Dari Pabrik ke Konsumen: Pengertian Produksi Massal

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

07 Mei 2024, 07.23

Sumber: Gambar: Medium

Produksi massal, juga dikenal sebagai produksi aliran, produksi seri, atau produksi berkelanjutan, adalah produksi sejumlah besar produk terstandardisasi dalam aliran yang konstan, termasuk dan terutama pada jalur perakitan. Bersama dengan produksi pekerjaan dan produksi batch, ini adalah salah satu dari tiga metode produksi utama. Istilah produksi massal dipopulerkan oleh sebuah artikel pada tahun 1926 dalam suplemen Encyclopædia Britannica yang ditulis berdasarkan korespondensi dengan Ford Motor Company. The New York Times menggunakan istilah ini dalam judul artikel yang muncul sebelum publikasi artikel Britannica.

Gagasan produksi massal diterapkan pada berbagai jenis produk: mulai dari cairan dan partikulat yang ditangani dalam jumlah besar (makanan, bahan bakar, bahan kimia, dan mineral yang ditambang), hingga pakaian, tekstil, suku cadang, dan rakitan suku cadang (peralatan rumah tangga dan mobil). Beberapa teknik produksi massal, seperti ukuran standar dan jalur produksi, telah ada sebelum Revolusi Industri selama berabad-abad; namun, baru pada pertengahan abad ke-19 setelah diperkenalkannya peralatan mesin dan teknik untuk memproduksi suku cadang yang dapat dipertukarkan, produksi massal modern dapat dilakukan.

Gambaran umum

Produksi massal melibatkan pembuatan banyak salinan produk, dengan sangat cepat, menggunakan teknik jalur perakitan untuk mengirimkan sebagian produk yang telah selesai kepada pekerja yang masing-masing mengerjakan satu langkah, daripada meminta seorang pekerja mengerjakan seluruh produk dari awal hingga akhir. Munculnya produksi massal memungkinkan pasokan melebihi permintaan di banyak pasar, memaksa perusahaan untuk mencari cara baru untuk menjadi lebih kompetitif. Produksi massal berkaitan dengan gagasan konsumsi berlebihan dan gagasan bahwa kita sebagai manusia mengkonsumsi terlalu banyak.

Produksi massal materi fluida biasanya melibatkan pemipaan dengan pompa sentrifugal atau konveyor ulir (auger) untuk memindahkan bahan mentah atau produk yang sudah jadi di antara bejana. Proses aliran fluida seperti penyulingan minyak dan bahan curah seperti serpihan kayu dan bubur kertas diotomatisasi menggunakan sistem kontrol proses yang menggunakan berbagai instrumen untuk mengukur variabel seperti suhu, tekanan, volumetrik, dan level, serta memberikan umpan balik.

Material curah seperti batu bara, bijih, biji-bijian, dan serpihan kayu ditangani dengan sabuk, rantai, slat, konveyor pneumatik atau sekrup, lift ember, dan peralatan bergerak seperti front-end loader. Material di atas palet ditangani dengan forklift. Yang juga digunakan untuk menangani barang berat seperti gulungan kertas, baja atau mesin adalah derek overhead listrik, kadang-kadang disebut derek jembatan karena menjangkau teluk pabrik yang besar.

Produksi massal bersifat padat modal dan padat energi, karena menggunakan proporsi mesin dan energi yang tinggi dalam kaitannya dengan pekerja. Proses ini juga biasanya diotomatisasi sehingga total pengeluaran per unit produk berkurang. Namun, mesin yang diperlukan untuk menyiapkan jalur produksi massal (seperti robot dan mesin cetak) sangat mahal sehingga untuk mendapatkan keuntungan harus ada kepastian bahwa produk tersebut akan berhasil.

Salah satu deskripsi dari produksi massal adalah bahwa "keterampilan dibangun ke dalam alat", yang berarti bahwa pekerja yang menggunakan alat tersebut mungkin tidak memerlukan keterampilan. Sebagai contoh, pada abad ke-19 atau awal abad ke-20, hal ini dapat dinyatakan sebagai "keahlian ada di meja kerja itu sendiri" (bukan pelatihan pekerja). Daripada meminta pekerja terampil mengukur setiap dimensi dari setiap bagian produk terhadap rencana atau bagian lain yang sedang dibentuk, ada jig yang siap untuk memastikan bahwa bagian tersebut dibuat agar sesuai dengan pengaturan ini. Sudah diperiksa bahwa bagian yang sudah jadi akan sesuai dengan spesifikasi agar sesuai dengan semua bagian yang sudah jadi lainnya-dan akan dibuat lebih cepat, tanpa ada waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan bagian agar sesuai satu sama lain. Kemudian, setelah kontrol terkomputerisasi muncul (misalnya, CNC), jig ditiadakan, tetapi tetap benar bahwa keterampilan (atau pengetahuan) dibangun ke dalam alat (atau proses, atau dokumentasi) daripada berada di kepala pekerja. Ini adalah modal khusus yang diperlukan untuk produksi massal; setiap meja kerja dan seperangkat alat (atau setiap sel CNC, atau setiap kolom fraksionasi) berbeda (disesuaikan dengan tugasnya).

Penggunaan jalur perakitan


Ford assembly line, 1913. The magneto assembly line was the first.

Sistem produksi massal untuk barang yang terbuat dari banyak bagian biasanya diatur ke dalam jalur perakitan. Rakitan melewati konveyor, atau jika berat, digantung pada derek atau monorel di atas kepala. Di pabrik untuk produk yang kompleks, daripada satu jalur perakitan, mungkin ada banyak jalur perakitan tambahan yang memasok sub-rakitan (misalnya mesin mobil atau kursi) ke jalur perakitan "utama". Diagram pabrik produksi massal yang khas terlihat lebih seperti kerangka ikan daripada satu garis.

