kejahatan.

Beberapa metode perencanaan dapat digunakan untuk mengendalikan warga. Renovasi Haussmann di Paris menciptakan jalan raya yang lebar untuk mencegah barikade dan memudahkan pergerakan pasukan. Di Roma tahun 1930-an, kaum Fasis membangun daerah pinggiran kota baru untuk memusatkan para kriminal dan kelas miskin jauh dari pusat kota.

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.org