Definisi Kinerja dan Faktor-faktornya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 16.51

Ilustrasi tingkat kinerja - FlexJobs

Prestasi kerja atau kinerja mengukur seberapa sukses seseorang melakukan pekerjaan mereka. Penelitian akademik tentang kinerja pekerjaan dilakukan di bidang psikologi industri dan organisasi, yang terkait erat dengan manajemen sumber daya manusia. Prestasi adalah faktor penting dalam menentukan keberhasilan dan konsekuensi bisnis. Menurut John P. Campbell, kinerja satu orang di tempat kerja adalah variabel tingkat individu. Ini membedakannya dari konsep yang lebih luas seperti kinerja organisasi atau kinerja nasional, yang merupakan variabel tingkat yang lebih tinggi. Prestasi digambarkan sebagai tindakan, yang merupakan sesuatu yang dilakukan oleh karyawan. Ide ini membedakan antara hasil dan kinerja. Hasil dipengaruhi oleh berbagai faktor selain kinerja individu. Ditegaskan secara berbeda, penentuan hasil tidak hanya didasarkan pada kegiatan dan perilaku karyawan.

Campbell mendefinisikan kinerja sebagai perilaku, tetapi dia membuat pengecualian untuk setiap kasus. Misalnya, dia menekankan bahwa kinerja tidak harus langsung terlihat aktivitas seseorang. Ini mungkin termasuk output mental seperti kesimpulan atau tanggapan. Terlepas dari apakah prestasi minat adalah perilaku atau mental, itu harus berada di bawah kendali individu. Contohnya adalah menjelaskan perbedaan antara tindakan terkontrol individu dan hasil yang mereka timbulkan. Hasil yang diinginkan dalam posisi penjualan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penjualan barang atau jasa, seperti asuransi. Tergantung pada bagaimana pekerja berperilaku, pendapatan mungkin atau mungkin tidak diproduksi. Individu dapat memindahkan lebih banyak item ketika dia melakukan pekerjaan yang baik di posisi penjualan ini. Namun, beberapa variabel lain di luar perilaku karyawan mempengaruhi jumlah uang yang dibuat. Misalnya, penurunan penjualan mungkin disebabkan oleh perubahan yang tidak menguntungkan dalam preferensi konsumen, pembatasan manufaktur, dll. Kinerja karyawan mungkin memuaskan dalam keadaan tertentu, namun pendapatan mungkin tidak meningkat. Prestasi datang pertama, diikuti oleh efisiensi dalam kinerja itu. Karena efisiensi dan kinerja bukanlah hal yang sama, keduanya dapat dipisahkan.

Produktivitas adalah konsep lain yang terkait erat. Produktivitas dapat didefinisikan sebagai perbedaan antara jumlah efektivitas yang berasal dari tingkat pengeluaran tertentu yang terlibat dalam efektivitas tersebut. Dengan kata lain, produktivitas adalah rasio output terhadap input, yang mungkin termasuk sumber daya, tenaga kerja, uang, dan pengeluaran lainnya. Konsep lain yang serupa adalah utilitas, yang merupakan nilai dari tingkat output, efisiensi, atau kinerja tertentu. Kinerja, efisiensi, dan produktivitas utilitas adalah penilaian nilai.

Kebutuhan agar prestasi kerja relevan dengan tujuan adalah komponen penting lainnya. Kinerja harus difokuskan pada pencapaian tujuan organisasi yang relevan dengan jabatan atau tugasnya. Oleh karena itu, tindakan ketika upaya dilakukan untuk mencapai tujuan yang tidak penting tidak termasuk dalam kinerja. Misalnya saja, melakukan upaya untuk segera bekerja bukanlah kinerja.

Faktor-faktor kinerja

  • Perilaku pada tugas

Mencakup tindakan yang dilakukan seseorang selama menjalankan pekerjaannya. Ini adalah tanggung jawab substantif penting yang membedakan satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya.

  • Perilaku pada non-tugas

tindakan yang harus dilakukan seseorang yang tidak eksklusif untuk suatu pekerjaan tertentu. Kembali ke tenaga penjualan, mendemonstrasikan produk kepada calon klien adalah contoh perilaku khusus tugas. Salah satu kebiasaan yang tidak spesifik pada tugas seorang tenaga penjualan mungkin adalah menerima karyawan baru.

  • Tugas komunikasi tertulis dan lisan

Tindakan yang menilai efektivitas komunikasi petahana dan bukan substansi pesannya. Dalam berbagai jenis pekerjaan, pekerja harus berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis kepada beragam pihak, baik dalam suasana resmi maupun informal.

  • Usaha

Dimungkinkan juga untuk mengevaluasi kinerja seseorang dalam kaitannya dengan usaha, baik setiap hari atau dalam situasi luar biasa. Variabel ini menunjukkan berapa banyak waktu dan usaha yang dikeluarkan karyawan dalam pekerjaannya.

  • Disiplin diri

Komponen disiplin diri juga dapat dimasukkan dalam area pertunjukan. Diharapkan masyarakat tidak menyalahgunakan alkohol dan memiliki reputasi yang baik di hadapan hukum.

  • Tanggung jawab kepemimpinan

Banyak pekerjaan juga membutuhkan tanggung jawab kepemimpinan atau pengawasan. Selain bertanggung jawab untuk memberikan penghargaan dan hukuman, orang tersebut akan diandalkan untuk melakukan banyak tugas yang diuraikan dalam elemen sebelumnya. Elemen-elemen yang berhubungan dengan kinerja ini berlangsung secara tatap muka.

  • Tugas manajerial

Kinerja di bidang manajemen dan administrasi yang menguntungkan tim atau perusahaan namun tidak memerlukan pengawasan langsung termasuk dalam kategori ini. Menetapkan tujuan organisasi atau bereaksi terhadap rangsangan luar untuk membantu kelompok mencapai tujuannya akan menjadi tugas manajemen. Selain itu, seorang manajer mungkin bertugas mengawasi sumber daya organisasi dan kemajuan individu dan kelompok menuju tujuan.

Sumber:

https://en.wikipedia.org