Dermaga Aranya di China Ini Terinspirasi dari Karya Seni Abstrak

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

15 Maret 2024, 10.29

Sumber: www.kompas.com

Di Jakarta, destinasi pariwisata yang tengah populer adalah Aranya di China Utara, terkenal dengan pemandangan lautnya. Untuk meningkatkan daya tarik wisata, firma arsitektur WAY Studio dari Beijing akan merancang ulang dermaga pejalan kaki di Distrik Beidaihe.

Dermaga baru ini akan memiliki desain organik yang memanjang ke laut, memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi lebih dekat dengan air laut. Terinspirasi oleh karya seniman Jepang-Amerika, Isamu Noguchi, desain dermaga ini tidak akan memiliki bentuk lurus seperti dermaga biasa, tetapi akan berlekuk agar menyatu dengan lautan.

Desainnya ramping dan fleksibel, terinspirasi oleh mamalia laut dan prinsip dinamika fluida. Selain indah dan ringan, desain ini juga telah dirancang untuk keamanan pengunjung.

Desain unik dermaga ini bukan hanya untuk tujuan estetika, tetapi juga bertujuan untuk meminimalkan kerusakan akibat gelombang. Konstruksi dermaga ini akan mempertahankan sebanyak mungkin pilar aslinya untuk mengurangi dampak konstruksi bawah air, menjadikannya proyek yang lebih hemat dan ramah lingkungan.
 

Disadur dari: kompas.com