Rencana produksi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

08 Maret 2024, 08.30

Peran Perencanaan Produksi dalam Siklus Produksi. (Wikipedia)

Perencanaan produksi

Perencanaan produksi adalah perencanaan produksi dan produksi bagian-bagian dalam suatu perusahaan atau industri. Aktivitas Tenaga Kerja Ini menggunakan alokasi sumber daya, bahan, dan kapasitas produksi untuk melayani pelanggan yang berbeda.

Metode produksi yang berbeda seperti produksi item tunggal, produksi batch, produksi massal, rangkaian produksi batch, dll. Ia memiliki rencana penerbitannya sendiri. Perencanaan produksi dan manajemen produksi dapat digabungkan untuk membentuk perencanaan produksi dan pengendalian, atau dapat digabungkan dengan perencanaan sumber daya perusahaan.

Ringkasan

Perencanaan produksi adalah masa depan produksi. Kami dapat membantu Anda membuat atau menyiapkan tempat produksi yang baik dengan mengelola persyaratan yang diperlukan. Rencana produksi dibuat secara berkala dalam suatu periode yang disebut periode perencanaan. Ini mungkin mencakup kegiatan-kegiatan berikut:

  • Penentuan bauran produk yang dibutuhkan dan beban pabrik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Menyesuaikan tingkat produksi yang dibutuhkan dengan sumber daya yang ada.
  • Menjadwalkan dan memilih pekerjaan sebenarnya yang akan dimulai di fasilitas manufaktur"
  • Menyiapkan dan mengirimkan pesanan produksi ke fasilitas produksi.

Untuk menyusun rencana produksi, perencana produksi harus bekerja sama dengan departemen perencanaan produksi serta departemen pemasaran dan penjualan. Mereka dapat memberikan perkiraan penjualan dan daftar pesanan pelanggan.” “Ini berarti bahwa pekerjaan dipilih dari berbagai produk yang memerlukan beragam sumber daya dan dapat melayani banyak pelanggan. Oleh karena itu, pemilihan harus dioptimalkan antara metrik kinerja khusus pelanggan, seperti waktu respons, dan metrik kinerja yang bergantung pada pelanggan, seperti pengiriman tepat waktu.

Langkah penting dalam perencanaan produksi adalah estimasi produksi yang akurat . "kapasitas. sumber daya yang tersedia. Namun ini adalah salah satu hal tersulit untuk dilakukan dengan baik." Perencanaan produksi selalu memperhitungkan “ketersediaan sumber daya, ketersediaan sumber daya dan pengetahuan tentang kebutuhan masa depan”.

Sejarah

Metode dan alat untuk pekerjaan modern telah dikembangkan sejak akhir tahun 1800. Dalam manajemen ilmiah, pertama-tama Anda memetakan pekerjaan setiap orang atau mesin (lihat gambar). Asal usul perencanaan investasi sudah ada sejak satu abad yang lalu. Menurut Kaplan (1986), “Kebutuhan akan informasi mengenai perencanaan dan manajemen internal terlihat jelas pada paruh pertama abad ke-19, ketika industri seperti pabrik tekstil dan perkeretaapian merancang prosedur pengendalian internal untuk mengoordinasikan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan transportasi. Operasi dasar (transformasi bahan mentah menjadi produk jadi di pabrik tekstil, pengangkutan penumpang dan barang dengan kereta api).

Herrmann (1996) juga membahas keadaan di mana metode baru perencanaan dan manajemen internal telah berkembang. Peningkatan produktivitas dicapai dengan menggunakan suku cadang: menghilangkan hingga akhir abad ke-19, perusahaan manufaktur mementingkan peningkatan produktivitas peralatan mahal di pabrik Anda: mempertahankan utilisasi yang tinggi adalah tujuan yang penting. Mandor mengelola bengkel dan mengatur semua pekerjaan yang diperlukan untuk produksi terbatas yang menjadi tanggung jawabnya. Mempekerjakan manajer, membeli bahan, mengelola operasi, dan mengirimkan produk. Mereka adalah ahli dengan keterampilan teknis yang sangat baik, dan mereka merencanakan produksinya (daripada menjadi penulis lepas). Saat tanaman tumbuh, mereka menjadi semakin besar tanpa kesulitan.

Mengenai perencanaan kerja, Herrmann (1996) mengatakan: "Jadwal produksi juga dimulai dengan fleksibilitas. Jadwal hanya menunjukkan kapan pengerjaan pesanan dimulai atau kapan pesanan tiba. Waktu harus dilacak atau untuk tugas-tugas individu yang memakan waktu".

Dalam organisasi industri pada tahun 1923, Mr. Owens berkata: "Perencanaan manufaktur dengan cepat menjadi salah satu persyaratan manajemen yang paling penting. Memang benar bahwa semua perusahaan, berapa pun ukurannya, merencanakan operasi dengan cara tertentu. Namun, sebagian besar perusahaan tidak memiliki rencana untuk mendistribusikan aliran sumber daya". Rencananya adalah mengurangi jumlah uang yang terikat dalam persediaan.

Topik

Jenis perencanaan

Berbagai jenis perencanaan produksi dapat diterapkan:

  • Perencanaan dan penjadwalan lanjutan
  • Perencanaan kapasitas
  • Jadwal produksi induk
  • Perencanaan kebutuhan material
  • MRP II
  • Penjadwalan
  • alur kerja

Jenis perencanaan yang terkait dalam organisasi

  • Penjadwalan karyawan
  • Perencanaan Sumberdaya Perusahaan
  • Kontrol inventaris
  • Perencanaan produk
  • Perencanaan proyek
  • Perencanaan proses, pengalihan ke perencanaan proses berbantuan komputer
  • Perencanaan penjualan dan operasi
  • Strategi

Pengendalian produksi

Pengendalian produksi adalah kegiatan mengendalikan alur kerja dalam produksi. Ini sebagian melengkapi perencanaan produksi.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Production_planning