Integrasi vertikal

Integrasi vertikal adalah praktik bisnis yang melibatkan kontrol penuh atas produksi suatu produk, mulai dari bahan baku hingga perakitan akhir. Pada era produksi massal, hal ini menyebabkan masalah pengiriman dan perdagangan karena sistem pengiriman tidak dapat mengangkut mobil jadi dalam jumlah besar (dalam kasus Henry Ford) tanpa menyebabkan kerusakan, dan juga kebijakan pemerintah yang memberlakukan hambatan perdagangan pada unit yang sudah jadi. Ford membangun Ford River Rouge Complex dengan gagasan untuk membuat besi dan baja perusahaan sendiri di lokasi pabrik besar yang sama di mana suku cadang dan perakitan mobil dilakukan. River Rouge juga menghasilkan listrik sendiri.

Integrasi vertikal hulu, seperti untuk bahan baku, menjauh dari teknologi terdepan menuju industri yang sudah matang dan berimbal hasil rendah. Sebagian besar perusahaan memilih untuk fokus pada bisnis inti mereka daripada integrasi vertikal. Hal ini termasuk membeli suku cadang dari pemasok luar, yang sering kali dapat memproduksinya dengan harga yang lebih murah atau lebih murah.

Standard Oil, perusahaan minyak utama pada abad ke-19, terintegrasi secara vertikal sebagian karena tidak ada permintaan untuk minyak mentah yang tidak dimurnikan, tetapi minyak tanah dan beberapa produk lainnya sangat diminati. Alasan lainnya adalah karena Standard Oil memonopoli industri minyak. Perusahaan-perusahaan minyak besar dulu, dan masih banyak yang terintegrasi secara vertikal, dari produksi hingga penyulingan dan dengan stasiun ritel mereka sendiri, meskipun beberapa menjual operasi ritel mereka. Beberapa perusahaan minyak juga memiliki divisi kimia.

Perusahaan kayu dan kertas pernah memiliki sebagian besar lahan kayu mereka dan menjual beberapa produk jadi seperti kotak bergelombang. Kecenderungannya adalah melakukan divestasi lahan kayu untuk mengumpulkan uang tunai dan menghindari pajak properti.

Keuntungan dan kerugian

Penghematan dari produksi massal berasal dari beberapa sumber. Penyebab utamanya adalah pengurangan upaya non-produktif dari semua jenis. Dalam produksi kerajinan, pengrajin harus sibuk di toko, mendapatkan suku cadang dan merakitnya. Dia harus mencari dan menggunakan banyak alat berkali-kali untuk berbagai tugas. Dalam produksi massal, setiap pekerja mengulangi satu atau beberapa tugas terkait yang menggunakan alat yang sama untuk melakukan operasi yang identik atau hampir identik pada aliran produk. Alat dan suku cadang yang tepat selalu tersedia, setelah dipindahkan ke jalur perakitan secara berurutan. Pekerja menghabiskan sedikit atau tidak sama sekali waktu untuk mengambil dan/atau menyiapkan bahan dan alat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk dengan menggunakan produksi massal lebih singkat dibandingkan dengan metode tradisional.

Kemungkinan kesalahan manusia dan variasi juga berkurang, karena sebagian besar tugas dilakukan oleh mesin; kesalahan dalam mengoperasikan mesin tersebut memiliki konsekuensi yang lebih luas. Pengurangan biaya tenaga kerja, serta peningkatan laju produksi, memungkinkan perusahaan untuk memproduksi satu produk dalam jumlah yang lebih besar dengan biaya yang lebih rendah daripada menggunakan metode tradisional non-linear.

Namun, produksi massal tidak fleksibel karena sulit untuk mengubah desain atau proses produksi setelah jalur produksi diterapkan. Selain itu, semua produk yang diproduksi di satu lini produksi akan identik atau sangat mirip, dan memperkenalkan variasi untuk memuaskan selera individu tidaklah mudah. Namun, beberapa variasi dapat dicapai dengan menerapkan sentuhan akhir dan dekorasi yang berbeda di akhir lini produksi jika perlu. Biaya awal untuk mesin bisa jadi mahal sehingga produsen harus yakin produknya laku atau produsen akan kehilangan banyak uang. Ford Model T menghasilkan output yang luar biasa terjangkau tetapi tidak terlalu baik dalam menanggapi permintaan untuk variasi, penyesuaian, atau perubahan desain. Akibatnya, Ford akhirnya kehilangan pangsa pasar ke General Motors, yang memperkenalkan perubahan model tahunan, lebih banyak aksesori, dan pilihan warna.

Dengan berlalunya setiap dekade, para insinyur telah menemukan cara untuk meningkatkan fleksibilitas sistem produksi massal, mengurangi waktu pengembangan produk baru dan memungkinkan penyesuaian dan variasi produk yang lebih besar. Dibandingkan dengan metode produksi lainnya, produksi massal dapat menimbulkan bahaya kerja baru bagi pekerja. Hal ini sebagian disebabkan oleh kebutuhan pekerja untuk mengoperasikan alat berat dan juga bekerja berdekatan dengan banyak pekerja lainnya. Oleh karena itu, langkah-langkah keselamatan preventif, seperti latihan kebakaran, serta pelatihan khusus diperlukan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan industri.
 

Disadur dari: en.wikipedia.org