Dedikasi Luar Biasa: Siswa Ini Manfaatkan WiFi Sekolah demi Pembelajaran Online

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

18 April 2024, 14.48

Sumber: kompas.com

ROSWELL, KOMPAS.com - Jonathan Endecott, 9, harus kembali bersekolah meski guru menerapkan pembelajaran jarak jauh karena pandemi virus corona. Sebuah sekolah di Roswell, New Mexico, Amerika Serikat (AS) menerapkan pembelajaran jarak jauh, seperti dilansir New York Post, Sabtu (24 Oktober 2020). Namun, ibunya, Angel Endecott, tidak mampu lagi membayar tagihan internetnya setelah kehilangan kedua pekerjaannya. Namun Angel mengatakan putranya tidak merasa terbebani meski harus kembali ke sekolah untuk memanfaatkan internet gratis dan mengikuti kelas online.

"Dia berkata, 'Ya, saya akan kembali ke sekolah dan jadilah anak normal lagi,'" kata Angel kepada CNN. Angel mengaku tak segan-segan mengantar anaknya ke sekolah sendirian dan memanfaatkan layanan internet gratis sekolah. Pasalnya, tahun lalu Jonathan harus berjalan kaki beberapa blok untuk sampai ke sekolahnya setiap hari. Sesampainya di sekolah, Jonathan terkadang berbaring di luar pintu depan sekolah.

Tekad Jonathan untuk terus mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan internet gratis sekolah mengetuk pintu hati banyak orang. Salah satu guru Jonathan, Sabrina Talbott Harbour, mengambil foto Jonathan dan membagikannya secara online. “Anak laki-laki ini tidak memiliki internet di rumah. Dia sudah bangun dan berjalan ke sekolah setiap hari untuk menyambung ke Wi-Fi di luar sekolah. Dia duduk di sana dari jam 8 pagi. sampai 02:45 setiap hari,” tulis Harbour. Ia melanjutkan, hal itu tidak baik bagi Jonatan. Menurutnya, anak-anak sekolah saat ini mengalami tekanan sosial, akademik, mental, dan fisik.

Foto Jonathan yang diunggah Harbour menjadi viral di internet. Salah satu donatur kemudian setuju untuk membayar tagihan online Angel dan membuat penggalangan dana online melalui GoFundMe.

Uang yang terkumpul di halaman tersebut akan digunakan untuk membayar beberapa tagihan lainnya, termasuk tagihan pipa ledeng dan perbaikan lantai. Kini Jonathan bisa kembali belajar online dari rumah tanpa harus berjalan kaki ke sekolah seperti teman-temannya yang lain.

Sumber: kompas.com