Dimana Sajakah Prospek Kerja Bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedik?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

21 Maret 2024, 08.40

Sumber: id.quora.com

Program Studi Teknik Biomedik merupakan gabungan antara ilmu teknik dan kedokteran, yang bertujuan untuk mengembangkan alat-alat mekanis dan elektronis untuk keperluan medis. Fokus utamanya adalah pada pengembangan sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Dengan sedikitnya perguruan tinggi yang menawarkan program studi ini di Indonesia, prospek karir di bidang Teknik Biomedis cukup cerah karena terus berkembangnya teknologi kesehatan.

Lulusan Teknik Biomedis diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan industri alat-alat medis di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan negara terhadap impor alat medis dari negara-negara maju, sehingga Indonesia dapat mencapai kemandiriannya dalam industri alat-alat medis.

Berikut adalah beberapa potensi pekerjaan bagi lulusan Teknik Biomedis di Indonesia:

  1. Laboratorium Kesehatan: Di laboratorium kesehatan, pengetahuan tentang alat-alat medis yang dimiliki oleh lulusan Teknik Biomedis sangatlah penting untuk melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi pasien dan masyarakat.

  2. Rumah Sakit (Pemerintah atau Swasta): Rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan adalah pengguna utama teknologi alat-alat medis. Lulusan Teknik Biomedis dibutuhkan sebagai konsultan untuk pembelian alat-alat medis yang berkualitas dan juga sebagai teknisi yang merawat alat-alat tersebut.

  3. Perusahaan Obat/Farmasi: Di perusahaan farmasi, lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja dalam tugas-tugas pemeliharaan, operasional, atau pengendalian kualitas alat-alat yang digunakan dalam produksi obat-obatan.

  4. Lembaga Penelitian: Lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja di lembaga penelitian untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan alat-alat medis, yang kemudian dapat bermanfaat untuk pengetahuan kesehatan dalam dan luar negeri.

  5. Instansi Pemerintahan: Di instansi pemerintahan seperti Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan, lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya dalam bidang Teknik Biomedis.

  6. Tenaga Pendidik: Lulusan Teknik Biomedis juga memiliki peluang untuk menjadi dosen, terutama dengan sedikitnya jumlah Program Studi Teknik Biomedis di perguruan tinggi Indonesia.

  7. Wirausaha: Sebagai alternatif, lulusan Teknik Biomedis dapat memilih untuk menjadi pengusaha dengan mendirikan perusahaan yang memproduksi alat-alat medis. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya, hal ini merupakan peluang yang layak dipertimbangkan, terutama karena mayoritas alat-alat medis di Indonesia masih diimpor dari luar negeri.

 

Disadur dari: biomedik.eng.ui.ac.id